Kulineran! Mencicipi Kue Khas “Bugis” di Karimunjawa - Nasirullah Sitam

Kulineran! Mencicipi Kue Khas “Bugis” di Karimunjawa

Share This
Pulang ke Karimunjawa untuk menghadiri acara pernikahan keluarga adalah salah satu moment yang tidak bisa terlupakan. Apalagi saat itu aku sedang mencari-cari ide tulisan yang akan aku posting diblog. Setelah mengunjungi beberapa pantai, akhirnya ide muncul bagaimana kalau aku menulis kue-kue hasil buatan tangan-tangan suku Bugis.

Benar juga, saat acara pernikahan ada beberapa kue yang mungkin sudah sering kita lihat diacara-acara pernikahan di desa. Salah satunya adalah Lapis, Onde-onde, agar-agar berlapis telur dan bolu kukus. Karena kue-kue tersebut sangat familiar disajikan untuk tamu yang datang diacara pernikahan.
Kue Bolu kukus
Bolu kukus
Ten ten, isi  onde-onde
Ten ten, isi  onde-onde
Agar-agar berlapis telur
Agar-agar berlapis telur
Kue lapis
Kue lapis
Tapi ada juga kue basah lainnya yang jarang kalian temui. Salah satunya adalah roti pasau. Kue ini semacam roti tawar (tepung) yang dikukus dan dicetak dengan daun pisang biasanya. Cara penyajiannya menggunakan semacam air gula (bisa juga sirup) yang dituangkan pada setiap irisan kue. Rasanya cukup manis sekali, kue ini biasanya dibuat pada saat-saat tertentu saja. Kalau pas pada waktu ada acara hajatan atau pas saat bulan puasa.
Roti Pasau, salah satu kue khas bugis
Roti Pasau, salah satu kue khas bugis
Selain itu ada juga kue basah lainnya yang wajib kalian coba saat ada acara hajatan didaerah suku Bugis. Namanya adalah putrid sahe’. Aku kurang tahu bahan dasarnya apa, tapi kalau aku makan rasanya sih seperti ketan yang diselep sampai halus dan dibikin kue seperti ini. Sebenarnya kemarin juga sempai membuat kue Pasau Otti’ (bahan dasar dari pisang yang ditumbuk sampai halus) tapi tidak sempat aku abadikan.
Kue Putri sahe
Putri sahe'
Selain kue basah, warga suku Bugis juga pandai membuat kue kering. Salah satunya adalah membuat kue bolu biasa, dan juga kue bolu gulung yang ditengahnya ada selai atau coklatnya. Selain itu ada juga kue seperti kacang sembunyi [kacang molen).
Kue bolu
Kue Bolu Gulung
Kue Bolu Gulung
Ternyata kalau kita semakin lama disuatu tempat maka kita akan mendapat banyak pengalaman-pengalaman mengenai daerah tersebut. Salah satunya adalah kulinerannya, dan kalau kalian punya saudara atau kenalan orang Karimunjawa ada baiknya saat mau mengunjungi Karimunjawa kalian meminta mereka memesan makanan tersebut. Kan lumayan, selama di Karimunjawa tidak hanya menikmati keindahan pantainya tapi juga menikmati kulinerannya. 
Baca juga postingan lainnya 
Mencari Ketenangan di Pantai Hadirin,Karimunjawa
Predator Karimunjawa itu “Edor “
Menikmati Kesunyian di PantaiPantura, Karimunjawa

3 komentar:

  1. Salam

    Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya Indonesia

    www.jelajah-nesia2.blogspot.com

    www.jelajah-nesia. blogspot.com


    BalasHapus
  2. Enak tuh kalo diicip-icip :)

    Kalo butuh Dus coba berkunjung ke sini : http://www.greenpack.co.id/

    BalasHapus

Pages