Warna-warni Atap dan Tembok Rumah di Kali Code

Ada-ada saja ide yang terpikirkan oleh seseorang atau kelompok membuat sesuatu yang berbeda, atau sekedar meniru apa yang telah dilakukan di tempat lain dan menerapkan di tempatnya. Seperti itulah yang juga ada di Jogja. Suatu sore hari, aku mengayuh pedalku menuju kawasan jantung kota Jogja. Tentu tujuanku adalah  Tugu Jogja, tempat yang penuh bersejarah dan sangat digandrungi para wisatawan untuk sekedar foto dengan latar belakang Tugu. Tidak sedikit orang-orang yang berkunjung ke Jogja memendam hasrat untuk foto di setap sudut dekat Tugu.

Seraya menikmati keramaian kota Jogja yang sudah padat, aku mengayuh pedal santai. Sesampai di jembatan Kali Code, aku melongokkan kepala ke arah aliran sungai. Ada sesuatu yang unik di sana, satu kompleks rumah atapnya penuh warna yang berbeda. Ya, warna-warni atap ini membuat pemandangan menjadi unik. Tentu tidak aku sia-siakan, aku pun mengabadikan pemandangan penuh warna tersebut.
Warna-warni di Kali Code, Jogja
Warna-warni di Kali Code, Jogja
Warna-warni di Kali Code, Jogja
Pemandangan seperti ini membuat ingatan kita tertuju pada kota-kota besar di belahan dunia. Mungkin mereka yang membuat ini terinspirasi dari salah satu sudut kota di belahan Negara lain. Coba lihat bangunan-bangunan di Guanajuato city, Mexico. Seluas itu pun rumah-rumah mempunyai warna yang berbeda-beda. Suatu pemandangan yang indah bukan?
Guanajuato city, Mexico
Guanajuato city, Mexico (sumber: www.gettyimages.co.uk)
Baiklah, masih ada sudut kota lainnya yang tidak kalah indahnya karena kombinasi warna yang mereka laburkan pada tembok maupun atap bangunan di tempat tertentu. Seperti kompleks di Willemstad, Netherlands Antilles; Valparaiso, Chili; St. John, Newfoundland, Kanada; ataupun di tepat-tepat lainnya. Setidaknya ada sepuluh tempat yang seperti ini, indah karena bangunan dan warna-warni catnya.
Willemstad, Netherlands Antilles
Willemstad, Netherlands Antilles (sumber: www.panoramio.com)
Valparaiso, Chili
Valparaiso, Chili (sumber: www.bbc.com/travel)
St. John, Newfoundland, Kanada
St. John, Newfoundland, Kanada (sumber: www.thestar.com)
Setidaknya, warna-warni atap serta tembok yang ada di Kali Code ini menjadi pemandangan indah tersendiri bagi kita. Akhir-akhir ini semakin banyak yang hanya sekedar singgah dan mengabadikan pemandangan tersebut. Ya, Jogja memang butuh tempat-tempat indah dan penuh kreasi seperti ini dibanding bangunan menjulang tinggi yang sudah terlalu banyak. Jika aku ditanya Jogja membutuhkan apa lagi, jawabanku pertama tentunya “Jogja butuh banyak taman kota.”

Benar saja, ketika suatu kota itu semakin diminati oleh para wisatawan untuk singgah dan menikmati akhir pekan, maka akan berbanding lurus dengan pembangunan gedung-gedung menjulang tinggi tidak terelakkan. Tidak berhenti sampai di sana, bangunan-bangunan lainnya seperti tempat perbelanjaan pun turut serta menyemarakkan untuk hadir di setiap sudut kota ini. Kita hanya dapat berharap agar setiap sudut dan lekuk kota Jogja tetap indah serta istimewa. Bukan kah Jogja memang istimewa teman? Ahhh, lantunan lagu “KLA Project – Yogyakarta” dan ayunan pedal sepeda membawaku menyusuri kota Jogja lebih dalam.
Baca juga postingan yang lainnya 
Segelas Susu Kambing Perah Etawa di Kaligono
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

26 komentar :

  1. hehe tapi perbedaan emang terletak di gaya rumahnya ya mas hee meski rumah tetepsama warna warninya hehe mantap ams rullah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heeee, walau hanya sedikit yang diawarnai tapi udah bagus kok :-D

      Delete
  2. wah, bagus juga tuh mas rumah nya apalagi cat warnanya .. indah banget :)

    ReplyDelete
  3. Memang kalau lagi ke Jogja paling enak melesir lewat kali code yang memiliki kisah dan catatan tersendiri bagi masyarakat Yogja, di samping kita bisa menikmati nuansa ara kreator putra-puta daerah, di titik inilah kita pun bisa melihat Yogya dari sudut kaca mata yang berebda dan selalu memberikan inspirasi dan melahirkan inspirasi bagi mereka yang dapat menyatu dengan alamnya. Makanya Yogja selalu di kangenin sama para wisatawan yang datang ke kota itu. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kang, Jogja selalu mempunyai sudut istimewa :-D

      Delete
  4. Hahaha jadi keliatan menarik yah :D

    ReplyDelete
  5. coba aja di indonesia ada yang kayak gini, pasti bakalan indah di pandang nih -_- sayang nya, untuk buang sampah pun masih sembarangan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling atas di Indonesia, tepatnya di Jogja :-)

      Delete
  6. Eh kalau dibandingin gitu, warna cat yang di Kali Code cetar banget. Beda sama luar, warna catnya lebih soft. Apa efek kameramu, mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang gitu haaaa, emang kayaknya ngejreng dan tebal banget. Nggak kayak di luar yang indah dan lebih lembut plus tipis catnya :-D

      Delete
  7. jadi unik rumah-rumahnya, ya :)

    ReplyDelete
  8. Mottonya, jadikan hidupmu lebih berwarna

    ReplyDelete