Dariku, Untukmu (Sahabatku)

Sebelum aku menuliskan tulisan ini, aku ingin kalian membaca, mendengarkan, dan memahami lirik lagu ini agar nanti kamu tahu apa yang ingin aku tuliskan untukmu.

The Beatles - You'll Never Walk Alone

When you walk through a storm
Keep your chin up high
And don't be afraid of the dark.
At the end of the storm
Is a golden sky
And the sweet silver song of a lark.

Walk on through the wind,
Walk on through the rain,
Tho' your dreams be tossed and blown. Walk on, walk on
With hope in your heart
And you'll never walk alone,
You'll never walk alone.

Jika kamu adalah pecinta klub sepakbola LIVERPOOL FC, mungkin lagu ini tidak akan asing ditelingamu. Karena setiap Liverpool main di Anfield Stadium, lagu ini pasti berkumandang dengan keras sehingga membuat orang yang mendengarkannya akan sedikit gemetaran.

Tepat tanggal 15 Maret 2013 ini, Liverpool merayakan ulang tahunnya (2 tahun sekali merayakan tanggal 15 ini untuk menghormati sejarah klub). Tapi aku tidak akan menulis tentang LIVERPOOL ataupun bola, melainkan makna lagu “Gerry & The Pacemakers – You’ll Never Walk Alone” ini untuk menenangkan hati sahabatku yang sedang dilanda kegelisahan mendalam.

Aku tahu, akhir-akhir ini terlalu banyak masalah yang melanda kamu atau kalian (lebih dari satu orang). Aku sebagai sahabatmu akan berusaha untuk ikut terlarut dalam masalahmu agar kita dapat mencari solusi bersama, dan agar kamu tidak terasa terbebani sendiri oleh masalah itu. Aku hanya ingin kamu tahu bahwa ada aku yang setia menemanimu disaat kamu sedang terundung masalah kompleks.

Dari sini, kenapa diatas ini aku tuliskan lirik lagu You’ll Never Walk Alone agar kamu tahu bahwa dalam situasi apapun, yakinlah kalau dirimu itu tidak sedang berjalan sendirian. Namun ada aku, ada mereka, dan yang pasti ada TUHAN yang selalu menyertaimu.

Aku ingin mengambil salah kutipan dari pelatih LIVERPOOL, yakni dari Bill Shankly yang terkenal adalah If you can’t support us when we lose or draw , don’t support us when we win”.  Jika kita artikan dengan bahasa Indonesia secara gamblang adalah seperti ini Jika kamu tidak mendukung ketika kami kalah atau seri, maka jangan kalian dukung kami disaat kami menang”.

Dari sini aku dapat memahami bahwa kutipan dari Bill Shankly itu dapat aku terapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai manusia yang berinteraksi sosial. Aku jadi bisa memahami bahwa kutipan itu sangat berharga bagiku sebagai sahabat kalian. Akan aku ubah sedikit kutipan itu dengan versiku tanpa mengubah makna dari kutipan itu sendiri Jika kamu tidak menemaniku disaat aku sedih ataupun gelisah, maka jangan pernah menemaniku disaat aku sedang bahagia”.

 Benar atau tidak sahabat? Entahlah aku tidak tahu apakah ini hanya imajinasiku yang menggabungkan lagu dan kutipan terhebat sepanjang masa untuk LIVERPOOL ini bisa aku pakai dikehidupanku sehari-hari sebagai sahabatmu. Mungkin aku ingin bilang bahwa itu hanya kebetulan semata, tapi kita harus paham bahwa tidak ada yang kebetulan didunia ini. Semua sudah ada yang mengaturnya, dan TUHAN lah yang telah mengatur ini semua.

Aku hanya ingin berkata padamu “….Aku tahu semua tentangmu, semua tentang masalahmu, tapi aku tidak punya hak sedikitpun untuk mengatakan kepada siapapun, bahkan ada rasa kalau aku ini takut menyinpan semuanya dalam otakku….”.

Aku tahu walau aku hanya terdiam mendengarkan ceritamu, dan aku berusaha untuk tidak mengatakan kepada siapapun tapi kamu tahu yang ada dibenakku. Aku hanya ingin kamu bisa kembali seperti dulu lagi. Melupakan semua masalah yang terlalu pelik dan menguras tenaga serta pikiran. Aku hanya berusaha untuk menjadi sahabat yang memahamimu dengan sedikit cara.

Tertegun aku mendengar jawaban dari salah satu sahabatku tentang masalahnya, tentang semua yang ada dipikirannya dengan berkata “…. Aku ikhlas menerima apaun resikonya, ingin aku menghilangkan semua ini dengan cepat dan tidak menyakiti siapapun….”.

Dari jawabannya ini, aku sadar bahwa setiap masalah yang terjadi pada kita ini merupakan suatu pembelajaran diri. Belajar untuk menjadi lebih dewasa, belajar untuk menjadi lebih bijak, dan belajar untuk memahami arti sebuah kehidupan.

TUHAN akan memberikan kita ujian, disaat kita berdoa “TUHAN…. Jauhkanlah kami dari setiap masalah….

Mungkin tulisan ini bisa membuat kamu sedikit termotivasi untuk kembali ceria (jika membacanya), dan mungkin tulisan ini adalah sedikit caraku (sebagai sahabatmu) untuk mengingatkan dirimu bahwa didunia ini kamu tidak berjalan sendirian.
Baca juga postingan sebelumnya 
Kesabaran dan Kesetiaan
Arti Tetesan Air Hujan Part II
Ketika Terabaikan
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 komentar :