Melepas Lelah di Hotel Horison Ultima Malang - Nasirullah Sitam

Melepas Lelah di Hotel Horison Ultima Malang

Sepertinya Malang masih menjadi kota yang sering kukunjungi dalam kurun waktu satu tahun. Ini kali ketiga aku ke Malang. Jika biasanya aku langsung naik Kereta Api Malioboro Ekspres ke Malang, kali ini tiket yang ada di tangan tujuannya Surabaya. Aku menaiki Kereta Api Sancaka turun Surabaya, dan melanjutkan perjalanan naik bus ke Malang.

Tujuanku kali ini adalah Hotel Ultima Horison, lokasinya Jl. Green Boulevard No. 2, Purwodadi, Malang, Kota Malang. Berhubung aku datang malam hari, tak banyak yang kuabadikan. Bahkan setelah mendapatkan kunci kamar, aku langsung tidur. Terasa melelahkan juga perjalanan Jogja – Surabaya – Malang.

Menjelang pagi aku baru menyempatkan berkeliling area hotel sebelum agenda selama di Malang dimulai. Depan hotel cukup rimbun pepohonan, bahkan pagi ini kulihat ada sekeluarga sedang asyik menggelar tikar di area tanah lapang nan rimbun tersebut. Sekilas mirip dengan taman kota, lahan tersebut digunakan untuk bersantai di akhir pekan.
Bangunan Hotel Horison Ultima Malang
Sementara itu di jalan dekat Hotel Ultima Horison ini cukup banyak orang berlalu-lalang sekadar jogging maupun bersepeda. Parkir kendaraan pun tak sulit. Mobil-mobil tertata rapi di tempat parkir. Selain itu, di bagian depan juga terlihat bus yang terparkir memanjang.

Tidak jauh dari area hotel, di tepi jalan ada rombongan berkumpul. Sepertinya mereka juga tamu yang menginap di hotel. Karena tadi di dalam hotel sempat berpapasan dengan pengunjung lain yang menggunakan kaos sama. Mereka di tepi jalan (luar hotel) untuk merokok. Di Hotel Horison Ultima memang terdapat larangan merokok.

Bagian lobi hotel dikonsep ala Imlek. Sewaktu aku ke sini bertepatan dengan Perayaan Imlek. Jadi hampir semua bagian lobi dibuat semacam menyambut perayaan Imlek. Aku melihat ada dua spot yang berisi sofa warna-warni. Sementara itu di bagian sudut juga ada tempat khusus bermain anak-anak.
Bagion lobi hotel uhorison ultima Malang
Poster Spiderman besar menjulang di jendela. Di bawahnya bertuliskan Kids Corner. Sudah jelas rasanya jika ada yang menginap dan mempunyai anak kecil bisa bermain di sini. Sudut ruangan ini didesain sedemikian rupa agar menarik perhatian anak-anak. Tidak hanya poster Spiderman saja, ada juga poster kupu-kupu.

Walau tidak luas, aku rasa cukup bagus jika tiap hotel mempunyai tempat khusus bermain anak-anak. Ruangan khusus anak bisa menjadi pertimbangan keluarga untuk menginap. Menyenangkan bukan jika ada tempat seperti ini, setidaknya anak-anak dapat bermain di luar kamar ketika sedang menginap di hotel.
Kids Corner untuk bermain anak-anak
Selama dua malam di sini, tak banyak yang kuabadikan. Bahkan aku memotret bagian kamar pun pada hari kedua. Di lantai 3, aku melongok ke arah luar. Dari jendela terlihat menjulang tinggi gunung. Entahlah gunung apa itu, mungkin gunung Arjuna. Lorong-lorong hotel berwarna kalem.

Di dalam kamar tampak bersih. Sebuah bed berukuran besar dipadu dengan bantal yang empuk membuatku nyaman saat tidur. Mungkin sedikit kurang di sini tidak disediakan guling. Ada banyak saklar lampu. Jadi aku bisa memilih lampu-lampu mana yang hidup kala aku sedang ingin tidur.
Bed berukuran besar dipadu dengan bantal yang empuk
Di beberapa titik juga sudah tersedia colokan listrik. Aku bisa dengan leluasa memakai untuk mengisi baterai kamera dan smartphone. Biasanya aku membawa laptop saat bermain, tapi tidak pada saat ini. Sengaja aku tak membawa laptop, padahal di dalam kamar tersedia sofa dan juga meja untuk menaruh laptop.

Kadang kusempatkan untuk membuat draft tulisan saat berada di hotel, kali ini aku benar-benar menikmati waktu di hotel hanya untuk tidur dan bermalas-malas ria saja. Laci baju tepat berada di belakang pintu, kulkas mini pun tersedia. Selama di hotel yang kulakukan hanya menonton tv saja.
Mumpung masih rapi, jadi diabadikan
Seperti di tempat lain, salah satu yang pasti aku periksa adalah kamar mandinya. Peralatan lengkap untuk mandi sudah disiapkan dengan baik. hal ini membuat kita sebagai pengunjung yang menginap menjadi lebih tenang. Memang kebersihan kamar mandi menjadi patokan pada sebuah hotel. Tidak jarang penilaian baik/buruk itu dinilai dari kamar mandinya.
Kamar mandi di hotel
Pagi hari (dihari kedua), aku kembali menyempatkan mengambil foto seadanya sebagai selingan saja sambil menikmati suasana pagi. Tujuanku kali ini mengabadikan kolam renang yang ada di bawah. Sejak kemarin aku belum sempat mengabadikan. Hanya sekadar lewat.

Kulangkahkan kaki menuju lobi. Di sana yang ingin kuabadikan adalah kolam renangnya. Kolam renang terletak di belakang, tidak jauh dari resto. Bahkan hanya beberapa meter saja dari tempat resepsionis.

Jejeran kursi untuk berjemur, corak lantai berwarna gelap kontras dengan kolam renangnya yang biru. Pagi ini tidak ada yang berenang, aku cukup puas memotret dan bermain air di sudut kolam. Tertata juga meja dan kursi di dekat pembatas dengan resto. Meja dan kursi itu biasanya digunakan para pengunjung duduk saat sarapan.
Kolam renang Hotel Horison Ultima Malang
Kolam renang memanjang terbagi menjadi dua bagian. Di sana sudah dijelaskan berapa meter kedalamannya. Jika ingin bermain di kolam bareng anak kecil, tentu kolam yang dangkal menjadi pilihan. Untuk kali ini aku tidak berenang, biasanya sih menyempatkan berenang sewaktu pagi.

Puas bersantai di kolam renang, aku menuju restoran. Sarapan pagi dibuka pukul 06.00 WIB. Tepat di pintu masuk ke dalam restoran terdapat dua pramusaji yang berjaga.

“Kamar nomor berapa mas?”

“310 mbak.”

Seperti biasa, tugas pramusaji memastikan nomor kamar tersebut. Aku sendiri langsung berkumpul dengan pengunjung lain yang sudah menikmati sarapan. Menu utama tentu Nasi Goreng. Selain itu kita bisa memesan di tempat-tempat tertentu atau mengambil sendiri di tempat yang sudah disediakan.
Menu sarapan pagi ini
Rasanya selama dua malam di sini cukup puas. Walau dua hari disibukkan dengan agenda padat. Pengalaman menginap di hotel ini memberikan kesan bagus. Dimulai dari penyambutan saat datang sampai kembali lagi balik ke Jogja. Bagi kalian yang berkunjung ke Kota Malang, kalian bisa menjadikan hotel ini sebagai pembanding saat akan menginap di Malang. *Menginap di Hotel Horison Ultima Malang 27 – 29 Januari 2017.