Melihat Rusa di Kompleks Candi Prambanan

Berwisata itu tidak harus jauh-jauh dan berlama-lama. Apalagi seperti aku dan beberapa temanku. Saat kami menyusuri candi Prambanan, ada pemandangan unik yang aku lihat dikawasan tersebut. Beberapa kumpulan keluarga kecil sedang asyik bermain ditepian pagar. Aku dan teman-temanku pun penasaran, apa yang mereka lakukan.

Wah ternyata dikawasan candi prambanan ada banyak Rusa. Ini adalah Rusa Tutul, dan ketika aku cari berbagai informasi ternyata kawanan Rusa ini didatangkan langsung dari Instana Bogor. Awalnya dihuni 12 rusa, tapi kali ini kayaknya udah banyak deh. Aku memang nggak sempat menghitung, tapi saat aku kesini banyak banget rusanya. Lumayan liburan gratis liat-liat rusa, serasa dikebun binatang.
Rusa di prambanan
Rusa di prambanan
Rusa di prambanan
Rusa di kompleks Candi prambanan
Adanya penangkaran rusa ini sangat bermanfaat bagi warga sekitar dan wisatawan yang mengunjungi Candi Prambanan. Disini masyarakat setempat bisa menjadikan penangkaran ini sebagai objek wisata alternatif, gratis pula. Mereka bisa memberi makan rusa-rusa atau sekedar mengambil fotonya. Banyak banget sih warga sekitar yang mengajak anaknya untuk melihat-lihat rusa ini.
Warga setempat memberi makan rusa tutul
Warga setempat memberi makan rusa tutul
Tuh kan bener, tidak perlu mahal-mahal kalau untuk berwisata (orang seperti aku). Niatnya hanya gowes nyusur candi akhirnya dapat bonus liat Rusa-rusa  tutul yang banyak ini. Kalau boleh aku bilang sih, ini namanya nggak ada tikar, akarpun jadi. Niatnya mau masuk candi Prambanan, tapi karena hanya membawa uang pas-pasan, eh pas banget malahan jadi candi Prambanan hanya cukup melihat dari luar yang penting bisa melihat rusa-rusa ini.

Ini bisa jadi tempat wisata alternatif bagi para pesepeda yang biasanya gowes bareng keluarga, atau mungkin bagi kalian yang tidak sengaja lewat daerah sini, kalian bisa melihat rusa-rusa yang imut itu sambil ngasih makan. Lumayan kan, ada kalanya berwisata itu harus ngirit bahkan gratis (ini hanya pendapatku sih) heeee. 
Baca juga postingan yang lain Edisi Bali (6-1) – Belanja di Joger dan Krisna
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 komentar :

  1. Kayak rusa yang seperti di seputar lembah ugm itu ya. Salah satu cara mengasuh anak kecil supaya kalau disuapin makanan gampang, hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar bang, ini seperti yang ada di lembah. hanya saja lebih banyak :-)
      Besok kalau nyuapin anak kecil sambil liatin ke rusa juga heheheh

      Delete
  2. oh br tau bisa lihat rusanya tanpa masuk ke kompleks prambananx y mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak masuk mbak, tepat pertigaan lampu merah setelah komplek Candi belok kiri dari arah Jogja :-)

      Delete