Nongkrong Asyik di Top Gear Coffee & Roastery Jogja

Nongkrong Asyik di Top Gear Coffee & Roastery Jogja
Nongkrong Asyik di Top Gear Coffee & Roastery Jogja

Sesekali aku menyempatkan waktu berkumpul dengan teman, ngobrol tentang hobi yang sama, dan membicarakan keinginan/rencana ke depan. Tidak jarang aku bertemu dengan teman-teman baru yang dulunya hanya saling sapa melalui sosmed. Seperti hari ini, aku dan teman yang di Jogja rencananya akan bersua dengan bloger dari Jakarta dan Jawa Timur.

Keriuhan grup WA yang hanya diisi tujuh orang ini seperti tak terkendali. Obrolan awal difokuskan pada mencari lokasi buat nongkrong sekaligus kopdar dengan bloger luar Jogja. Namun tak berjalan sesuai rencana, yang ada obrolan makin nggak karuan.

“Udah, kita nongkrong saja di Top Gear,” Kata Aqied menengahi.

Seperti itulah obrolan di grup, pasti heboh duluan. Dari tujuh orang, hanya kami bertiga (Aku, Hanif, dan Aqied) saja yang bisa datang. Sementara empat personil lainnya memang tidak berada di Jogja dan sebagian tidak bisa ikut karena sudah ada acara lain.

Kami janjian di Top Gear pada pukul 16.00 WIB. Berhubung tidak ada acara, aku berangkat duluan. Tepat pukul 16.00 WIB, aku sudah di depan TKP. Kulihat Top Gear masih tutup, dan keterangan di sana buka pukul 17.00 WIB. Di dalam ruangan sudah ada beberapa orang yang asyik menikmati pesanan.
Datang lebih awal, dan masih tutup
Datang lebih awal, dan masih tutup

Lokasi Top Gear ini berada di samping SPBU Terban, Yogyakarta. Jika kalian berkunjung di Jogja, dan sempat mengisi bahan bakar di SPBU (Jalan Simanjuntak), kalian bisa melihat ada Top Gear yang berdekatan dengan mini market. Selain Top Gear ada kuliner yang cukup terkenal juga di sini, Bakmi Mbah Hadi.

“Masih tutup ya mas?” Tanyaku untuk memastikan.

“Iya mas. Kami buka pukul 17.00 WIB. Tapi kalau Mas mau order kami layani kok,” Jawab pemuda tanggung di depanku.

“Kalau begitu aku pesan saja dulu mas. Selain kopi ada minuman lain?”

“Ada mas. Ini menunya,” Ujar Mas tersebut menyerahkan daftar menu.
Tetap dilayani walau belum waktunya buka
Tetap dilayani walau belum waktunya buka

Sengaja sore ini aku tidak memesan Kopi. Kubaca daftar menu sebentar, kuputuskan untuk memesan Hot Chocolate.

“Hot Chocolate saja mas.”

Bergegas beliau membuatkan pesananku. Sembari menunggu pesanan jadi, aku sempatkan berbincang-bincang dengan pemuda ini. Dari ini aku tahu kalau dia bukan pemilik Top Gear, katanya dia sering nongkrong dan bantu-bantu di sini. Dia juga sering roasting Kopi di sini. Tapi acapkal dia membantu membuatkan orderan.

Kalau tidak salah pemilik Top Gear adalah Mas Abi. (Semoga tidak salah pendengaranku saat Mas ini memberikan informasi). Selain dia, ada cewek satu berambut pendek yang menjaga di sini. Dari tadi cewek tersebut sibuk.
Barista cewek terlihat sibuk bekerja
Barista cewek terlihat sibuk bekerja

Pukul 16.25 WIB, teman-teman yang janji belum datang. Tidak berapa lama orderanku sudah siap diminum. Sebelumnya, aku ke sini lupa tidak membawa smartphone. Tidak sadar kalau smartphone-ku tertinggal di meja kamar.

“Tumben nggak pesan Kopi, om?” Celetuk Aqied yang sudah tiba.

“Pengen pesan lainnya.”

Top Gear ini lokasi favorit Aqied kalau nongkrong. Dia betah berlama-lama di sini sendiri (katanya). Bahkan, orang yang di sini pun sudah kenal dia walau tak tahu namanya. Kali ini dia sedang melihat daftar menu pilihan Kopi.
Hot Chocolate pesananku
Hot Chocolate pesananku

Entah apa yang diobrolkan dengan Mas yang tadi melayaniku. Aku sendiri cukup asyik duduk menikmati Hot Chocolate. Ruangan di lantai satu tidak banyak meja. Ada dua meja agak besar di depan dilengkapi empat kursi. Sebelah baratnya ada berbagi alat yang digunakan untuk membuat kopi dijual. Tidak ketinggalan kopi bubuk yang siap dijual terpajang di depan Barista.
Menikmati pesanan minum di Top Gear
Menikmati pesanan minum di Top Gear

Tepat di dekat tangga naik ke lantai dua, ada juga sebuah meja kecil dilengkapi dengan empat kursi. Di sana ada tiga orang pemuda sedang asyik berbincang santai sambil menikmati kopi. Bisa jadi mereka adalah pelanggan setia, atau kawan dari Barista di Top Gear yang menyempatkan berkunjung. Kita tahu sesama pecinta Kopi atau Barista lebih khususnya, mereka saling kenal satu dengan lainnya.

Cukup lama juga aku di sini ngobrol dengan Aqied. Setelah itu baru datang Hanif, berlanjut duo Mesra Berkelana (Ilham & Lidia), dan selang beberapa menit datang juga Mas Salman. Lengkap sudah kami berenam datang, ngumpul bareng, serta memesan minuman.
Barista di Top Gear mulai merancik Kopi pesanan
Barista di Top Gear mulai merancik Kopi pesanan

“Lantai dua sudah buka mas/mbak. Bisa naik ke atas sekarang,” Terang baristanya.

Kami berenam bergegas naik ke lantai dua. Jika di lantai satu itu tempatnya tidak terlalu luas, berbeda dengan di lantai dua. Lokasinya benar-benar luas. Bahkan di luar pun ada lokasi duduk santai.

Kombinasi warna merah dan putih cukup kental di ruangan lantai dua. Sebuah tulisan hitam Top Gear berlatarkan kotak-kotak merah putih mentereng di salah satu dinding. Jika datang ke sini, spot tersebut paling bagus untuk berfoto. Terlebih di bekalangnya bertuliskan lokasi di mana kita sedang berada. Di depan sana juga ada tempat untuk memesan makanan/camilan selama nongkrong.

Deretan sofa panjang tertata sedemikian rupa, setiap sudut diberi meja dan sepasang kursi. Lokasi sudut itu cukup strategis bagi yang berdua. Di luar, melalui pintu kaca yang bisa dibuka. Di sana ada jejeran kursi dan sofa, di tambah bantal-bantal kecil untuk bermalas-malasan.
Ruangan luas di lantai dua makin asyik buat nongkrong
Ruangan luas di lantai dua makin asyik buat nongkrong

Kami memilih sofa panjang dan membentuk sedikit lingkaran. Di sinilah kami berenam berbincang santai, ini kali pertamanya aku bertemu dengan Duo Mesra Berkelana dan Mas Salman. Sebelumnya kami hanya bersua melalui sosial media. Ada banyak obrolan kami, tetap saja tidak jauh-jauh dari seputaran bloger.

Top Gear bisa jadi pilihan tempat untuk kalian yang suka nongkrong dan tidak terlalu bising. Jika ingin mengerjakan tugas kampus, kalian dapat memilih lokasi di lantai dua. Di sana ada beberapa sudut colokan dan juga tersedia Wifi. Selama di sini, tidak sedikit pengunjung datang berkelompok, dan membawa laptop. Bahkan yang di luar itu malah mengerjakan tugas kelompok.
Foto bareng sesama bloger, makin banyak teman
Foto bareng sesama bloger, makin banyak teman

Suasana di Top Gear menyenangkan, pilihan menu makanan/minuman pun beragam. Bagi kalian yang tidak suka Kopi, kalian bisa memesan minuman lain seperti yang kupesan. Ada juga camilan yang bisa dibeli sebagai teman selama kita berbincang santai. *Nongkrong asyik di Top Gear Coffee & Roastery pada hari Senin, 12 Desember 2016
TOP GEAR Coffee & Roastery
Twitter/ Instagram: @TopGearCoffee/@topgear.coffee
Alamat: Jalan C Simanjuntak No. 17, Terban, Gondokusuman, Terban, Kota Yogyakarta
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

54 komentar :

  1. waaaa kapan ya aku ke jogja dan kopdar bareng kalian :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makane gek ndang dolan Jogja. Turu neng kosku kakakkaka

      Delete
    2. Golek kosku gampang kok. Goleken gon demone mahasiswa uin jogja, mesti ketemu kosku hahahha

      Delete
  2. Terakhir kesana mas mas nya gak ada yg apal aku, om. Hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasian kamu ya, padahal kamu pelanggan setia kakakakak

      Delete
  3. Tempatnya kelihatan cozy abisssss... Btw tak pikir itu nama toko perkakas otomotif hahaha. Kok aku kurang gimana gitu lihat gula sasetan punya Gulaku. Harusnya kalo sebagus gini sasetannya harus bermerk kafe itu sendiri loh. Jadi cemilannya apa aja di situ? Marning?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Camilannya ada banyak mas, makanya kalau ke Jogja mampir sini. Jangankan marning, yang lainnya juga ada kakakakka

      Delete
  4. ada aqied dan salman, seruu jd pengen hot cokelatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe pas lagi kumpul bareng mbak. Seru bisa kopdar sama teman-teman bloger

      Delete
  5. kelihatan nyaman tempatnya. Luas dan bersih :)

    ReplyDelete
  6. Jogja memang keren. Menambah kekaguman ku sama daerah ini.

    ReplyDelete
  7. Bakmi goreng SPBU Terban yo terkenal dab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ruame banget dab, rep rono jane mung pas wes do wareg hahahha

      Delete
  8. wah baristanya baek amat, belum buka tapi sudah mau terima order :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya buk, mungkin itu cara terbaik beliau melayani pembeli.

      Delete
  9. Wah tempatnya bagus mas,
    Jadi pengen ngopi disana, heheπŸ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehhe, bisa ngajak teman kos atau teman main ke sini mas

      Delete
  10. wah masuk dalam tulisan. ternyata top gear itu kafe yang ada di SPBU ya. aku kemarin sempet liat dua kafe top gear lainnya. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu memang pelupa Nif, jangan-jangan kamu sekarang lupa berada di mana hahahahha

      Delete
  11. Waoow,, kamu Jerman banget yaa, tepat waktu πŸ˜›πŸ˜›,,, kalau aq liat atau denger Top Gear pertama kali, pasti lgsung muncul : Bengkel ,, eh ga taunya cafe asik buat nongkrong :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, menepati waktu itu keharusan loh hahahahha.

      Delete
  12. bisa jadi alternatif tempat nongkrong nie mas....biasa cuma ngopi di kopi kecil....cari tempat nongkrong baru hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget, sekedar santai menyeduh kopi dan ngobrol hahahahha

      Delete
  13. Tempate asik banget iq. Refrensi baru tempat ngopi nih kalau ngejogjez

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau k sini dilarang sendirian mbak, ntar malah bingung mau ngapain

      Delete
  14. liat dari tempatnya, emang cocok ya buat kumpul sama temen di sela waktu kosong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak yang jadiin tempat ini buat ngerjain tugas kampus hahahahha

      Delete
  15. Wuiih para sesepuh travel blogger favorit pd ngumpul nie, kopinya cantik amat ada lope2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesepuh berarti tua dong kakakkaka. Nasib ya haahahhaha

      Delete
  16. traktir aku minum kopi disini lah mas pas ntar aku di Jogja hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kapan kamu balik Jogja. Apa tidak kangen dengan dia, eh Jogja hahahahahah

      Delete
  17. kalau lantai dua terlihat lebih nuansa otomotif dan modern, kalau lantai satu malah berkesan klasik ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget mas. Lantai dua serasa di bengkel ahahhaha

      Delete
  18. tempatnya cozy juga ya.. cocok buat nongkrong bareng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget, tempatnya asyik buat nongkrong bareng :-)

      Delete
  19. tempat nya mantaps sekali ^_^ Asik tuh kalo di daerah saya ada yang kaya gituuu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak banget di Jogja tempat nongkrong asyik seperti ini.

      Delete
  20. Haha dulu sempet ngisi bahan bakar di Spbu ini dan lihat top gear, awal2 aku ngiranya jual oli dan berbagai kebutuhan kendaraan mobil dan motor.

    dua kali lewat sini masi penasaran dan mikir, masa iya ini tempat nongkrong.

    Eh baru kesekian kalinya pas diajak meet up baru percaya kalo ini beneran tempat nongkrong minum kopi. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahha, ini tempat jadi lokasi favorit Kopdar bareng bloger. Kemarin kopdar bareng Mas Alan di sini juga hahahahha

      Delete
  21. Tempat ngopinya asik banget, pengen ke sana ah,pasti kopinya mantep.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tempatnya memang nyaman dan banyak sofa/kursinya.

      Delete
  22. Semoga ada kesempatan ngopi-ngopi sama mas sitam disini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminn, kabar-kabar saja mbak kalau main ke Jogja

      Delete
  23. Tempatnya sih emang cozy, plus ada wifi pula :D wajar banget kalau tempatnya jadi favorit! Kalau di Jakarta susah nih cari cafe yang nyaman buat kerja kayak gini~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe, kalau mampir Jogja lagi kabar-kabar mas. Siapa tahu bisa kopdaran :-)

      Delete
  24. kafe ngopi begini favoritku jg... bisa duduk lama, sambil trus mesan cemilan dan minuman :D... skr kalo mw ketemuan ama temen emg lbh enaknya di tempat2 ngopi , drpd resto2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak, lebih nyaman di kopian hahahah

      Delete
  25. Kalau ke Jogja sudah tau harus kemana.
    Mesti ke Jalan Simanjuntak, cari Top Gear Coffee :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahha, kalau ke Jogja kabari kami yang di Jogja biar bisa kopdar

      Delete