Candi Abang: Gowes Menuju Bukit atau Candi?

Sabtu 06-04-2013 kami mempunyai agenda untuk gowes. Dan rute yang kami pilih adalah menuju lokasi yang disebut dengan Candi Abang. Lokasinya ada di Dusun Candiabang, Kelurahan Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman, Yogyakarta. Dan ini adalah rute yang kami lewati, lumayan jauh bukan?
Rute yang kami tempuh
Rute yang kami tempuh
Kami melakukan perjalanan kurang dari 1 jam, walau sempat nyasar jalan. Setelah bertanya kepada beberapa siswa yang berangkat sekolah dan dipertegas oleh jawaban beberapa penduduk akhirnya kami yakin dan bisa menemukan jalanan menuju Candi Abang. Sayang sekali, untuk menuju kelokasi ini tidak ada petunjuk jalannya.

Setelah naik, kami akhirnya melewati jalanan yang ekstrim, bebatuan setapak dan saya berpikir apa mampu sepedaku ini untuk melewatinya. Dengan mantap akhirnya sepeda kami sanggup melahap jalanannya. Yang pasti selain kotor sepeda ini wajib diservis setelah dari lokasi ini.
Jalanan terjal
Jalanan terjal
Jalanan terjal
Dengan semangat tinggi akhirnya kami bisa mencapai lokasinya. Saya pastikan, kalian akan takjub dengan sebuah bukit ini. Awalnya aku berpikiran bahwa lokasi yang adalah sebuah candi, tapi menurut teman ternyata lokasi ini adalah bukit yang dibawahnya sebuah candi masih terkubur. Sangat indah dan jangan sampai lupa untuk mengabadikannya. Saya pun sempat untuk mengabadikan beberapa moment saat kami naik, diatas, maupun saat menuruni bukit ini. Walau pakai hp butut tapi kalian tetap bisa melihat keindahannya kan?
Menuju puncak bukit
Menuju puncak bukit
Dipuncak bukit abang
Dipuncak Candi Abang
Mirip Walpaper Windows XP
Mirip Walpaper Windows XP
Ada yang unik di Candi Abang ini. Kalau dilihat sekilas bukit kecil ini mirip gambar yang tidak asing kita lihat dikomputer atau laptop yang menggunakan Windows XP. Ada yang tahu? Kalau kita lihat seksama, ini tempat mirip banget dengan wallpaper Windows XP yang bukit kecil dengan rumput terhampar luas diatasnya. Mirip kan?

Dipuncak bukit abang
Dipuncak bukit abang
Menuruni bukit
Menuruni bukit
Lokasi ini adalah opsi lain kepada para pecinta sepeda (gowes) untuk refreshing. Rute yang bagus dan lokasi yang menyenangkan. Tidak ada salahnya untuk kalian coba, rasakan sensasi jalanan setapaknya dan nikmati keindahan alamnya. Saya yakin kalian pasti disuguhi keindahan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Setelah puas dibukit candi abang ini, kami langsung melanjutkan perjalanan untuk pulang. Rencananya mau pulang melalui jalan solo. Itu artinya kami akan melewati jalan di dekat Candi Prambanan. Sebuah perjalanan yang menyenangkan untuk 3 orang seperti kami. Aku bilang kepada kedua temanku “Setidaknya kita sekarang sedang berlibur”.
Baca postingan sebelumnya Gowes Menuju Makam Imogiri
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 komentar :

  1. wah cakep, apalagi yg postingannya mas yg berburu sunset :|
    tapi masih nggak ngerti jalannya tuh mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heee, pokoknya dari Blok O ambil arah berbah, sampai ketemu lapangan AAU lurus aja terus. Perempatan yang lurus ada gapura masuk aja nanti sampai :-) Lebih enak lagi tanya warga setempat :-D

      Delete
    2. blok O itu mana mas :|
      itu yang perempatan yang ada patung garuda atau apa itu ya mas?
      ke arah museum dirgantara?

      Delete
    3. Blok O itu ringroad yg perempatan kalo belok kanan je JEC dia belok kiri mas :-D

      Delete