Suasana Sunyi di Pantai Legon Waru, Karimunjawa

Tempat kecil tidak selalu identik dengan rasa penat maupun bosan. Tidak jarang sebuah tempat kecil dan tidak luas justru membuat kita nyaman untuk berlama-lama di sana – Nasirullah Sitam”

Sebelumnya menuju pantai di Legon Lele (4 April 2015), aku tertarik untuk berhenti di salah satu pantai kecil antara Legon Lele dengan pantai di Kapuran. Namun aku batalkan dengan alasan mengunjungi pantai terjauh lebih dahulu. Sebagai catatan, di Kapuran, Karimunjawa ada beberapa pantai yang bisa kita kunjungi. Tapi aku sengaja mengambil pantai yang jarang orang kunjungi saja. Ups, baru ingat; di Karimunjawa hampir setiap hotel maupun resort rata-rata akan menyuguhkan sebuah pantai di dalam lingkungannya bagi yang dekat dengan pantai. Namun kali ini pantai-pantai yang masih satu tempat dengan resort belum menarik bagiku, takutnya karena naik sepeda dan tidak bisa puas masuk ke pantai dengan membawa sepeda. Ini hanya sebuah prinsip saja sih, kan niatnya ingin berfoto bareng sepeda di pantai.

Benar saja, sepulang dari pantai Legon Lele, aku langsung menghentikan sepeda tepat dijalanan setapak untuk turun ke pantai. Jarak jalanan dengan pantai sangat dekat, tidak lebih dari 10 meter. Jadi kalau kalian ke Legon Lele, pasti melewati tempat ini. Kuturuni jalan setapak yang terbuat dari bongkahan batu kecil. Tidak terlalu butuh perjuangan melelahkan untuk sampai ke pantai kok, hanya saja jika menaiki sepeda dan menginginkan sepeda sampai di pantai aku harus menggendong sepeda terlebih dahulu. Berjuang sedikit itu hal yang wajar untuk mencapai kepuasan hati. Dari informasi teman yang di Karimunjawa, nama pantai ini adalah Pantai Legon Waru.
Sejuknya pagi disepanjang jalan
Sejuknya pagi disepanjang jalan
Sejuknya pagi disepanjang jalan
Pantai ini mempunyai hamparan pasir yang tidak luas. Pasirnya pun terlihat lebih putih dan lembut. Setiap ujung pantai terdapat bongkahan batu. Ada juga beberapa pohon Pandan yang tumbuh di bagian tengah. Menurutku pantai yang tidak terlalu panjang ini sudah sering dikunjungi oleh orang. Bisa jadi wisatawan atau malah penduduk domestik. Walau tidak terawat dengan baik, namun di salah satu sudut pantai (tepatnya disisi kiri jika kita menghadap ke lautan) terdapat sebuah ayunan sederhana. Ayunan ini terbuat dari seutas tali dan bagian duduknya merupakan papan kecil. Aku yakin suasana pagi di sini tidak kalah serunya untuk memandang sunrise jika hari cerah. Lumayan teduh juga pantai ini, jika dekat dengan rumah; aku rasa pantai ini aku jadikan salah satu tempat favorit untuk bersantai seraya menikmati hembusan angin laut.
Sepi dan masih sangat asri pantainya
Sepi dan masih sangat asri pantainya
Sepi dan masih sangat asri pantainya
Sepi dan masih sangat asri pantainya
Berlama-lama ditepian pantai untuk memanjakan mata yang selalu takjub dengan lautan serta hamparan pasir tentu tidak aku sia-siakan. Memanfaatkan ayunan kecil sederhana untuk aku duduki dan menghela nafas panjang. Melepas lelah sejenak, dan selalu menyukuri segala karunia keindahan-NYA. Menyandingkan sepeda yang menjadi teman setia selama perjalanan, aku mengabadikan beberapa moment di sini. 
Mengabadikan diri di pantai
Mengabadikan diri di pantai 
Walau pantainya pendek, tetaplah pantai itu indah. Letaknya yang tidak jauh dari Karimunjawa dan dapat dijangkau dengan berjalan kaki; mungin menambah rasa ingin berkunjung bagi kalian yang singgah di Karimunjawa. Paling tidak aku tahu diantara pantai Legon Lele dengan pantai Pancuran, Kapuran terdapat sebuah pantai mungil yang tak kalah indah untuk dikunjungi. Sekali lagi, pantai kecil tersebut tidak bayar masuknya. Banyak tempat di Karimunjawa yang masih indah dan belum dikenal oleh banyak orang, mungkin salah satunya pantai ini. Perjalananku pun aku lanjutkan ke target selanjutnya, tujuan utama tetaplah sebuah pantai.
Baca juga postingan yang lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

28 komentar :

  1. Ini indah loh. O_o sayang banget itu jalannya gak kerawat. Kalo disuruh milih ama pantai yang rame, aku kayaknya lebih milih ke sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heee, benar. Seru kalau santai di pantai yg masih sepi :-D

      Delete
    2. tetapi kayaknya itu pantai bukan termasuk sebagai tempat wisata kali ya mas, soalnya pantainya itu seperti lumpur begitu, maksudnya tidak pasir seperti pantai-pantai tamasya lainnya,

      Delete
    3. Pantainya ini putih mbak :-)
      Memang tidak jadi tujuan wisata kok, tapi asyik juga kalo pagi di sini

      Delete
  2. wah sepi syahdu ya mas rullah mantap euyyy... suka sam kaosnya kerenn....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini seru buat hunting view loh mas heee, wah kaosnya ini dikasih sama teman senior pesepeda :-D

      Delete
  3. Mengabadikan diri dengan latar belakang pantai. Yang moto siapa tuh? Masih dengan atribut balap sepeda ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai tripod mini pak, dengan setelan 10 detik heeee. Iya ini sengaja pakai jersey sepeda :-D

      Delete
  4. ko sayah menangkap kesereman ya. jauh banget kayanya dari mana- mana. takut ada hewan buas.
    masih ada hewan buas ga mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heeee, nggak seram kok mas. Karimunjawa nggak ada hewan buas kok :-D

      Delete
  5. mantap nih pantainya, udah pemandangannya bagus bersih lagi bebas sampah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heee, sampahnya kadanga da kalo musim-musim tertentu. kiriman dari laut

      Delete
  6. adeemmm bener deh suasana nya.. jadi pengen ke sana wkwkwkwk

    ReplyDelete
  7. informasinya sangat bermanfaat sekali, semoga sukses, ditunggu ya informasi selanjutnya, terimakasih :) jangan patah semangat yaa !! salam marketing online

    ReplyDelete
  8. keren dan indah banget pantai nya, kayanya kalo buat merenung bagus nih

    ReplyDelete
  9. Ijo bangettttt bikin mata jd swegerr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adem rasanya, udaranya juga masih bersih :-)

      Delete
  10. Pantainya masih perawan ya mas:D Belum ramai juga..... Cocok bgt buat melepas penat nih, sambil nyari ide buat nulis blog.
    Btw, kunjungan pertama nih. Salam kenal ya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mas, emang sangat pas unk bersantai sambil nyari ide nulis..
      Salam kenal

      Delete
  11. Kesukaan saya nih menjelajah ke tempat-tempat yang belum terlalu populer. Find the off-beaten path. Trims mas sudah berbagi, next time ke Karimun Jawa musti coba melipir ke sini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke mas, heee. banyak sudut pantai yg belum terkenal namun tak kalah bagus :-)

      Delete
  12. pantainya indah,sunyi gitu cocok kayaknya buat merenung ya :)

    ReplyDelete
  13. bner mas namanya pantai meskipun pantainya pendek tetap saja indah.hehhehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama seperti pantai disepanjang Gunungkidul, kecil-kecil dan bersambungan :-D

      Delete