Patung Cheng Ho Ada di Klenteng Sam Poo Kong

Pernah dengar cerita Laksamana Cheng Ho yang pernah singgah di Jawa? Itu loh seorang seorang laksamana yang memimpin sekitar 200 kapal mengarungi lautan mulai dari Asia sampai Afrika selama lebih dari dua dekade dan sempat singgah di Jawa, lebih tepatnya singgah di Semarang. Kalau kamu belum pernah mengenal sejarahnya, mungkin ada baiknya kamu mengunjungi Klenteng Sam Poo Kong yang ada di Semarang.
Gerbang Sam Poo Kong
Gerbang Sam Poo Kong
Klenteng ini ada berada dijalan Simongan Raya Semarang. Mungkin kalau kamu berkunjung ke Semarang dan sedikit bingung nyari lokasi untuk hunting foto, ini adalah salah satu tempat yang cukup bagus di Semarang. Karena disini kamu akan disuguhi bangunan-bangunan yang mirip di Negeri Tirai Bambu (China). Dijamin kamu nggak bakalan nyesel kalau kesini.
Seperti bangunan di China
Patung prajurit di Klenteng Sam Poo Kong
Patung prajurit di Klenteng Sam Poo Kong
Kawasan Klenteng ini kalau lagi perayaan Imlek katanya bakalan ramai banget pengunjungnya. Untungnya waktu aku kesini tidak lagi pas ada acara apa-apa disini. Jadi aku bisa leluasa melihat kawasan Klenteng ini. Bangunan pertama yang membuat aku tertarik adalah rumah seperti pendopo yang disamping kanan dan kirinya ada beberapa patung prajurit. Jadi ingat film-film dinasti China, bener nggak?
Gagah bener prajuritya
Patung prajurit

Selain itu didalam juga ada banyak patung-patung  hewan dan yang pasti patung paling besar dan menjulang tinggi berbentuk manusia. Ternyata ini adalah patung Laksamana Cheng Ho. Wah tinggi juga ini patung, dan patung ini adalah salah satu spot yang paling ramai untuk diambil gambarnya. Akupun nggak ketinggalan mengabadikannya, maklum belum tentu kesini lagi dalam waktu dekat ini. Walau samping kanan dan kiriku pakai DSLR, aku cukup percaya diri mengabadikan dengan kamera HP bututku.
Patung Laksamana Cheng Ho
Patung Laksamana Cheng Ho
Oh iya, aku lupa ngasih tahu. Kalau masuk kawasan Klenteng Sam Poo Kong ini kita kena HTM 3k/orang untuk lokal. Sedangkan manca sepertinya lebih mahal sedikit antara 5k HTM-nya. Ingat kalau pas ada acara seperti Imlek, harganya bisa lebih mahal. Tapi mahal sedikit nggak apa-apa sih, kan jarang-jarang kita bisa menikmati nuansa China di tempat kita sendiri.
Narsis dulu
Pada pakai jurus apa ini ya?
Kalau kamu penasaran atau pengen lebih jelas tentang kawasan Klenteng Sam Poo Kong ini, silakan kamu langsung arahkan kendaraanmu kesini. Ingat daerah wisata Semarang itu tidak hanya terpaku pada Tugu Muda, Lawang Sewu, ataupun Bandungan saja. Tetapi masih ada banyak tempat yang unik dan perlu kita kunjungi. Salah satunya ya Klenteng Sam Poo Kong ini. 
Baca juga postingan sebelumnya Menara Tinggi dan Masjid Agung Jawa Tengah
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar :

  1. Ini dia Laksamana Ceng Ho, siar agama islam dari negeri Tiongkok. Nggak sia-sia berlayar jauh-jauh ke sini.

    ReplyDelete