Menulis Skripsi itu Mudah kok!

Time Table waktu aku ngerjain skripsi
Pernah merasa bingung mau ngerjain skripsi? Atau mungkin berpikir kalau mengerjakan skripsi adalah hal yang paling tersulit bagi sebagian besar mahasiswa? Mungkin diantara kalian ada yang merasakan seperti itu. Itu adalah hal yang wajar, karena kita masih merasa enggan untuk”menjamahnya”.

Ada banyak hal yang membuat kita kadang sengaja membuat skripsi itu terbengkalai, hanya meninggalkan sebuah file bertuliskan “Skripsi” tanpa pernah menulisnya kembali. Mungkin karena kita tidak ada waktu, males, atau karena alasan lain.

Sebenarnya musuh yang paling berat dalam mengerjakan skripsi adalah rasa malas. Silakan tanya ke teman-teman yang sampai sekarang sudah habis teori dan tinggal mengerjakan skripsi, tentu rasa malas adalah musuh tidak nyata tapi ada.

Sedikit tips dari aku, ini karena aku juga merasakan bagaimana beratnya melawan rasa malas, sehingga dulu sempat terbengkalai hampir satu tahun ini skripsi nggak aku kerjakan. Ternyata mengerjakan skripsi itu ada caranya. Terserah kalian bagaimana caranya, yang pasti caraku melawan rasa malas itu dengan seperti ini;
Niat
Dalam hal apapun, tentunya lebih baik kita mengawali semua dengan niat. Artinya kita berusaha untuk melakukannya dengan sungguh-sungguh, yakin saja, kalau niatnya dari awal memang ingin mengerjakan, tentunya akhirnya pun yang namanya skripsi itu bisa dikerjakan.

Kumpulkan teori
Proses kedua ini adalah satu langkah maju bagi kita dalam mengerjakan skripsi. Kalau teori sudah ada, tentunya saat kita mau mengerjakan akan lebih mudah. Setidaknya kita sudah tahu gambaran awalnya seperti apa.

Konsultasi dosen pembimbing
Tahapan ini begitu vital, kalau sudah mendapatkan teori tentu kita harus berkonsultasi dengan dosen pembimbing. Dari sini kita mendapatkan banyak hal sebagai masukan saat kita mengerjakan skripsi.

 Sharing dengan teman seperjuangan
Lha kalau yang ini wajib kita lakukan, biar tidak merasa bosan atau bĂȘte. Kita harus aktif mencari teman untuk diajak sharing. Minimal teman yang bisa member bantuan moral/motivasi agar kita tetap semangat mengerjakan skripsi.

Kunjungi perpustakaan
Kayaknya perpustakaan ini adalah rumah kedua bagi kita yang sedang mengerjakan skrispi. Disini kita bisa mencari buku yang kita butuhkan, dan kita bisa membaca beberapa skripsi yang mungkin sedikit mirip dengan tema yang kita ambil.

Jauhi penggunaan sosmed berlebihan
Dalam mengerjakan skripsi kita harus membatasi diri dengan dunia maya, karena godaan dari social media itu sangat menggiurkan. Setidaknya kalau kita sudah terjebak didunia maya, maka yakinlah skripsi kita kembali terabaikan. (buang modem dan jangan hidupkan wifi) untuk sementara waktu.

Kerjakan
Lakukan sekarang atau lupakan selamanya! Kalau kita ingin berhasil, tentunya kita harus melakukan itu dari sekarang. Buka laptopmu, pilih file skripsi, buka, dan ketik datanya.

Mungkin itu adalah sedikit tips untuk mengerjakan skripsi dariku. Kalau kita berhasil mengalahkan rasa malas, aku yakin dalam satu bulan kamu bisa menyelesaikan skripsi yang kamu kerjakan. Kalau kamu tidak percaya, silakan kamu buktikan sendiri dengan mengikuti saranku. Terutama saran yang KERJAKAN!
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

6 komentar :

  1. Ternyata sosmed godaan terbesar saat ngerjain skripsi ya. Seharus bgi yg ngerjain skripsi memang mesti puasa sosmed..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget :-D
      Dulu waktu ngerjain skripsi, modemku aku pinjamkan teman selama 2 bulan :-D

      Delete
  2. Wah, baik banget ya mas Rullah. Modemnya di pinjamkan ke temen. Apa ngerjain skripsinya gk pakek bantuan internet?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyari bahan diinternet memanfaatkan hotspot kampus, setelahs amai kos fokus nggak ngenet :-D

      Delete