Pameran Lukisan di Perpustakaan, Apa Ada?

Kalau kamu adalah mahasiswa UIN Jogja atau pengunjung lain yang sedang mengunjungi perpustakaan, mungkin ada sedikit hal yang berbeda saat kamu memasuki perpustakaan. Ada banyak lukisan yang terpajang dilantai dua dan tiga. Sedangkan dilantai dasar ada replika susunan buku. Sayang replika yang dilantai pertama luput dari cepretan hpku. Padahal kata salah satu dosenku (waktu aku kuliah) patung itu adalah simbol “Integrasi interkoneksi”.

Sudahlah, tidak perlu disesali nggak sempat mengabadikan replika dilantai satu. Setidaknya penyesalanku bisa terobati dengan lukisan-lukisan yang ada dilantai dua. Iseng-iseng aku hitung, mungkin jumlahnya ada sekitar 12 buah lukisan (kalau nggak salah). Pokoknya sementara ini kalau kamu masuk perpustakaan nggak usah kaget kalau yang berjejeran nggak cuma rak buku, tetapi juga lukisan-lukisan.
Lukisan-lukisan dilantai 2 Perpustakaan UIN Yogyakarta
Lukisan-lukisan dilantai 2 Perpustakaan UIN Yogyakarta
Dari berbagai informasi yang aku dapatkan, ternyata semua lukisan ini adalah hasil karya salah satu dosen Fakultas Ushuluddin. Beliau meminta izin untuk memajang lukisannya di perpustakaan agar dapat dinikmati pengunjung. Jadi kalau kamu itu pecinta seni lukis, nggak ada salahnya untuk mengunjungi perpustakaan UIN Jogja sekarang ini. jadi kamu nggak perlu jauh-jauh ke galeri atau museum untuk menikmati hasil dari coretan kuas. Kayaknya pameran lukisan ini berlangsung sekitar 1 bulan (sampai akhir Oktober 2013).

Benar saja, beberapa pengunjung perpustakaan terlihat antusias melihat-lihat lukisan tersebut. Cukup bermanfaat lukisan itu terpajang dilantai dua, karena pengunjung yang sedang menunggu fotocopi ada aktifitas lain dengan melihat lukisan-lukisan tersebut. Aku sendiri tidak menyia-nyiakan kesempatan ini, aku sengaja mengamati satu-persatu lukisan ini sampai puas. Setelah lantai dua selesai aku lihat semua, aku beranjak kelantai tiga.

Sampai dilantai tiga perpustakaan, ternyata ada lebih banyak lagi lukisan yang dipajang. Aku kembali mengamati satu-persatu lukisan, sesekali aku menyempatkan diri membantu mahasiswa baru (mungkin) yang masih canggung dan kurang paham dengan layanan peminjaman mandiri diperpustakaan. Malahan ada yang mengira kalau aku adalah staf perpustakaan disini, jadi aku dimintai tolong dua orang mahasiswa untuk mencari beberapa buku yang ada dilantai empat.
Lukisan dilantai 3 Perpustakaan
Lukisan dilantai 3 Perpustakaan
Aku sempat mengabadikan beberapa lukisan yang terpajang, ternyata ide untuk memajang hasil lukisan diperpustakaan ini cukup inspiratif. Ini menandakan kalau perpustakaan itu bukan hanya sekedar untuk tempat peminjaman buku saja. Ada beberapa perpustakaan yang melakukan acara nonton film bareng diperpustakaan (mirip XXI/21 Cinema). Dan beberapa bulan yang lalu, perpustakaan UIN Jogja ini juga mengadakan pameran Literasi dilantai satu perpustakaan.

Semoga kedepannya perpustakaan bisa lebih inovatif lagi agar pemustaka semakin bersemangat untuk mengunjungi perpustakaan. Kegiatan-kegiatan seperti ini tidak akan mengubah citra perpustakaan sebagai fasilitas pendidikan, tapi kegiatan ini adalah gebrakan yang membuat perpustakaan semakin menyatu dengan kita semua. 
Baca juga postingan yang lain Ada KAKI Nyebar Brosur di Malioboro
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment