Konsep Retro di Tjokro Style Hotel Yogyakarta

Kamar di Tjokro Style Hotel Yogyakarta
Kamar di Tjokro Style Hotel Yogyakarta

Sofa-sofa tertata rapi sudut ruang depan hotel. Tepat di depan terdapat sebuah monitor berukuran sedang. Fasilitas komputer yang bisa digunakan pengunjung hotel kala butuh akses internet dan tidak membawa gawai. Dua mural sosok besar terpajang di tembok, salah satunya adalah Moody Marilyn Moore.

Dari depan sudah tampak hotel ini berkonsep retro art. Konsep yang disukai kawula muda untuk sekadar bersantai sembari menikmati suasana hotel saat menginap. Ini adalah Tjokro Style Hotel Yogyakarta, berlokasi di Jalan Menteri Supeno No.48, Sorosutan, Umbulharjo, DI. Yogyakarta.
Moody Marilyn Moore dengan siapa Ada yang tahu?
Moody Marilyn Moore dengan siapa Ada yang tahu?

Kulangkahkan kaki menuju restoran yang tidak jauh dari tempat informasi. Restoran tersebut bernama Citrus Restaurant. Selain berdekatan dengan tempat informasi, restoran ini juga berdekatan dengan kolam renang. Hanya disekat menggunakan kaca transparan, dan di luar sudah tertata meja-meja dan sofa untuk bersantai.

Di restoran sudah terjejer meja dan kursi untuk tamu undangan. Aku salah satu undangan yang hadir pagi ini untuk bersua dengan pihak hotel. Kami bercerita santai sembari menikmati sarapan pagi.

Unik melihat bagaimana pihak hotel ini memanfaatkan drum-drum besar sebagai penyanggah meja kaca, atau ketika melongok ke atas yang tampak adalah jendela dan pintu kayu warna-warni menambah jelas identitas modern. Bisa jadi hotel berbintang tiga ini sengaja membuat konsep retro agar menarik pangsa pasar para muda-mudi saat bepergian.

Minuman tertata berdekatan. Kopi, Teh (beberapa varian), Wedang Secang, dan Jamu juga tersedia. Pun jika pecinta Jus, sudah disediakan buah-buahan yang siap dijadikan jus. Pengunjung diperbolehkan membuat jus sendiri atau meminta pramusaji untuk dibuatkan.

“Silakan dicicipi menu yang kami sediakan,” Ujar Perwakilan dari hotel.

Tidak hanya pihak hotel saja yang ikut berbincang santai, salah satu chief restoran juga bergabung. Sembari sarapan, kami menanyakan seputar menu yang disajikan.
Sarapannya mie ayam dulu
Sarapannya mie ayam dulu. Padahal sudah sarapan lainnya

Menu sarapannya juga cukup beragam; menu-menu seperti Ayam Goreng Kremes, Balado Terong Tahu, Kailan Saus Tiram, Nasi Goreng, Sup Ayam, Soto Ayam, sampai Mie Ayam, pun tersedia. Menu andalan di sini sebenarnya Miedes. Mie yang khas dari Bantul, sayangnya sajian tersebut bukan termasuk yang disajikan saat sarapan.

Tjokro Style Hotel Yogyakarta dikelola oleh SAS Hospitality yang sekarang telah mengelola 7 hotel di beberapa kota seperti Yogyakarta, Jakarta, Klaten, Bandung, Balikpapan, dan Pekanbaru. SAS Hospitality berdiri sejak awal tahun 2017 merupakan perusahaan operator hotel yang tertarik pada nilai-nilai keramahan, budaya lokal, dan spiritual dalam memberikan layanan.

SAS Hospitality mengelola dari hotel kelas ekonomi hingga kelas atas. Tujuannya memberikan alternatif pilihan bagi para wisatawan maupun pebisnis untuk berkunjung dan menginap di hotel tersebut. Hotel-hotel yang dikelola antara lain Grand Tjikro Premiere, Grand Tjokro, Tjokro Hotel, dan Tjokro Style. Tojkro Style inilah yang aku kunjungi bersama tamu undangan lainnya.

Aku menyempatkan waktu menuju kolam renang. Walau tidak besar, kolam renang ini cukup menjadi pelepas dahaga para pengunjung yang ingin berenang. Dua kolam menyatu dan tertera kedalamannya. Satu kolam renang untuk anak-anak, dan satunya untuk orang dewasa. Selain kolam renang, di dekat sini juga terdapat ruangan untuk Spa & Massage. Tidak ketinggalan tempat khusus Gym.
Kolam renang di dekat restoran
Kolam renang di dekat restoran

Fasilitas yang ada di hotel ini lainnya adalah ruangan untuk rapat. Terdapat beberapa ruangan dengan kapasitas berbeda. Aku sempat mengabadikan ruang rapat yang kecil, di sana tempatnya asyik karena dinding-dinding dipenuhi angka dan huruf. Sehingga terlihat inovatif ruangannya. Di lantai atas juga terdapat ballroom yang bisa digunakan 250 orang. Tiap dindingnya diberi hiasan batik.

“Kalau mau ambil paket nikahan juga bisa di sini,” Ujar Pihak hotel.

Kami tertawa mendengar perkataan beliau. Terlebih kami yang datang memang para kawula muda. Hanya beberapa teman saja yang sudah menikah.
Ruang rapatnya menarik
Ruang rapatnya menarik

Selama di hotel, kami diajak tour hotel. Tjokro Style Hotel Yogyakarta memiliki tujuh lantai, dan mempunyai 99 kamar. Tiap lorong hotel cukup temaram, dan dinding hotel dikonsep sedemikian rupa. Sengaja dibuat menjadi menarik di tiap sudutnya.

“Kamar di hotel kami ada tiga jenis; Superior, Deluxe, dan Junior Suite Rooms.”
Lorong tiap menuju kamar
Lorong tiap menuju kamar

Kelompok kami terbagi menjadi beberapa rombongan. Aku masuk di salah satu kamar yang superior. Memberdayakan ruangan yang tidak terlalu luas dengan konsep retro; begitulah yang kulihat. Warna cerah ditambah dengan motif modern sprei kamar. Terasa berada di kamar anak-anak muda.

Fasilitas kamar juga sudah mumpuni. TV, Kamar Mandi, AC, Wifi, dan lainnya sudah tersedia. Sebuah papan tulis yang terpajang di dinding nantinya ditulis nama orang yang menginap. Lukisan berwarna cerah terpampang di sudut dinding lain dibuat serasi dengan warna kamar.

Lokasi Tjokro Style Hotel Yogyakarta cukuplah strategis. Dari hotel ini cukup dekat menuju pusat kota Jogja. Selain itu lokasi ini juga tidak jauh dari beberapa destinasi seperti museum. Setidaknya ada lima museum yang dekat di sini; Museum Sandi, Museum Perjuangan, Museum Ki Hadjar Dewantara, Museum Sonobudoyo, Museum Benteng Vredeburg, bahkan Kraton Yogyakarta.
Jangan tanyakan siapa modelnya
Jangan tanyakan siapa modelnya

Aku dapat menarik simpulan jika Tjokro Style Hotel Yogyakarta dengan konsep retro-nya menjadikan para kawula muda sebagai sasaran konsumennya. Tiap sudut terdapat sudut menarik untuk diabadikan, instagramable, sehingga memantik pengunjung untuk berfoto dan mengunggah di sosmed-nya.

Kita semua tahu jika mengunggah di sosmed, setidaknya kita sudah mempromosikan tempat tersebut pada teman maupun kerabat. Dan di setiap sudut Tjokro Style Hotel Yogyakarta memang sayang jika tidak diabadikan. Kali ini aku cukup mengabadikan saja, dan siapa tahu ke depannya bisa diundang menginap di hotel ini *eh.
Tjokro Style Hotel Yogyakarta
Alamat: Jl. Menteri Supeno No.48, Sorosutan, Umbulharjo, DI. Yogyakarta
Narahubung: 0274 386200/ 0274 386858 (Fax)
Sosial Media: @tjokrostyle (Instagram)
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :