Tips Memotret Momen Liburan Layaknya Fotografer Pro

Mengabadikan tiap momen selama liburan
Mengabadikan tiap momen selama liburan (sumber gambar: http://www.telegraph.co.uk/)
Memotret adalah hal yang pasti dilakukan saat liburan. Mengabadikan momen liburan akan menjadi kumpulan dokumentasi pengalaman hidupmu. Melalui potret itu, kita bisa membagikan pengalaman tersebut kepada siapa saja. Menceritakan setiap momen yang sudah kita abadikan.

Terus-menerus selfie selama liburan malah bisa membuat foto menjadi monoton karena tidak menangkap keindahan sesungguhnya dari lingkungan sekitar. Kita pun jadi tidak bisa leluasa memamerkan foto tersebut karena tidak semua orang senang melihat foto yang isinya muka si pemiliki foto saja. Oleh karena itu, kita perlu sesekali mencoba memotret dengan “niat” saat liburan.

Saat ini, kecanggihan gadget telah memungkinkan kita untuk dapat menangkap momen liburan dalam kualitas baik. Kecanggihan tersebut hendaknya kita padukan dengan cara tertentu untuk menyempurnakan hasil foto liburan kita. Jika foto liburan kita nampak berseni, tentu kita akan lebih betah memandanginya serta lebih bangga memajangnya.

Berikut ini adalah beberapa tips menarik dan mudah yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan hasil foto liburan layaknya fotografer profesional. Kamu tidak perlu repot-repot membeli kamera mahal. Bermodal ponsel dan kamera saku pun kamu sudah bisa menjadi fotografer travel. Tentu ada hal yang harus dipahami sebelum mengambil setiap sudut gambar.

Memilih objek yang menarik
Seorang fotografer cenderung memiliki kepekaan tersendiri. Bahkan, seorang fotografer dapat menemukan objek menarik dari apapun. Kita yang amatiran bisa memulainya dengan mengunjungi destinasi favorit yang terkenal dengan panorama indah. Carilah destinasi yang bisa memberikan banyak momen sekaligus (pemandangan alam, kota, budaya, kuliner, dan sejarah dalam satu kawasan).

Beberapa daerah di Indonesia yang menjadi tujuan favorit para fotografer travel yang bisa kamu kunjungi:
- Kawasan Kota Tua, Jakarta
- Candi Borobudur, Jawa Tengah
- Danau Situ Gunung, Sukabumi
- Danau Toba, Sumatera Utara
- Pulau Bangka Belitung
- Desa Ubud, Bali
- Raja Ampat, Papua
- Derawan, Kalimantan Timur

Kamu dapat menggunakan maskapai bujet, seperti AirAsia yang menyediakan banyak rute ke seluruh penjuru Tanah Air, untuk mengunjungi daerah-daerah tersebut. Agar mendapatkan harga termurah, sebaiknya kamu memanfaatkan Airasia booking seperti di Traveloka.

Tangkap beragam momen
Saat berlibur, janganlah memotret diri sendiri melulu. Biasakanlah untuk berbaur dan mempelajari lingkungan sekitar. Janganlah terpaku pada satu tempat saja. Eksplorasi sesering mungkin untuk menemukan momen terbaik yang bisa kamu abadikan. 
Beberapa objek menarik untuk difoto:
- Arsitektural tempat wisata
- Panorama alam
- Makanan khas/Kuliner
- Aktivitas penduduk lokal/Kearifan lokal
- Hasil kerajinan tangan penduduk
- Ikon khas daerah
- Penampakan unik; seperti hewan langka, dan fenomena alam khas daerah

Catatan penting
  • Sebelum memulai perjalanan, pastikan kamu mengisi penuh daya ponsel atau kamera saku yang akan kamu gunakan untuk memotret.
  • Jangan lupa membawa memori dan baterai cadangan.
  • Saat memotret, pastikan kamu telah mengetahui peraturan sekitar. Cari tahu apa saja yang boleh difoto dan apa saja yang tabu.
  • Bangun lebih pagi karena momen matahari terbit di setiap daerah selalu menarik untuk dipotret.
  • Maksimalkan fitur yang terdapat dalam kamera. Sebaiknya utak-atik cara penggunaannya sebelum kamu memulai perjalanan. Misalnya; selagi masih di rumah, di hotel, dan saat beristirahat.
  • Jika memotret menggunakan ponsel, cari aplikasi yang menyediakan fitur macro zoom. Macro zoom sangat berguna membuat foto objek nampak lebih detail dan berseni.
  • Kamu bisa memanfaatkan beragam efek foto untuk menambah kesan seni. Namun foto terbaik adalah yang menangkap warna asli dari objek yang dipotret.
  • Biasakan untuk memerhatikan teknis dasar seperti pencahayaan dan komposisi foto.
  • Bersikaplah ramah dengan orang sekitar. Minta izin jika ingin memotret orang atau benda/tempat milik orang lain. Apabila kamu janji untuk memberikan foto itu kepada mereka, jangan sesekali kamu lupa.
  • Ajak penduduk sekitar mengobrol untuk mencari tahu info menarik lain yang mungkin bisa menginspirasimu untuk memotret.
  • Jangan menggunakan flash/lampu kilat saat memotret orang lain.
  • Jika ingin memotret diri sendiri, cobalah pose yang lebih bercerita dibanding sekadar narsis.
  • Kemasi perlengkapan memotretmu ke dalam tas yang mudah dijangkau, tahan air, dan tahan banting.
  • Jangan terpaku pada kamera saja. Tetaplah nikmati momen liburan secara langsung. Berbaurlah dengan aktivitas di tempat tersebut karena inilah cara terbaik mengabadikan momen.
  • Potretlah objek sebanyak mungkin dan dari berbagai sudut, sehingga kamu bisa memilih foto-foto mana yang menurutmu lebih bagus.
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

34 komentar :

  1. Replies
    1. Kamu kan biasa pakae smartphone, keren kalo dipraktekkan :-D

      Delete
  2. Baru kali ini saya ke sini dapet tips sekaligus tahu cara nyari uang tamahan nih kang ? apalagi untuk motret saat momen leburan itu susah-susah gampang. he,, he, he,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heeee, bisa aja si akang. Kayaknya akang lebih handal :-D

      Delete
  3. Terima kasih mbak atas tipsnya, sangat menarik sekali untuk langsung di coba ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku cowok hahahahha, selamat mencoba dan berbagi cerita ya :-)

      Delete
  4. Mantap mas... Saya mau nbahin.. Lebih mantap lagi di kepulauan mentawai pantai macaroni itu wuih manntap bgt mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya Mentawai menjadi destinasi yang sangat menarik di Sumatera :-)

      Delete
  5. Hi mas Rula! Meskipun belum punya kamera yang mumpuni pakai kamera HP juga bisa buat diterapkan ya, terima kasih tipsnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mbak, apalagi sekarang smartphone sudah bagus-bagus hasil jepretannya

      Delete
  6. Wow okeh mas, terima kasih sarannya akan saya coba jalankan.

    ReplyDelete
  7. Replies
    1. Sama-sama kakak, saya masih kalah jauh sama kakak kalau urusan memotret :-D

      Delete
  8. Replies
    1. Yapp cahaya pagi atau sore sangat bagus dan terlihat lebih soft daripada siang, mbak. Jadi sangat direkomendasikan saat pagi atau malah senja :-D

      Delete
  9. kalau pake flash jadi gak bagus, kl menurut saya... Dan soal bangun pagi melihat matahari terbenam....erh, itu bangun jam berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau boleh tau itu poin berapa ya :-D
      Momen yang tepat itu memang sat pagi atau senja :-)

      Delete
  10. Sangar mas sitam. Baru kali ini tulisannya berbeda . cie di endorse :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uhuk kayaknya insanwiata mau meng-endorse aku. Voucher nginap yang di Semarang boleh kok kak. hahahahhaha

      Delete
  11. Terimakasih mas tipsnya, saya ingt ingt :)

    ReplyDelete
  12. setujuuu ... pokoke harus sering jeprat jepret dan lihat foto2 yang bagus2 ... lama2 juga bakalan improve hasil fotonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Takutnya kalau hanya sekali foto dan hasilnya kurang maksiman jadi menyesal, kang :-D

      Delete
  13. wah spot yg mainstreaammm emang banyak bgt duit berlimpah disitu mas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahhaha, ayo culik aku, mas hahahahhah

      Delete
  14. saat traveling aku biasanya memang ga suka selfie.. lebih fokus foto pemandangan ato tempat2nya.. foto diri pasti ada juga, tp ga banyak biasanya.. hanya sekedar bukti aja aku prnh ke tempat itu :)..

    eh traveloka ini kmrn berjasa bgt mas.. pas airasia kemarin promo rp 0 , itu aku lgs book tiket seoul-jakarta. Dapet murah bgt, tapi pas jam 10 pagi mw bookingin punya adekku tujuan sama, hrgnya udh naik -__-.. kita tunggu ampe 3 hr kedepan, malah makin naik.. akhirnya iseng aja buka traveloka, dan di tgl yg dimau seoul - jkarta harganya sama dong dengan yg aku dapet ^o^.. bisa gitu yaaa.. pdhl website AA nya udh g ada...makanya aku suka make aplikasi ini utk book tiket..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang kita dimudahkan untuk beli tiket dengan traveloka, mbak. Jadi bisa mantau harga-harga yang murah disaat tertentu :-D

      Delete
  15. terimakasih tipsnya gan, sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Terima kasih sudah membaca tulisan ini.

      Delete
  16. sedikit tambahan ni .... jika memotret diluar maka gunakan diafragma / bukaan yang kecil agar foto yg dihasilkan tidak terlalu over dan warna foto menjadi lebih hidup ..........:)

    ReplyDelete