Bersepeda Menuju Candi Sojiwan, Klaten

Minggu pagi ini aku kembali mengayuh pedal sepeda (gowes) mencari beberapa tempat yang belum pernah aku kunjungi. Kali ini rute blusukan candi aku lanjutkan bersepeda menuju Candi Sojiwan. Candi ini berada dikawasan Kabupaten Klaten, tepatnya di Desa Kebon Dalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah.
Sepeda dijalanan menuju Candi Sojiwan
Sepeda saat didepan candi sojiwan
Sepeda saat didepan candi sojiwan
Untuk menuju ke candi ini cukup mudah. Karena kita bisa melalui jalan raya Yogyakarta–Solo. Sesampai dikawasan candi Prambanan (lampu merah) pertigaan nanti ambil kanan kearah pasar atau jalan arah ke Wonosari. Nanti setelah rel kereta api ada jalan belok kiri. Ikuti jalanan tersebut terus, sekitar 1km dari sana nanti candinya kelihatan. Kalau bingung, silakan tanya masyarakat setempat yang sudah pasti dengan senang hati memberi tahu rutenya.
Daftar buku tamu, keliru ngisi tanggalnya
Candi Sojiwan dari samping
Pemandangan bangunan candi Sojiwan
Pemandangan bangunan candi Sojiwan
Candi Sojiwan atau Candi Sajiwan ini adalah salah satu candi Budha, menurut sejarah candi ini dibangun antara hatun 842 dan 850 Masehi. Di candi Sojiwan ini terdapat banyak relief yang masih terlihat jelas disetiap sudut dinding candi. Candi ini ditemukan oleh Kolonel Colin Mackenzie pada tahun 1813, dan beberapa tahun silam tepatnya tahun 2011 candi Sojiwan ini telah dilakukan pemugaran (Wikipedia).
Salah satu relief di candi Sojiwan
Kumpualn relief dicandi Sojiwan
Kumpualn relief dicandi Sojiwan
Pemandangan candi Sojiwan
Pemandangan candi Sojiwan
Untuk menikmati keindahan candi Sojiwan ini, kita tidak dipungut biaya sedikitpun. Kita cukup masuk dan mengisi daftar hadir saja agar terdata disana. Setelah itu kita tinggal memarkir kendaraan disamping tempat pengisian buku tamu. Disana ada bangunan khusus untuk memarkir kendaraan para pengunjung. Selain itu disamping tempat parkir, ada sebuah papan informasi yang menginformasikan data-data ataupun sejarah tentang candi tersebut. Biasanya setiap candi pasti ada papan informasi/majalah dindingnya.
Mengabadikan didepan candi Sojiwan
Berpose disamping candi Sojiwan
Bersantai dihamparan rumput candi Sojiwan
Menikmati pagi dikawasan Candi Sojiwan
Halaman candi Sojiwan ini cukup luas, jadi sangat asyik untuk tempat bermain keluarga. Dan saat aku kesini, sudah ada beberapa rombongan keluarga yang mengisi waktu libur dengan mengajak keluarganya ke candi ini. Tempatnya pun cukup teduh karena ada sebuah pohon besar yang rindang dan dapat sebagai tempat kita berteduh.
Aku sempat mengabadikan beberapa gambar dan rekaman saat menuju ke candi ini. Bahkan aku juga masuk ke dalam candi yang sangat gelap di dalamnya. Bagaimanapun juga walau memasuki candi ini gratis, tetaplaha da keindahan seni dan budaya yang sangat membuat kita takjub. Aku berharap kita bisa tetap melestarikan situs budaya yang telah dibangun oleh orang-orang pendahulu kita.
Seperti biasa, mungkin kalian tertarik untuk menuju Candi Sojiwan? Mungkin ada baiknya liburan yang hanya beberapa hari sat akhir pekan bias kita manfaatkan untuk melihat candi-candi yang tidak begitu terkenal namanya. Dan tentunya jadilah wisatawan yang airf dengan tidak melakukan apapun hal yang sifatnya dapat merusak keindahan ataupun benda purbakala. 
Baca juga postingan yang terkait
Menikmati Keindahan Candi Plaosan 
Blusukan ke Candi Sari 
Keliling Kota Solo dengan Bersepeda
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment