Berburu Sunset di Ujung Gelam, Karimunjawa - Nasirullah Sitam

Berburu Sunset di Ujung Gelam, Karimunjawa

Share This
Sunset di Pantai Ujung Gelam Karimunjawa - Dok Siska

Berbicara tentang pantai Karimunjawa memang tidak ada habisnya. Dari 27 pulau ini rasanya kita ingin mengunjunginya satu-persatu. Kalau pun sudah setiap pulau kita kunjungi, kita tentu masih bisa menikmati keindahan pantai. 

Salah satu spot yang pasti dikunjungi oleh wisatawan saat berada di Karimunjawa adalah Ujung Gelam. Pantai ini berada di Dusun Alang-alang, Karimunjawa. Lokasinya sendiri tidak jauh dari Alun-Alun Karimunjawa. Naik kendaraan motor sekitar 15 menit.

Di sepanjang pantai Ujung Gelam hampir sama dengan pantai-pantai lainnya yang terhampar pasir putih dengan air yang jernih. Kita bisa menuju ke pantai ini menggunakan kapal atau mengendarai kendaraan melalui jalan darat.
Pantai Ujung Gelam - Dok Siska
Pantai Ujung Gelam - Dok Siska
Pantai Ujung Gelam ini memang sudah sangat dikenal oleh masyarakat setempat, jadi misalnya kalian sedang sendirian ataupun ingin blusukan mencari pantai ini, cukup gunakan GPS (Gunakan Penduduk Setempat) untuk bertanya. 

Aku jamin, kalian tidak akan menemui kesulitan dan langsung bisa menuju TKP. Kalau masih agak bingung, kalian cukup mengikuti jalanan menuju arah desa Kemujan, nanti sekitar 4KM ada dusun Alang-alang. 

Paling gampang adalah saat kalian nanti melewati jalanan yang turun agak curam dan samping kanannya adalah SD, maka kalian nanti langsung belok kiri menyusuri jalanan kecil (cukup satu mobil), nanti kalian pasti sampai di lokasinya.
Suasana menjelang sore di Ujung Gelam - Dok Siska
Suasana menjelang sore di Ujung Gelam - Dok Siska
Biasanya pantai ini ramai saat menjelang sore hari, karena di sini adalah salah satu spot yang bagus untuk melihat terbenamnya matahari (sunset). Jadi ini siapkan peralatan fotografi kala berkunjung ke Pantai Ujung Gelam.

Kala cuaca cerah, kalian dapat menikmati senja seraya berburu sunset. Matahari yang hendak tenggelam kelihatan begitu jelas tanpa ada sedikitpun awan yang mengganggu. Dan saat itulah kalian merasakan keindahan pantai ini.
Berburu sunset di Pantai Ujung Gelam - Dok Siska
Berburu sunset di Pantai Ujung Gelam - Dok Siska

Adapun yang terpenting saat mengunjungi pantai manapun adalah kita harus bisa menjadi wisatawan yang bijak, dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Kalaupun di lokasi tidak terlihat tempat sampah, maka sudah kewajiban kalian untuk membawa kantong plastik dan membawanya pulang kembali. Keindahan pantai akan bertambah nilainya saat tidak ada sampah yang berceceran. 

Baca juga postingan yang terkait 

4 komentar:

  1. indah sekali pantainya,,,, semoga bisa menyaksikan senja di karimun jawa. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin :-)
      Setiap jengkal tempat di Indonesia itu indah :-)

      Hapus
  2. doakan semoga saya dapat meginjak wisata/daerah wisata di indonesia i am happy :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, kami doakan agar bisa menuju destinasi impiannya

      Hapus

Pages