Air Terjun Seribu Batu, Cengkehan, Wukisari, Imogiri

Kabupaten Bantul, jika kita berbicara tentang wisata kabupaten ini tentunya otak kita langsung merespon Pantai Parangtritis, Pantai Depok, atau pantai lainnya. Kalau tidak pantai mungkin Kerajian di Manding. Terus bagaimana kalau yang kita bicarakan itu semacam Air Terjun? Ada atau tidak?

Hemmm, minggu 17 Maret 2013 kami beserta teman-teman sedang gowes kerumah salah satu teman didaerah Imogiri, dan pada akhirnya kami bisa mengunjungi Air Terjun Seribu Batu, yang lokasinya di Dusun Cengkehan, Wukisari, Imogiri, Bantul. Mungkin Air Terjun ini tidaklah begitu familiar ditelinga pembaca, namun tidak ada salahnya kalau spot ini dijadikan opsi untuk menenangkan pikiran yang sedang suntuk.

Lokasi Air Terjun ini lumayan tersembunyi, kita harus melewati jalanan setapak dan sedikit licin. Bahkan ada jalanan yang sedikit unik, aksesnya hanya semacam jembatan kecil dari sebuah batang kayu saja.
Salah satu akses jalanannya.. heeemmmm
Salah satu akses jalanannya.. heeemmmm
Salah satu akses jalanannya.. heeemmmm
Dari rumah penduduk, lokasi ini dapat kita tempuh sekitar 15 menitan, dan selama perjalanan kita akan disuguhi pemandangan alam yang masih asri dan tenang. Sesampai di Air Terjun ini, kita akan melihat keindahan yang membuat kita berdecak kagum.
Ini namanya "Air Terjun Seribu Batu"
Ini namanya "Air Terjun Seribu Batu"
Nasirullah Sitam
Memang Air Terjun ini tidaklah terlalu tinggi, namun bukan berarti tidak menarik. Disetiap sisi aliran air terdapat bongkahan bebatuan besar dan banyak. Mungkin karena jumlah banyaknya bebatuan ini terus dinamakan menjadi “Air Terjun Seribu Batu”.
Salah satu aliran air diatas air terjun
Salah satu aliran air diatas air terjun
Ada yang menarik hatiku untuk menaiki air terjun ini melalui jalan yang mungkin tidak pernah dilewati orang sebelumnya. Tapi teman-teman tidak memperbolehkanku, walaupun begitu aku tetap saja menaikinya. Dan pada akhirnya sampailah aku diatas air terjun ini dan memandang kebawah.
Menantang diri, ingin menuju puncak air terjun                                
Berdoa diatas air terjun
Ritual dipuncak air terjun * Berdoa agar tetap bisa menikmati keindahan alam  
Tidak banyak yang tahu dengan Air Terjun ini, karena selama kita disana hanya ada anak-anak penduduk Cengkehan yang bermainan air disini. Hal yang aku dapatkan ketika berada disini adalah ketenangan batin dan kenyamanan. Untuk memasuki area ini kita tidak dipungut biaya, semuanya gratis. Namun kita harus tetap menjaga keindahan bebatuan disepanjang air terjun, dan jangan mencoret-coret batu ataupun membuang sampah sembarangan. Buktikan kalau kita adalah pengunjung yang bijak dan ramah.
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar :

  1. Salam

    Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya Indonesia

    www. jelajah-nesia2.blogspot.com

    www.jelajah-nesia.blogspot.com


    ReplyDelete