Pantai Jogan dan Grojogan Manten: Keunikan Air Terjun yang Menyatu dengan Air Laut

Masih disekitaran Gunungkidul tempat aku blusukan, kali ini yang aku tulis adalah pantai Jogan. Pantai ini ada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Untuk membantu mengetahui pantai ini tidak ada salahnya aku tambahkan referensi yang aku dapatkan dari Google mengenai pantai Jogan. Silakan cek disini Wisata Yogyakarta ataupun disini detikTravel Community

Pantai ini berdekatan dengan pantai Siung, dan kira-kira berjarak 250 meter dari pantai Siung, jadi pantai ini kita lewati dulu kalau kita menuju pantai Siung (rute dari tepus atau pantai Baron), untuk biaya masuk kita mengikuti TPR wilayah pantai Siung. Jadi nanti kalian mendapatkan tiket/karcis tulisan pantai Siung.

Pantai Jogan? Apa yang ada dalam pikiran kalian tentang pantai ini? Jangan berpikiran pantai ini mirip dengan Indrayanti atau lainnya yang berhamburan pasir. Dan dipantai ini ada keunikan yang aku pasti kalian akan mengagumi keindahan ciptaan TUHAN ini.

Lokasi pantai ini ada dikanan jalan, lumayan sudah ada palangan yang bertuliskan pantai Jogan dikanan jalan. Jadi harus teliti kalau mau melihat biar tidak kebablasan sampai pantai Siung. Jalanan kearah pantai ini sudah lebih bagus daripada arah ke pantai Timang, atau miriplah dengan arah kepantai Pok Tunggal, cek disini: Pantai pok Tunggal "Keindahan yang Tersembunyi"
Papan petunjuk arah ke pantai Jogan
Papan petunjuk arah ke pantai Jogan
Pantai jogan ini mempunyai keunikan daripada pantai-pantai lain disekitarannya, hal ini dikarenakan ada air terjun yang tingginya sekitar 10 meteran. Air terjun ini disebut oleh warga dengan nama “Grojogan Manten” kalau bahasa Indonesianya adalah Air Terjun Pengantin, mirip judul film kan? Air terjun? Pantai dengan ada air terjunnya? Untuk menikmati air terjun ini, kalian harus menuruni jalanan yang lumayan ekstrim. Jadi harus bener-bener ekstra hati-hati dan siap mental agar dapat melewatinya dengan selamat. Selain itu bebatuan yang ada dibawah air terjun ini agak licin, jadi bisa dipastikan kalau tidak hati-hati kalian dapat terpeleset disini.  Kalau tidak percaya lihat aja gambar ini.
Tuh belakangnya Air Terjun "Grojogan Manten"
Tuh belakangnya Air Terjun "Grojogan Manten"
Menikmati tetesan air
Nasirullah Sitam
Pantai ini fasilitasnya sangat minim, hanya ada 2 kamar mandi, satu ruang untuk Musholla, dan sebuah Warung untuk amunisi perut. Aku anjurkan sih kalau kesini mendingan bawa amunisi makanan yang banyak biar aman. Kalau aku kesini dua kali makannya selalu dipantai Siung. Heehhe.

Kalian dapat menikmati hempasan air terjun ini dengan tenang, merasakan keindahan TUHAN yang tiada tara. Aku yakin, ketika kalian kepantai ini, kalian akan melepaskan segala beban ataupun kegalauan yang ada dalam pikiranmu.

Indah bukan lokasinya, aku pastikan disini kalian akan mendengarkan lantunan lagu alam (suara air terjun dan ombak laut) yang sangat menenangkan hati yang galau, karena selama 2 kali aku kesini pastinya aku menemani teman-temanku yang sedang galau. Aku tidak menyangka bisa kesini untuk kedua kalinya selama selang 2 mingguan. Awalnya tanggal 2 Maret 2013 dilanjut tanggal 12 Maret 2013 dengan orang berbeda (hanya 1 orang yang sama).

Sebaiknya ketika kalian menuju pantai Jogan ini, ada baiknya kalian menikmati air terjunnya saja. Karena lokasi pantai ini tidaklah berhamparan pasir, namun bebatuan dan karang yang menghiasi sepanjang pantai ini. Selain menikmati air terjun, kalian bisa berenang (pada saat air tenang) ataupun menaiki bukit samping air terjun untuk melihat keindahan lainnya.
Terjun bebas tanpa gaya pantai Jogan
Terjun bebas tanpa gaya pantai Jogan
Ritualku, berdoa dan berharap akan tetap bisa menikmati alam
Memandang lepas pantai dari atas bukit Pantai Jogan
Memandang lepas pantai dari atas bukit Pantai Jogan
Aku tidak tahu, ada apa dengan pantai Jogan ini, bagiku untuk kedua kalinya aku menuju pantai ini terasa sangat menenangkan hati. Pantai yang sunyi, dapat memberikan banyak inspirasi untuk melakukan sesuatu. Dan yang jelas, pantai ini dapat membuat kita kembali “Move On” hehhehe.

Untuk sampai ke pantai ini kita tidak terlalu banyak merogoh kocek yang dalam. Pengalamku dipantai ini kita merogok kocek sedikit kok. Ini rinciannya:
Ø  TPR Masuk IDR 3K/Orang (Masuk melalui pintu Pantai Siung)
Ø  Parkir IDR 5K (Mobil) IDR 2K (Motor)
Ø  Kamar Mandi IDR 2K (mandi dll)

Kalau aku pas kesini sih aman, berhubung diajak teman-teman yang galau. Jadi bisa dipastikan dibayari oleh mereka yang sedang galau heehhe.
Baca juga postingan yang terkait Pantai Pok Tunggal “Keindahan yang tersembunyi”
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

10 komentar :

  1. wah keren banget pantainya. terima kasih udah dikasih refrensi oke

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih udah dibaca :)
      Oke, semoga pantai ini bisa lebih terkenal lagi :)

      Delete
  2. wah mas sitam memanfaatkan kegalauan temenya biar digratisi..hebat lanjutkan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. MOoooNn: inilah hebatnya aku :)
      Ini ada satu spot lagi yg mau q posting :)

      Delete
  3. Salam

    Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia2.blogspot.com

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. mantap, berbagi juga dengan kami ya, di ser-bu.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. aku bnr2 penasaran, ada brp pantai sebenrnya daerah gunkid ini :D? bnyk bgt kayaknya ya mas... tp semuanya cakep2 ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 2 pantai yg ada air terjunnya didekat laut adalah Jogan dan Seruni, sedangkan yg ada pulau batu namanya Pantai Timang. Indah banget Gunungkidul :-)

      Delete
  6. Pantai jogan termasuk obyek wisata pantai yang masih baru di kabupaten gunung kidul, gunungkidul kaya akan potensi wisata pantai yang indah, termasuk pantai ini, bagi kamu yg ingin ke sini wajib hati hati karna jalan mnuju pantai jogan agak sempit dan naik turun khas jalan di pegunungan. :)

    ReplyDelete