Kuliner Bakso Bakar Pahlawan Trip Malang - Nasirullah Sitam

Kuliner Bakso Bakar Pahlawan Trip Malang

Hari kedua di Malang sudah kulalui. Seharian tadi rombonganku mengelilingi beberapa destinasi wisata yang ada di Batu, Malang. Menjelang magrib kami makan malam di salah satu restoran yang ada di tengah kota Malang. Restoran ini bernuansa Jawa, mulai dari depan ada banyak lukisan wayang. Bahkan kata pemandu, pada hari tertentu di sini ada karawitan. Di sini juga terdapat butik yang berisi kain batik untuk dijual.

Usai makan, bergegas rombongan menuju hotel. Rencananya besok pagi kami kembali ke Jogja menggunakan kereta api. Tidak banyak tambahan barangku selama berkemas. Setahuku hanya ada beberapa oleh-oleh saja yang kubeli. Jadi aku cukup santai mengemasi barang kali ini. Kurebahkan badan di kasur, mencoba melepas lelah sementara waktu.

“Makan Bakso Bakar yuk?” Ajak salah satu teman rombongan melalui WA.

“Ayo!” Jawabku singkat.

Aku langsung menuju ke lobi, di sana sudah ada tiga temanku yang siap berangkat. Berempat kami diskusi sejenak di lobi hotel. Di sini aku baru sadar kalau satu-satunya cowok yang ikut hanyalah aku. Ini artinya, sepanjang perjalanan aku bakalan mendengarkan keramaian tiga cewek dalam satu mobil.

Kami berempat diantar salah satu sopir yang mengurusi liburan kami selama di Malang. Sesuai kesepakatan para cewek, malam ini kami akan menuju Bakso Bakar Pahlawan Trip Malang. Lokasinya ada di Jalan Pahlawan Trip, Malang. Jaraknya hanya beberapa kilometer saja dari hotel. Teman-teman cewek lebih tanggap jika berkaitan dengan kuliner. Dia seakan-akan sudah tahu daerah mana yang harus dituju. Aku hanya ikut saja tanpa sedikitpun protes. Tidak membutuhkan waktu lama, malam ini kami sudah sampai di lokasi.
Sampai di Bakso Bakar Pahlawan Trip, Malang
Menjelang pukul 21.30 WIB, Bakso Bakar Pahlawan Trip agak lengang. Sebenarnya Bakso ini hanya buka antara pukul 09.00 – 22.00WIB. Ketika kami sampai di sini sudah hampir tutup. Tenang saja, kata salah satu yang jaga, bakso ini tetap buka sampai malam hari. Tutupnya nanti berbarengan dengan angkringan yang ada di samping bakso bakar.
Suasana malam di Bakso Bakar Pahlawan Trip Malang
Kami langsung memilih menu, sayangnya menu tinggal satu. Mungkin karena datang agak larut, sehingga satu-satunya menu yang tersedia hanyalah Bakso Bakar. Sebenarnya jika ke sini sore hari, kita bisa menikmati menu lain seperti Tahu Bakar ataupun Siomay Bakar. Tak jadi masalah, kan memang dari awal kami menginginkan Bakso Bakarnya. Bakso Bakar per porsi di sini seharga Rp. 15.000. Kita bisa meminta menu yang manis, pedas, dan ekstra pedas. Sembari menunggu hidangan disajikan, aku beranjak menuju tempat membakar bakso.
Daftar menu Bakso Bakar Pahawan Trip
Menurut pelayan yang membakar bakso, pemilik Bakso Bakar Pahlawan Trip ini bernama pak Eko. Sudah beberapa tahu Bakso Bakar ini berdiri, dan tidak ada cabangnya di tempat lain. Ada lebih dari 12 pelayan pada hari jam kerja, namun saat malam hari hanya ada empat yang berjaga.

“Kalau yang buka malam seperti ini memang sedikit pelayannya mas. Ini sih untuk antisipasi para wisatawan yang datang ke sini malam hari. Biasanya yang dari luar Malang ke sininya malam-malam,” Terang mas-mas sambil membakar bakso.

“Sampai jam berapa tutupnya kalau malam seperti ini, mas?”

“Biasanya tengah malam mas. Berbarengan dengan angkringan itu. Jadi nanti kami tutup bareng."
Mulai membakar pesanan bakso bakar
Beruntunglah Bakso Bakar ini mempunyai inisiatif buka sampai larut malam dengan bergiliran yang jaga. Sehingga pengunjung seperti aku bisa tetap menikmati kuliner satu ini. Kedua tangan pelayan yang aku ajak ngobrol cekatan menata bakso tusuk di atas tungku. Arangnya sudah memerah, ditambah dengan kipasan kipas angin kecil di sudut. Dia membolak-balikkan bakso, sesekali merendamnya pada kuah yang ada di samping, dan menaruhnya kembali di atas tungku.

Selang setengah jam kemudian, bakso bakar yang kami pesan sudah datang. Berbeda dengan bakso kuah pada umumnya yang bakso dijadikan satu dengan kuah dan mie. Bakso Bakar kuahnya dipisah sendiri. Sementara bakso yang tadi ditusuk sudah disajikan pada piring yang berbeda. Tidak ketinggalan taburan bawang goreng di atasnya.
Bakso Bakar siap dinikmati
Bagi orang yang lapar, porsi ini tidaklah banyak karena hanya beberapa bakso saja dalam satu porsi. Tapi bagi kalian yang memang menyukai bakso bakar, tidak ada salahnya mencoba bakso bakar di sini. Bagiku, bakso bakar di Malang ini enak. Selain itu, di tempat lain juga kita agak kesusahan mencari kulineran Bakso Bakar.

Kami tidak hanya memesan enam porsi bakso bakar. Tapi memesan lebih banyak lagi, karena teman-teman yang ada di hotel meminta agar kami belikan. Beruntung di Bakso Bakar Pahlawan Trip ini sudah ada kemasannya untuk dibungkus. Kombinasi warna merah, putih, biru, disertai dominan hitam dan bertuliskan nama bakso serta nomor teleponnya. Jadi, jika ingin membeli dan dibungkus untuk kegiatan di kantor, bisa juga memilih bakso ini sebagai alternatif pilihan.
Menerima pesanan dibungkus
Sebenarnya ada banyak kuliner di Malang, salah satu yang sudah kondang adalah Bakso Presiden yang lokasinya berada di dekat rel, dan sempat kami lalui dihari pertama. Namun selain itu, masih ada banyak kuliner lain yang bisa kita nikmati selama di Malang. *Kuliner Bakso Bakar Pahlawan trip Malang pada hari sabtu, 21 Mei 2016.

1. Murah yaaa cuman 15 rebu
    kapan lalu aku nyobain tapi kurang manja karena ngak pedes padahal dah di siram sambel semangkok ihik ihik

1. Selera epdasmu levelnya udah beda om :-D

2. gile sambel semangkok masih gak pedes juga? sambelnya dicampur air atau level pedesnya udah buset banget nih?

3. Kalau lidahnya om cumi emang beda bun hahahahha. Dia cape 20 pun dilibas.

2. Mauuuu mas :D
    Tapi kayanya kurang kenyang yaa kalau pas posisi laper wkwk

1. Situ kan makannya buanyak, cuma sok pemalu aja kakakakka

3. pernah nyobain bakso bakar di malang, tapi bukan yang pahlawan
    emang sih kalau cuma seporsi kurang kenyang, heuheuheu...

1. Makan satu porsi untuk syarat sah sudah ke Malang dan kulineran mas :-D

4. wuhhh bisa di order terus dikirim gitu ga yaa... jauh ee

5. Enak nihhh~
    Selama di Malang bisa dihitung jari makan bakso. #hiks

6. Ternyata di Malang bakso bakar dimakan pake kuah juga ya :D soalnya di sini paling dicocol pakai sambal :)

7. kalo kesana kayaknya perlu tambah siomay biar kenyang :D

8. iya ini bakso bakar pahlawan trip emang terkenal banget.

1. Hehehhehe, kalau di Jogja adanya Bakso Malang depan YAP yahuddd

9. Pernah sekali aku nonton terus tayang bakso bakar tapi lupa apa ini tempatnya :( ish mau coba banget itu bakso bakar sepertinya lezat ya, mas. Dan penasaran juga siomay bakar! :D hehehe harganya terjangkau juga.

10. wah liburan bahagia bareng gadis" ya mas hehe oia itu keceh juga yah alo di Jogja ada mantap....

11. Ahh ini kuliner yang kelewat cicipi pas ke Malang. Padahal berkali-kali singgah tapi luput aja nggak makan bakso bakar. Awalnya mengira itu bakso bakar ala alun-alun kidul, ternyata pakai kuah dan beneran bakso dibakar ya. ^^

1. Hehehehe, benar dibakar tapi makannya juga pake kuah mas :-D

12. bakso bakar ada kuahnya juga, penasaran..

13. baru kemarin makan bakso bakar di kantin sekolah,btw bakso itu kayaknya female food deh coba cuma cewek yg bakal ngajak makan bakso, klo mie ayam atau pecel lele itu unisex food hehehe

1. Masa? Hahahhahha. Tapi aku pas ke sini yang ngajak emang cewek sih akkakakakka

14. yg udh aku cobain bakso president.. yg bakso bakarnya aku lbh seneng makan gitu lgs drpd pake kuah :D.. yg ini belum prnh cobain sih mas... tapi bnr tuh kata mas cumi, perasaan aku makan bakso di malang itu jrg ada yg pedes... udh hampir numpahin sambel ke mangkoknya pdahl ;p.. level pedesku memang agak beda sih ;p

1. Aku malah belum kalau bakso president, ruame banget hahahhahah. Level pedasku hanya sedikit :-D

15. Sudah kesampaian makan ini, yang belum sempat itu Bakso President. :D

Abisnya, kalo ke Malang, biasanya langsung bablas ke Batu. :D

1. Sama haahhaha. Aku juga belum yang Bakso President :-)

16. Maaas aku jadi pengen makan disini lagi huhuhu Kangeeen.
    Ini dulu waktu aku ngekos menurut aku terbilang mahal, tapi kalo sekarang udah kerja mah biasa aja.
    Waktunya itu lho wkwk
    Tiap ke malang ga sempet.

Eh ada satu lagi bakso bakar malang yang wajib di coba. Bakso bakar pak man. Udah pernah belum ?

1. Wahahahaha, mau loh kalau aku diajak ke bakso yang Pak Man kakakakaka.

17. waktu main ke Malang ga sempet kesini ... unik bakso di bakar
    hanya sempet nyoba bakso presiden yg rame banget

1. Wah malah sudah makan di sana. Saya mau ke sana tapi ruame banget.

18. Kayaknya tiap blogger asal jatim bloman afdol klo blom nyobain baso bakar ya mas, piye mas rasane,kayak sate ayam nda ahahhah

19. ayah saya lahir dan besar di Malang, tapi saya belum pernah coba bakso bakar phlawan nih, smoga aja dalam waktu dekat bisa coba deh

1. Kalau balik kampung sepertinya harus mencicipi kuliner Malang mas.

20. jujur aja aku bukan pencinta baso malah gk suka basok.... rasanya sh pengen banget maakan bakso apa lagi klw lagi liat ada yg makan bakso :')

21. Bakso kalau dibakar rata-rata seperti itu ya, jadi mengeras permukaannya tapi tetap enak :D

22. Bakso bakar kok dikasih kuah ya. Apa biar nda seret, atau biar nda kepedesan? Tapi untungnya dipisah ya, kalo dicampur kan sensasi bakarnya jadi kabur dong

23. kelihatannya enak ya, disini sih adanya cuma bakso goreng, yang bakar gitu belum ada.

24. Kayaknya enak tuh.
    Tapi porsinya gak bakal cukup buat aku. #rakus
    Hahahah...

25. wah aku baru tahu ada spesialis bakso bakar di Malang. Dulu sih seringnya ke Bakso President, disana juga ada bakso bakarnya. :))

1. Aku malah belum pernah ke Bakso Presiden hehhhehehe

26. malang emang juara klo masalah bakso.. favorit bakso bakar ama bakso malang..

27. wah .... aku doyan bgt ni sama bakso bakar apalagi bakso bakar malang ini ... ehm ... menggugah selera Mas

1. Semua jenis bakso aku libas ahhahaha. Enak semua

28. Murah banget ya cuma 15 rebu doang. Rasa nya gimana sih, jadi pengen nyobain deh.

1. Ada rasa manis-manisnya karena pas dibakar dikasih kecap.

29. Enak tuh keliatannya. Cuma kayaknya kurang kenyang kalo buat saya hehehe

1. Hehehhe, kalau kurang bisa tambah lagi 2 porsi :-D

30. langganan saya ini, saya tinggal di dinoyo, ya tidak begitu jauh juga dari sini. Tempatnya bagus dan bersih pelayanan juga siip. salam satu jiwa pokok e hehe

1. Kalau malam sekalian makan di angkringannya mas :-D

31. kira kira thun ini masih ada gak ya?

1. Wah ini yang saya kurang tahu, coba cek di goole maps, biasanya update terkait lokasi dan yang lainnya