Sajian Menu Halal di Restoran Hokben

Salah satu sajian menu di Hokben
Sebagai anak kos, aku sudah terbiasa makan di tiap-tiap tempat makan. Tak jarang harus menuju tempat makan dengan sajian yang cepat. Salah satu tempat makan yang membuatku ingin kembali lagi ke sana adalah Hokben. Di Hokben, aku bisa menikmati banyak menu ala Jepang yang bisa kupilih. Selain lokasinya tak jauh dari kantor, faktor setiap menu yang sudah berlabel halal membuatku semakin nyaman untuk menikmatinya.

Beberapa hari lalu; aku bersama teman-teman Blogger Jogja berkesempatan mengunjungi Hokben yang ada di jalan Kaliurang Jogja. Banyak orang menyebutnya gerai ini dengan sebutan “Hokben Jakal”, penyebutan tersebut merujuk pada alamat gerai ini berada di jalan kaliurang. Dari depan terdapat sebuah tulisan “Dilarang membawa makanan & minuman dari luar”. Awalnya kukira ini hanya peraturan dari pihak Hokben saja. Tapi ternyata tulisan itu memang aturan dari MUI yang diberikan pada setiap restoran yang sudah bersertifikasi halal oleh MUI.
Memasuki Hokben Jakal, Jogja
Memasuki Hokben Jakal, Jogja
Memasuki Hokben Jakal, Jogja
Tak perlu diragukan lagi, Hokben sudah bersertifikasi Halal oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI). Informasi ini aku dapatkan ketika ada acara temu bareng blogger di Hokben Jakal, Jogja. Untuk mendapatkan info yang jelas mengenai Hokben Halal, kita dapat mengirimkan pesan melalui ponsel dengan mengetik “HALAL HOKBEN (Kirim ke) 98555. Dari sana nantinya kita akan mendapatkan keterangan mengenai sertifikasi Hokben Halal dari MUI.

Pada dasarnya sertifikasi halal itu mudah dan cepat. Kriterianya ada tiga; Jujur, Menggunakan bahan-bahan yang halal, dan Tercatat serta Mudah Ditelusuri,” Ujar Bu Osmena Gunawan selaku perwakilan dari MUI.
Syarat-syarat Sertifikasi halal oleh MUI
Syarat-syarat Sertifikasi halal oleh MUI
Ibu Osmena juga menerangkan bagaimana diagram proses alir Sertifikasi Halal. Hal ini dilakukan setiap kali akan memberikan sertifikasi halal pada setiap gerai. Sertifikasi halal berstandar pada HAS 23000. Beliau menekankan jika Sertifikasi Halal hanya dilakukan oleh MUI, tidak ada lembaga lain yang memberikan sertifikasi. Beliau juga menegaskan akan ada tindakan tegas bagi pihak-pihak yang asal memampangkan Sertifikat Sertifikasi Halal yang seolah-olah telah disertifikasi oleh MUI. Ulasan mengenai Hokben Restoran Halal yang dipaparkan Bu Osmena memang sangat membantu bagi kita yang kadang ragu jika memasuki restoran. Pertanyaan apakah tempat ini sudah tersertifikasi halal atau belum. Keterangan dari pihak Hokben menjelaskan, jika setiap bahan baku yang didapatkan itu harus diketahui oleh MUI. MUI berhak mengetahui pihak mana yang menyediakan bahan karena itu termasuk penilaian dari sertifikasi halal.

Orang-orang yang memberikan sertifikasi halal ini sudah mumpuni, dan tak main-main. Jadi jangan percaya jika ada sertifikasi halal lain selain dari kami (MUI) dengan logo yang seperti ini ya,” Pungkas Bu Osmena.
Diagram Alir Proses Sertifikasi Halal MUI
Diagram Alir Proses Sertifikasi Halal MUI

Sedikit informasi dari Hokben; Hokben pertama kali berdiri di Tahun 1985 di Jakarta. Lambat laun terus menambah lokasi di beberapa kota di Indonesia. Tahun 2005 sudah membuka 13 gerai termasuk di Surabaya. Pada tahun 2007 Hokben meluncurkan “Hokben Delivery” yang dapat diakses pada 1-500-505. Khusus di Hokben Jakal, jika nomor delivery tak dapat dihubungi, kita bisa menelponnya di nomor 565-300. Tahun 2008 Hokben meluncurkan website dengan pemesanan online, di sini juga Hokben memperkenalkan paket Kidzu Bento untuk anak-anak. Tahun 2010 Hokben merambah di kota lain seperti Yogyakarta, Semarang, Solo, dan Bali. Pada tahun 2012, Hokben sudah mempunyai 150 Gerai di seluruh Indonesia. Tahun 2013 terdapat pembaharuan dari Hoka-Hoka Bento menjadi Hokben.

Aku pun menyempatkan diri untuk mengelilingi ruangan yang di Hokben yang bertempat di Jalan Kaliurang, Jogja. Siang ini Hokben Jakal cukup ramai. Akhir pekan memang menjadi waktu yang tepat bagi tiap orang menikmati akhir pekan dengan makan bersama. Tiap sudut kursi dan meja sudah dipenuhi oleh pengunjung, sedangkan di sisi lainnya tulisan “reserved” sudah terpampang di beberapa meja.
Suasana di dalam Hokben Jakal, Jogja
Suasana di dalam Hokben Jakal, Jogja
Suasana di dalam Hokben Jakal, Jogja
Tak hanya itu, lalu-lalang para pegawai dengan pakaian yang cukup kasual dan santai menjadi pemandangan tersendiri. Mereka tak segan-segan menyapa kami yang sedang asik mengikuti acara Hokben Halal di ruangan khusus. Ruangan tersebut sebenarnya digunakan untuk anak-anak yang merayakan ulang tahun di Hokben. Bagi kalian yang ingin menikmati Hokben, ada banyak paket yang bisa diipilih. Salah satunya adalah paket “Omiyage Hokben”. Paket ini bisa kita makan barengan teman, ada paket untuk empat orang  dan paket enam orang. Cukup sesuai kantung anak kos. Jadi tak perlu khawatir kalau bingung mau makan di sini bareng teman banyak. Kita bisa memilih menu yang sudah tersediakan.
Restoran Halal Hokben
FB: Hoka-Hoka Bento
Ig: HokBen_ID
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

18 komentar :

  1. Replies
    1. Jangan makan mbak, ntar kenyang. hahhahahha

      Delete
  2. Asyik ada ruangan khusus buat yang ulangtaun. Nungguin yang sebentar lagi ulangtaun :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau mbak Dwi Ulang Tahun ke sini :-D

      Delete
  3. Alhamdulillah, HokBen favorit bangggeett dech klo lagi keluar kota, , ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mbak, banyak gerainya jadi aman kalau ke luar kota :-D

      Delete
  4. Waw, sekelas hokben ada menu pas untuk yang masih kos. Pengin deh

    ReplyDelete
  5. aaaak, hokben, selama ramadan ini, aku belum pernah buka di resto.. *gak ada yg nanya*, hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agendakan mbak hahhahhaa, kalo perlu aku diajak ahhahahha

      Delete
  6. HokBen tempat fast food yang murah sekarang makin terpercaya. Enak nasinya hokben

    ReplyDelete
  7. ga pernah bosen makan hokben ;) tp di antara semua menunya, yg ga bisa dikalahi itu salad wortel dan lobaknya mas :D.. belum ada yg seenak hokben ;p.. aku yg benci ama wortel aja bisa terhila2 ama salad nya itu.. malah kdg pesen seporsi supaya puas ;p

    ReplyDelete
  8. asik jadi tenang nih makan di hokben krn udah bersertifikat halal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi aman kalau ke mana-mana mas. Tinggal mampir dan menunya juga beragam

      Delete