Mengajak Siswa Untuk Gemar Membaca

Sekolah adalah masa-masa dimana kita dituntut untuk menguasai mata pelajaran, mulai dari yang kita senangi sampai mata pelajaran yang mungkin kita benci sekalipun. Kita berbaur menjadi satu untuk menyerap semampu kita dari apa yang guru berikan. Walau kadang apa yang beliau berikan tidak sepenuhnya bisa kita pahami semuanya.

Kali ini aku dan beberapa temanku dari organisasi Association of Library University Students (ALUS) melakukan pembinaan minat baca. Program sosialisasi Minat Baca ini akan diselenggarakan di MTs Negeri Seyegan, Sleman pada sabtu tanggal 11 April 2009, ini adalah sekolah pertama yang aku kunjungi selama ikut di organisasi ini. ALUS adalah salah satu organisasi yang ada disalah satu universitas di Yogyakarta. Organisasi ini hanya membidang seputaran Ilmu Perpustakaan.

Disekolah ini aku mendapatkan tugas untuk memberikan sosialisasi minat baca, disini kami menjelaskan apa itu membaca, manfaatnya apa, dan bagaimana siswa itu bisa suka membaca. Agak susah memang kalau presentasi didepan kelas. Akhirnya aku menyisipkan beberapa permainan untuk membuat mereka tidak jenuh. Walau kami bukan guru, hanya calon pustakawan tapi saat itu kami bisa memposisikan seperti layaknya seorang guru.
Pembinaan minat baca
Memberi motivasi dikelas
Target kami waktu itu adalah membuat siswa mulai gemar membaca, mulai mengenal perpustakaan dan mau membaca buku-buku yang ada diperpustakaan. Nggak seru juga kan lihat perpustakaan sepi dan siswa jarang mau masuk. Berbagai reaksi yang siswa perlihatkan saat kami disana. Ada yang antusias, ada yang biasa saja, ada pula yang ogah-ogahan. Apalagi aku dapat jatah kelas VIII, wah pokoknya seru deh.
Suasana kelasku ramai banget
Suasana kelasku ramai banget
Setelah menjelaskan dengan materi banyak, akhirnya pada akhirnya aku memberikan sedikit pesan bagi mereka. “Sempatkan untukmu untuk membaca setidaknya 10 menit dalam 24jam, aku yakin kedepannya kalian bisa menyempatkan waktu untuk membaca lebih banyak lagi”
Foto bareng dulu
Sebuah pengalaman yang cukup menantang, menyenangkan dan juga ingin mengulangi lagi. Apa yang kami lakukan memang tidaklah besar, tapi kami semua berharap setidaknya dari hal yang kecil ini pada nantinya akan ada manfaatnya. Kami hanya ingin menyampaikan kepada setiap siwa disana ataupun bagi siapa saja kalau perpustakaan itu adalah salah satu tempat yang terbaik untuk menyerap ilmu, karena disana ada banyak koleksi buku yang mempunyai berbagai informasi. 
Baca juga postingan yang lain Pameran Lukisan di Perpustakaan, Apa Ada?
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar :

  1. macani tulisanmu kegiatane ternyata keren2 mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kegiatan konco-konco saiki malah luweh keren hehehe

      Delete