Ngobrol Bareng Blogger Yogyakarta dan Perkenalan SAKUKU, Aplikasi Layanan Bank BCA

Ngobrol bareng Blogger Jogja mengenai Sakuku
Ngobrol bareng Blogger Jogja mengenai Sakuku
Senin kemarin (05/09/16) saya menghadiri acara “Ngobrol Bareng Blogger Yogyakarta” yang diadakan oleh BCA dan Bblog. Agenda yang dilaksanakan lebih dari dua jam berjalan dengan lancar. Bertempat di Roaster & Bear (Satu tempat dengan Hotel Harper) jalan Margo Utomo No 52, sekitar 50 Blogger diundang untuk ngobrol bareng, berdiskusi, dan saling berkenalan dengan blogger yang belum dikenal.

Acara dibuka dengan perform Akustik dari Miracle of Love Project, lebih dari 8 lagu dinyanyikannya. Dan hampir semua adalah lagu yang agak galau. Pas banget dengan suasana temaram lampu yang ada di restonya. Di sesi pertama, pembicaranya adalah mas Cyndo. Beliau seorang artpreneur. Jadi topik kali ini adalah membahas bagaimana mas Cyndo yang menekuni dunia Mural sejak tahun 2011. Dan benar-benar menjadikan hobinya ini sebagai pekerjaan sejak tahun 2013. Oya, siapa tahu kalian punya resto/hotel yang butuh Mural untuk memperindah tembok. Bisa tuh memilih mas Cyndo untuk mendesain ruangannya.
Mas Cyndo menceritakan tentang mural
Mas Cyndo menceritakan tentang mural
Salah satu contoh mural yang pernah dibuat oleh mas Cyndo yaitu mural yang terpajang di salah satu sudut pusat perbelanjaan di Jogja, tepatnya di JCM. Bakhan, berkat menekuni dunianya ini, beliau sempat diundang ke Filipina. Beliau menekankan, bahwa setiap orang itu pasti bisa menggambar. Hanya saja bagaimana kalian terus mengasahnya dan benar-benar menekuninya. Sama kayak ngeblog, kalau terus diasah dan dilatih bakalan bisa menulis jauh lebih baik daripada tulisan yang pertama.

Sakuku? Aplikasi Apa itu?
Beranjak menuju sesi kedua, kali ini perwakilan BCA mengenalkan kepada blogger mengenai aplikasi yang dimiliki oleh Bank BCA. Namanya “Sakuku”. Saya pun penasaran, apa aplikasi ini, dan layanan apa saja yang ditawarkannya.

Dari pemaparan mas Richard Gunawan Jusup, sedikit aku ketahui mengenai Sakuku. Sakuku semacam dompet elektronik yang bisa kita gunakan untuk transaksi melalui aplikasi Smartphone. Jadi bagi kalian yang tidak sengaja kelupaan tidak membawa dompet, dengan menggunakan aplikasi ini dan mendaftar, kita dapat bertransaksi dengan cepat dan mudah. cukup membantu bagi kita yang tidak sengaja lupa membawa dompet dan pada saat yang bersamaan kita sedang nongkrong di resto.
Pemaparan mas Richard Gunawan Jusup mengenai Sakuku
Pemaparan mas Richard Gunawan Jusup mengenai Sakuku
Sakuku bisa kita unduh di Play Store atau App Store. Cukup cari dengan kata kunci “Sakuku” nantinya akan muncul aplikasi tersebut. Kita bisa mengunduh, install dan menggunakannya. Jangan khawatir bagi kalian yang belum mempunyai rekening BCA, Sakuku tetap bisa digunakan kok. Namun, jika kita ingin menggunakan fitur yang lebih bagus, kita bisa aktivasi menjadi Sakuku Plus di fitur pengaturan.  Bagi kamu yang belum mempunyai rekening BCA tetap bisa kok aktivasi Sakuku Plus dengan datang ke cabang BCA terdekat. *Tidak diwajibkan, yang tidak memiliki rekening BCA dapat aktivasi Sakuku Plus di Cabang BCA
Sakuku bisa diunduh di Play Store
Sakuku bisa diunduh di Play Store (sumber: Sakuku Play Store)
Pada prinsipnya, Sakuku memang memudahkan kita. Karakterisitik Sakuku yang harus kita cermati adalah; Nomor Pengenal Sakuku adalah Nomor HP yang kita gunakan saat registrasi, Saldo maksimal Sakuku (bukan Sakuku Plus) adalah Rp. 1.000.000 dan untuk Sakuku Plus maksimal Rp. 5.000.000. PIN Sakuku sejumlah enam digit numerik sebagai kode pengaman saat kita bertransaksi dengan Sakuku.

Menu-menu pada Sakuku cukup bagi kita yang tak mau repot-repot mencari pulsa dan lainnya. Di menu terdapat Bayar Belanja, Isi Pulsa, Transfer, Split Bill, Tarik Tunai, dan Kontak. Kebayang kan kalau pas nongkrong tinggal gunakan fitur “Spilt Bill” atau pas lagi malas keluar dan butuh pulsa, tinggal gunakan fitur “Isi Pulsa”. Dan pastinya bagi kalian yang demen banget belanja bisa gunakan fitur “Bayar Belanja” cukup dengan pindah kode QR. Untuk bayar belanja, kalian harus memperhatikan pihak-pihak (toko) mana saja yang bisa menggunakan Sakuku untuk membayarnya.
Menu pada Sakuku
Menu pada Sakuku (sumber: Sakuku Play Store)
Buat yang suka travelling, mempunyai cadangan uang di Sakuku lebih mudah dibanding ATM. Banyak merchant dan promo yang diberikan oleh Sakuku. Sudah lebih dari 1.000 outlet merchant yang bekerjasama dengan Sakuku. Misalnya Blibli.com, K24, BonChon, Chatime, dan masih banyak lagi lainnya.

Pada fitur Tarik Tunai, kita nanti bisa memilih berapa nominal yang akan kita ambil. Di Sakuku terdapat opsi pilih jumlah uang. Dimulai dengan Rp. 50.000 sampai Rp.250.000. Jika dirasa kurang, ada opsi lainya. Kita dapat menekan angka sesuai dengan uang yang akan kita tarik. Oya, perlu diketahui, tidak hanya tarik tunai dan transfer uang, Sakuku juga digunakan untuk minta uang ke teman. Siapa tahu kita benar-benar butuh uang dan teman bisa dimintai bantuan untuk mengirimkan uangnya dulu. Jika kalian sedikit bingung, bisa bertanya pada kantor Cabang BCA terdekat dan menanyakan informasi mengenai Sakuku dan prosedurnya.
Berbagai nominal pada Sakuku
Berbagai nominal pada Sakuku (sumber: Sakuku Play Store)
Pada dasarnya Bank BCA memberikan layanan Sakuku ini untuk memudahkan setiap orang yang ingin bertransaksi. Di era perkembangan teknologi yang sudah pesat, dan smartphone adalah barang yang wajib dimiliki serta dibawa oleh manusia. Maka aplikasi-aplikasi seperti ini menjadi suatu kebutuhan bagi setiap orang yang rutinitasnya padat. Minat menggunakan Sakuku? Silakan unduh di Play Store / App Store kalian sekarang. *Ngobrol Bareng Blogger Yogyakarta pada hari Senin, 05 September 2016 di Roaster & Bear, Jl. Margo Utomo No. 52, Yogyakarta. 
BCA Sakuku
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

16 komentar :

  1. kalau buat kasih jajan ke anak juga bisa pakai Sakuku kali, ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan, nanti anaknya asal pakai hahahahhah

      Delete
  2. Fotonya keren bisa mati lampu gitu!...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas.
      Duh mati lampu gimana ya? ehheheheh

      Delete
  3. makin hari makin banyak aplikasi beginiii yah kak.
    Payment getaway bertebaran dimana mana. Tapi bagiku BCA tetep pioneeerr !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semakin membuat kita galau milih mana aja kak hahahha.

      Delete
  4. BCA ini emang pinter promosiin produknya ya. Berani keluar duit. Hahah. Aku jadi pengen bikin deh, bagus keknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha. Kalau kamu pakai Sakuku ntar boros gak? :-D :-D

      Delete
  5. saya kepingin coba juga ngerasain pake Sakuku dari BCA ...

    ReplyDelete
  6. wah sekarang sudah mulai era emoney .... ga lama lagi emoney ada di setiap ponsel :)

    ReplyDelete
  7. Uang belanja bulanan bisa dijatahin lewat Sakuku nih ya ;)

    ReplyDelete