Pantai Seruni “Keindahan Yang Tersembunyi”

Mengekspos pantai di Gunungkidul, Yogyakarta tidak ada habisnya. Setelah berbagai nama pantai yang cukup terkenal seperti Pok Tunggal, Baron, Siung, Drini, Indrayanti, Ngobaran, dll. Kali ini ada juga salah satu pantai yang belum terkenal, namun bisa dipastikan tidak lama lagi pantai ini pasti terkenal.

Nama pantai tersebut adalah Pantai Seruni, pantai yang berada di Kecamatan Tepus, Gunungkidul, kira-kira hanya 1 km di timur Pok Tunggal, dan bisa ditempuh sekitar 2 jam dari kota Yogyakarta. Nama Seruni berasal dari nama bunga Seruni atau Chrysanthemum (latin)/ Chrysous (Yunani) yang berarti emas, ini aku dapat dari berbagai sumber saat mencari nama pantai ini di google.
Pantai Seruni
Pantai Seruni dari atas bukit (dok. Widi)
Pasir pantai Seruni, Gunung Kidul
Pasir pantai Seruni, Gunung Kidul (dok. Widi)
Pesisir Pantai Seruni
Pasir dipantai seruni (dok. Widi)
Untuk akses ke pantai ini cukup sulit sementara ini. Karena hanya ada jalan kecil yang hanya bsia dilalui oleh pejalan kaki saja. Kalau kita naik motor atau mobil, ada baiknya kendaraan tersebut kita titipkan dipantai Pok Tunggal saja. Karena rute kepantai ini hampir sama kepantai Pok Tunggal, tetapi nanti kita akan belok kiri dan mengikuti jalanan kecil sebelum sampai dipantai Pok Tunggal. Dengar-dengar sih sekarang jalannya sudah mulai diperbaiki oleh warga setempat.

Pantai ini cukup bagus, tidak kalah dengan pantai Pok Tunggal. Yang sedikit merepotkan mungkin memang akses untuk sampai kepantai ini. Tapi kalau sudah sampai pantainya, kalian akan disugugi hamparan pasir yang cukup mengagumkan. Pantainya sangat tenang dan bagus untuk bersantai diri.
Bebatuan di pantai seruni, Gunung Kidul
Bebatuan di pantai seruni, Gunung Kidul (dok. Widi)
Selain pantainya yang masih sepi dan sangat cocok untuk berkemah, dipantai ini juga terdapat sumber air tawar. Sumber air tawar tersebut berada ditebing sebelah timur dan mengalir cukup deras walau kecil serta ebagian mengalir ke bawah menjadi air terjun kecil. Jadi mirip seperti air terjun, tapi kecil sih. Walau kecil sudah cukup untuk kita mandi ataupun berrmainan air tawar. Sangat mengasyikkan sekali deh pokoknya.
Air terjun dipantai Seruni, Gunung Kidul
Air terjun dipantai Seruni, Gunung Kidul
Air terjun dipantai Seruni, Gunung Kidul
Mata Air tawar yang ada di pantai seruni
Mata Air tawar yang ada di pantai seruni (dok. Widi)
Bagaimana? Asyik bukan pantai Seruni ini. Hal yang terpenting saat kita berkunjung kepantai ini ataupun pantai lainnya adalah jagalah kebersihan pantai. Jangan sampai kalian membuang sampah sembarangan, agar pantai ini tidak tercemar oleh sampah-sampah dari kita. Jadikan diri kita sebagai contoh yang baik untuk tetap menjaga kebersihan pantai. 
Baca juga postingan yang lain Bermain Ombak di Pantai Depok
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

14 komentar :

  1. Replies
    1. Masih asri dan sepi :-) Jadi nggak nyesel kalau kesini :-)

      Delete
  2. Salam bloger indonesia, numpang komen ya... Artikelnya bagus... makasih ya dah share... o iya yg mo tau Discount Pulau Seribu, Bidadari, Pantara, Kotok, Putri, Ayer, Sepa, Jl. Lodan Timur 7, Marina Ancol, Jakarta Telp : 02168274005 / 08159977449.

    ReplyDelete
  3. Keren Air terjunnya :)
    Pantai dengan nama Seruni juga ada di Kabupaten Bantaeng - SulSel
    Dengan pemandangan yang tidak kalah Mas.. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah malah jadi pengen ke sana :-)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  4. Wah baru tau nih...bisa jadi tujuan berikutnya nih...makasih infonya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas :-D
      Makasih juga info seputaran pantai di Jatim, semoga saya bisa menjejakkan kaki disana juga :-D

      Delete
  5. wah mantap mas smga bisa maen ke pantai ini juga ^-^

    ReplyDelete
  6. Ini... CAKEP!! ^O^ pantai di gunkid yg baru aku dtgin cuma indrayanti dan sepanjang.. tp pantai ini lbh cakep ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada puluhan pantai terbentang indah disepanjang Gunungkidul mbak :-) Ayoo diblusuki semua heee

      Delete