Arti Setiap Tetesan Air Hujan - Nasirullah Sitam

Arti Setiap Tetesan Air Hujan

Share This
Banyak makna saat hujan turun
Banyak makna tiap hujan turun (sumber gambar: http://www.iwallscreen.com/)
Apa yang ada dalam benak kalian tentang hujan? Mungkin bagi sebagian besar dari kita selalu mengatakan bahwa air hujan itu turun karena mereka sudah terlalu rindu untuk terjun dan mengempaskan dirinya pada tanah. Ataukah karena air hujan mendengar teriakan dari bawah kalau bumi ini rindu siraman air yang begitu menyejukkan tanah tandus.

Aku terdiam saat melihat hujan dari teras kamar dengan sebuah senyuman indah. Di antara tetesan air hujan itu terukir wajahmu yang memesona. Aku bisa melihat hasil karya lukisan indah wajahmu mengalahkan lukisan “Monalisa karya Leonardo Da Vinci". Serta aku bisa membaca tulisan alami yang mengalahkan kumpulan syair indah hasil karya Kahlil Gibran dari setiap tetesan air ini.

 Apakah ini arti tetesan air hujan bagiku?
Kurangkai setiap kalimat pada secarik kertas kecil untuk menciptakan suatu cerita indah. Entah kenapa tiba-tiba menyeruak  dipikiranku tersusun kata “Tetesan Air Hujan”. Ditemani gemericik air yang setia menyirami bumi ini, aku lanjutkan menulis apa saja yang terekam dalam pikiranku.

Aku terus menulis dan menulis, tanpa memikirkan tulisan ini nantinya seperti apa hasilnya. Ditemani tetesan air hujan aku bisa merasakan dinginnya embusan angin dari arah tenggara. Menerpa badan hingga rasa dingin yang mendalam. Aku menggigil saat itu, tapi aku tak menghentikan tangan yang terus menulis.
Akankah cinta rasa rindu ini bak laksana air hujan? Suatu hal yang indah jika semua bisa merasakan rasa rindu tetesan air hujan untuk sepetak tanah nan gersang. Seakan-akan mereka bisa menghilangkan dahaga selama bertahun-tahun di bawah teriknya sengatan mentari. 

Aku ingin seperti tetesan air hujan bagi jiwa yang di dalamnya terukir namamu. Aku ingin membuatnya kembali merasakan kesejukan yang mendalam di antara hati yang gersang. Aku ingin bisa membuat dia merasakan rinduku. Tentunya aku ingin dia bisa merasakan semua yang terasa hatiku.
Jika sebuah tetesan air hujan bisa melepaskan rasa rindu sebidang tanah yang gersang selama bertahun-tahun. Aku percaya dengan rasa cintaku yang utuh, aku bisa membuatmu bahagia. Dan tidak mustahil lukisan yang tercipta dari tetesan air hujan membentuk wajahmu yang ceria dan memesona itu akan benar-benar terjadi. 

Hujan membuatku bisa belajar tentang arti kerinduan.
Mulai sekarang, kunikmati rintikan gerimis hujan. Kan selalu teringat arti sebuah kerinduan. Aku selalu melihat wajahmu di aliran air hujan, dan kudengar suara lirihmu dari tiap tetesannya. Kupastikan bahwa aku, kamu, dan dia bisa membaca syair indah dari susunan air yang mengalir selama hujan tak berhenti.

2 komentar:

  1. saya men search arti air hujan, dan blog ini muncul, tolong tulis beberapa lagi tentang air hujan, saya rasa tulisan ini bagus, apalagi kalau ada cerpennya, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya mbak Pradita Urmila, Insya Allah saya akan tambah lagi. Ini sedang mengumpulkan ide :)

      Hapus

Pages