Sumpah Sepeda “Sego Segawe” Yogyakarta

Yogyakarta pada hari Minggu 27 Oktober 2013 malam ada acara besar bagi pesepeda. Acara tersebut adalah mengembalikan kebangkitan “Sego Segawe” Sepeda kanggo sekolah lan nyambut gawe (Sepeda digunakan untuk sekolah dan bekerja).
Pesepeda melaukuan ikrar Sepeda
Pesepeda melaukuan ikrar Sepeda
Salah satu komunitas sepeda
Salah satu komunitas sepeda
Pada acara tersebut dihadiri langsung oleh bapak Sego Segawe Herry Zudianto. Beliau memimpin acara melaui Museum Perjuangan – XT Square – SGM – Timoho – Tugu – KM 0. Sesampai di KM Nol langsung dilanjutkan dengan peletakan replika sepeda disamping tugu kaki Jogja. Setelah itu dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Sumpah Sepeda. Adapun isi sumpah sepeda tersebut adalah;
Ikrar Sepeda
1.      Kami pesepedaYogyakarta kembali bangkit bersama untuk menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi pilihan.
2.      Kami pesepeda Yogyakarta selalu menjunjung tinggi toleransi antar pesepeda demi tercipta dalam keselarasan seni budaya.
3.      SEGO SEGAWE telah menjadi spirit yang sesungguhnya.
4.      Bersepeda menjadi tolak ukur peradaban yang bermanfaat untuk bangsa dan Negara.
5.      Mengembalikan, mengajak, dan menjaga Yogyakarta kembali bersepeda untuk semakin istimewa.
6.      Melestarikan, membangun, mengisi mengkoreksi Yogyakarta dengan cara sederhana bersepeda.
7.      Tercipta keserasian, kebersamaan tinggi dalam berbagai elemen masyarakat berbudaya dalam kebangkitan SEGO SEGAWE

Yogyakarta, Minggu 27 Oktober 2013

Pesepeda Daerah Istimewa Yogyakarta
Itulah bunyi Sumpah sepeda yang dilakukan oleh semua komunitas sepeda. Semoga tidak hanya di Yogyakarta saja sumpah sepeda ini dilakukan. Akan tetapi dikota-kota lain yang sekarang sedang terkena permasalahan kemacetan, polusi dan lainnya. 
Baca juga postingan yang lain Napak Tilas di Museum Soeharto
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment