Tips Menggunakan Tas Selempang saat Beraktivitas

Bersepeda menggunakan tas selempang
Bersepeda menggunakan tas selempang

Sejak memutuskan bersepeda ke kantor akhir tahun 2012. Ada banyak hal yang aku ingin miliki untuk menunjang aktivitas bersepeda. Selain perlengkapan lengkap seperti helm sepeda, kaus tangan, lampu sepeda, kebutuhan yang harus aku miliki lainnya adalah tas yang nyaman digunakan untuk bersepeda.

Tas Selempang/ Messenger tentu menjadi pilihan yang paling digandrungi pesepeda selain tas pannier. Rata-rata bagi pesepeda ke kantor/ bike to work, tas selempang menjadi pilihan utama. Selain bawaannya tidak berat, tas selempang juga nyaman digunakan kala mengayuh sepeda.

Kalau sekarang tas selempang masih aku pakai sewaktu main ke kedai kopi ataupun nongkrong dengan teman. Biasanya di dalam tas selempang isinya hanya laptop dan kamera. Rasanya lebih simpel saja menggunakan tas selempang untuk sekadar main di kedai kopi.

“Bagus juga tas kamu.”

Begitulah celetuk teman-teman saat kami nongkrong bareng. Ya, akhir-akhir ini aku lebih sering memakai tas selempang kala janjian nongkrong dan ngeblog bareng di kedai kopi. Akhirnya tas selempang yang beberapa tahun aku beli kembali kupakai juga.

Bagi orang yang sudah terbiasa menggunakan tas selempang, tentu mereka tidak mempermasalahkan hal-hal yang sering dirasakan pemula. Salah satunya adalah pundak sakit saat memakai tas selempang. Pada dasarnya kita harus mengetahui bagaimana cara agar tas selempang yang kita gunakan bisa senyaman mungkin.

Perhatikan cara pakai tas selempang agar tidak nyeri otot
Tas selempang tidak seperti daypack, hanya ada strap bahu panjang yang bisa kita ubah sesuai keinginan. Jika kita tidak tidak memperhatikan cara pemakaiannya, ditakutkan salah satu dari pundak kita akan terasa sakit karena terlalu lama menahan strap tas tersebut.

Kita harus bisa memprediksi bawaan mana saja yang masuk ke dalam tas tersebut dan seberapa beratnya. Biasanya tas selempang ini dipakai kalau kita sedang bepergian dengan jarak dekat dan tidak membutuhkan banyak barang yang dibawa. Biasanya tas selempang ini dipakai jika kita hanya main seharian tanpa menginap.
Tas selempang idaman, bisa cek di Qlapa.com
Tas selempang idaman, bisa cek di Qlapa.com


Usahakan tas selempang sering dipindah
Mengubah posisi strap tas selempang secara bergantian, dari pundak kiri ke kanan menjadi keharusan. Jika kita pakai pada satu posisi dalam jangka waktu lama bakal membuat rasa sakit pada pundak.

Apabila sudah pada posisi di pundak kanan, selang beberapa waktu ganti disisi sebelahnya. Selempang yang hanya ditempatkan satu sisi kurun waktu lama, maka otot pun merasa lebih terbebani.

Kelebihan berat pada tas selempang bisa membuat cidera siku
Belum banyak yang tahu soal tips berikut. Hindari memakai tas yang diletakkan sambil menekuk tangan. Penggunaan seperti demikian bakal berpotensi mencederai siku tangan si pengguna tas selempang. Alangkah lebih baik lagi kalau ditaruh tas di bahu saja, bukan di lekukan tangan.

Cara seperti ini dipilih supaya kamu tidak mengalami cedera siku seperti tendinitis. Apabila ternyata beban yang dibawa terlalu berat, usahakan membaginya ke dalam dua tas kecil. Seperti pada keterangan awal, tas selempang hanya untuk barang-barang tertentu saja dan tidak berat.

Postur tegak membantumu lebih ringan
Maksudnya disini, usahakan selalu memakainya dengan sikap tubuh tegak. Saat kamu bersikap tegak, maka beban akan lebih tersebar sempurna ke bagian tubuhmu. Beban pun tidak hanya berfokus pada satu bagian saja.

Kalau disertai tas tangan, usahakan untuk mengencangkan bagian perut. Hal ini sengaja dipilih untuk membuat berat badan terpusat diatas kaki, bukan disalah satu sisi tas. Alhasil, bagian otot lengan tidak mudah cedera. Selain itu, kamu pun terhindari gejala nyeri otot.

Tips memakai tas selempang diperuntukkan agar pengguna lebih sehat. Kalo perhatian sama kesehatan tubuh, kamu bakalan menyimak dan meniru tips-tips yang udah ditulis di atas. Semakin ke sini, kamu tahu bahwa tips menggunakan tas selempang cukup banyak.

Letakkan tas telempang ke arah depan
Ada lagi yang perlu diperhatikan. Perihal menempatkan pada posisi tas yang tepat cukup penting. Selain diperuntukkan supaya lebih nyaman, gaya fesyenmu pun makin keren. Kalau tadi kamu dianjurkan untuk rajin memindahkan dari sisi ke sisi lainnya, kali ini cobalah menempatkannya di bagian tengah tubuh.

Ketika menempatkan tas selempang ke arah tengah, ayunan yang sering terjadi di tas jenis ini pun jadi lebih sedikit. Selain itu, hal ini menjadikan tulang punggung bawah jadi tak terlalu lelah. Pemakaiannya memang tidak boleh sembarangan atau akibatnya jadi fatal.

Membeli tas selempang di toko online
Usai membahas secara lengkap soal cara pemakaian tas selempang, aku tertarik mencari-cari tas selempang yang cocok untuk bekerja. Dari info teman, aku diarahkan memilih-milih Tas Selempang di qlapa.com. Situs handmade dengan 500an ribu produk ini menjadikan pembeli lebih melek produk lokal. Kualitas dan harganya bisa disesuaikan dengan dompetmu.
Lirik-lirik tas selempang dulu di Qlapa.com. Kali aja langsung klik beli
Lirik-lirik tas selempang dulu di Qlapa.com. Kali aja langsung klik beli
Lirik-lirik tas selempang dulu di Qlapa.com. Kali aja langsung klik beli

Di sana, aku bisa memilih jenis tas yang sesuai dengan seleraku. Corak tas beretnik nusantara atau casual minimalis pun tersedia. Cukup kita pilih item, lalu mengisi lengkap alamat pengiriman dan transfer uang sesuai harganya. Transaksi dijamin aman. Ratusan ribu pembeli memberi feedback positif terhadap pelayanan dan kualitas produk dari Qlapa. Kini, saatnya produk lokal berbicara.

Bagi yang demen koleksi tas produk lokal dan hasil handmade, kalian bisa coba buka Qlapa.com sebagai referensi. Siapa tahu kalian dapat menemukan tas sesuai selera dengan harga yang bersahabat.
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :