Ikan Pindang Serani; Nikmatnya Kuliner Khas Jepara - Nasirullah Sitam

Ikan Pindang Serani; Nikmatnya Kuliner Khas Jepara

Share This
Pindang Serani. Kuliner khas Jepara
Pindang Serani. Kuliner khas Jepara
Dicerita sebelumnya, yakni pantai Empu Rancak; aku menuliskan kalau sedang menikmati sarapan yang dibuat oleh temanku dan istrinya. Benar saja, setelah tidak bertemu sejak tahun 2006, akhirnya aku bertemu dengan teman sekelasku masa SMA.

Hadi Prasojo, teman yang berasal dari Karanggondang, Jepara. Pagi ini aku disuguhi sarapan khas kuliner Jepara. Ikan Pindang Serani. Pindang Serani sendiri merupakan kuliner khas pesisir Jepara. Racikan pindang serani identik dengan mau rempah.

Jepara memang mempunyai beberapa kuliner yang wajib kalian cicipi. Salah satunya adalah Ikan Pindang Serani. Untuk lebih detailnya silakan cek di Wikipedia tentang Ikan Pindang Serani. Di sana ada bumbu dan cara memasaknya.
Warung Makan Zahira dipantai Empu Rancak
Warung Makan Zahira dipantai Empu Rancak
Warung Makan Zahira dipantai Empu Rancak
Warung Makan Zahira dipantai Empu Rancak
Di sini aku hanya sebagai menikmat sarapan dengan menu tersebut. Lumayan capek  usai gowes/bersepeda. Senganya sarapan dulu di warung teman meski harus menunda perjalanan selanjutnya menuju pantai Ombak Mati.

Di pantai Empu Rancak ini temanku mempunyai warung makan. Namanya sih “WM Zahira” Nama tersebut diambil dari nama anaknya. Lokasi warung makan temanku ini sangat strategis, selain tepat berhadapan dengan pantai Empu Rancak.

Warungnya juga teduh karena banyak pohon Pandan. Dan lebih bagus lagi karena konsep warungnya ada semacam Gazebo-gazebo yang berdekatan dan dapat kita gunakan sebagai tempat makan serta beristirahat.

Pagi ini aku ditemani teman lamaku bersantai seraya menikmati hidangan. Ikan Pindang Serani sangat menggugah nafsu makan. Aroma khas Ikan Pindang terhirup begitu kental dan membuat lidah tidak sabar untuk melibas menunya. Rempah-rempah yang ada dimenu Ikan Pindang Serani ini cukup beragam.
Ikan Pindang Serani menggugah nafsu makan
Ikan Pindang Serani menggugah nafsu makan
Ikan Pindang Serani menggugah nafsu makan
Banyak tempat yang dapat kalian kunjungi di Jepara untuk menikmati menu khas Jepara ini, tapi aku tetap merekomendasikan kalau untuk makan keluarga atau ada acara perpisahan, reuni, atau apa saja, mungkin mengunjungi pantai Empu Rancak ini adalah salah satu cara yang terbaik.

Terlebih jika kalian sekalian singgah di WM Zahira tempat temanku ini. [Promosi karena abis dikasih sarapan gratis]. Bilang saja temannya Sitam, pasti dia akan memberi diskon haaaaa, siapa tahu benar. Setidaknya membantu usaha teman melalui tulisan. Siapa tahu ada yang tertarik datang dan mencicipi kulinernya.
Pemilik Warung Makannya teman sekelas waktu SMA
Pemilik Warung Makannya teman sekelas waktu SMA
Pemilik Warung Makannya teman sekelas waktu SMA
Terima kasih untuk Hadi Prasojo dan keluarganya yang sudah memberikan aku banyak makanan, mulai dari kopi sampai dengan hidangan mewah khas Jepara. Semoga makin laris usaha kuliner Jepara-nya.

Kalau kalian ke Jepara wajib mencicipi Ikan Pindang Serani-nya. Jepara memang tidak hanya Ikan Pindang Serani saja, masih ada banyak kuliner lainnya yang harus kalian coba. Tapi tetap saja Ikan Pindang Serani ini kudu wajib kalian cicipi. Waktunya melanjutkan perjalanan menuju Pantai Ombak Mati, Bondo.

Baca juga postingan yang lainnya

9 komentar:

  1. Jepara memang menakjubkan ya.. pingin deh kesana wisata dan meraskan kulinernya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sempatkan mampir gan ke Jepara, biar dapat nyicipi kulinernya :-D

      Hapus
  2. ini ikan pindangnya masih segar ya?
    kalo yang aku tahu ikan pindangnya sudah diawetkan
    yummy ..... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ini pas seger mbak, kan datang ke pantai pagi. Pas banget sama nelayan baru pulang dari smalaman mancing :-D

      Hapus
  3. Tempat makannya juga bagus, di pantai..

    BalasHapus
  4. Wah pengen banget mas. Pindang Serani selain di Cipto Roso dimana mas? Yang merakyat gitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di Jepara sebenarnya rumah makan di dekat pantai pasti menyediakan, mas. Seru lagi kalo agak ke pinggiran seperti pantai Empu Rancak :-D

      Hapus

Pages