Gogos; Makanan Sejenis Lemang Suku Bugis di Karimunjawa

Kalau sebelumnya aku sudah mengulas tentang makanan Buras, makanan yang selalu dibuat oleh warga suku Bugis di Karimunjawa. Kali ini aku juga akan membahas salah satu makanan yang juga ada di Karimunjawa. Namanya adalah Gogos. Pernah dengar? Atau malah sudah pernah mencicipinya?

Masih ingat serial kartun anak-anak Ipin Upin yang berteman tentang Lemang? Sebuah makanan khas Melayu yang sudah kita kenal. Dihampir semua Sumatera, Sebagian Kalimantan, dan Sulawesi tentu Lemang menjadi makanan yang sudah dikenali dengan berbagai nama. Begitu pula di Karimunjawa.

Di Karimunjawa namanya adalah Gogos. Makanan ini pertama kali dibuat oleh warga Suku Bugis yang berada di Karimunjawa. Bahan dasarnya adalah ketan hitam, yang dibungkus dengan daun pisang (kayak lontong), kemudian dipanggang/bakar. Gogos tampilannya agak jelek sih saat daun pisangnya dibakar (lha kan dibakar, yang ada ya jelek semua). Tapi kalau sudah masak dan kita buka, wihhhhh luar biasa menggoda untuk dilahap. Kalau ditempat lain biasanya dibakar menggunakan bambu agar daun Pisangnya tidak rusak, tapi di sini langsung dibakar tanpa menggunakan bambu.
Gogos/Lemang ala Karimunjawa
Gogos/Lemang ala Karimunjawa
Gogos/Lemang ala Karimunjawa
Saat kita buka, Gogos terlihat berminyak. Dan kita bisa menikmatinya dengan ikan goreng atau lainnya. Gogos sekarang juga sudah jarang sekali dibuat oleh warga Karimunjawa. Tapi kalau saat menjelang lebaran seperti ini, banyak orang yang membuatnya. Selain Gogos, ada juga namanya Tumbuk. Sayang waktu aku pulang kemarin sempat makan tapi tidak terdokumentasikan.

Jadi kalau kalian ke Karimunjawa tapi di desa Kemujan, khususnya wilayah suku Bugis, kalau lagi lebaran begitu banyak makanan khas yang mereka buat sendiri dan dihidangkan ke tamu-tamunya. Berminat mencicipi makanan semacam Gogos? Kalau berkunjung ke Karimunjawa, coba deh sesekali hunting Gogos dikawasan warga suku Bugis Karimunjawa.
Baca juga postingan yang lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment