Wisata Alternatif di Bukit Love Karimunjawa

Perjalanan kali ini (masih 04 April 2015) aku lanjutkan menuju arah pulang. Dari Dermaga Syahbandar aku menyusuri jalanan melewati Masjid Karimunjawa. Terus lurus melalui tempat bekas pasar Karimunjawa sampai pada pertigaan tempat pemakanan umum. Di sana aku ambil yang lurus untuk menuju arah jalan ke Kemujan. Kalau belok kiri, aku kembali pada jalur tadi pagi yang kulewati saat ke Legon Lele.

Tujuanku kali ini adalah sebuah bukit, namanya Bukit Love. Ada juga yang mengatakan dengan sebutan Bukit Jogotuo; karena di bagian atas ada replika ikan Jogotuo. Aku melewati jalan setapak samping  SD Karimunjawa 03, lokasinya memang tepat di belakang SD ini. waktu masih di depan SD, aku disapa dua orang siswa yang berteriak minta difoto saat aku lewat. Mereka benar-benar peka, waktu aku memotret tulisan plang SD, mereka berdua sadar kamera dan berpose. Walau terlihat kecil, tapi cukup bagus juga posenya. Oya, untuk nama kampungnya; daerah sini bernama Jati Kerep, Karimunjawa.
SD Karimunjawa 03 di Jati Kerep, Karimunjawa
SD Karimunjawa 03 di Jati Kerep, Karimunjawa
SD Karimunjawa 03 di Jati Kerep, Karimunjawa
Bukit Love atau Bukit Jogotuo memang belum terlalu lama dibangun. Tapi cukup menyedihkan karena tempat ini tidak terawat dengan baik. Saat aku sampai di lokasi, banyak tumbuhan liar yang setinggi lutut orang dewasa menutupi sebagian tulisan ini. Juga tumbuhan yang di belakang, menutupi kita untuk menikmati pemandangan laut dari lokasi. Di atas ini, ada lokasi tulang Ikan Jogotuo, tapi aku tidak memaksakan diri untuk menuju atas. Sebenarnya ada hasrat untuk menuju sana, tapi aku sedang menghemat tenaga. Sepanjang perjalanan ke sini, aku hanya menyisakan air mineral. Belum sempat untuk mengisi perut.

Walau ini hanya sebuah bangunan replika tulisan LOVE, tapi bisa jadi menjadi tempat wisata alternatif saat berada di Karimunjawa. Aku pernah mengulas tempat ini beberapa bulan atau malah satu tahun lampau. Jika benar-benar diperhatikan dan dijaga kebersihannya, tidak dipungkiri spot ini bisa seperti Bukit Bintang, Puncak Mbucu, atau malah Puncak Becici Jogja yang dulu sepi dan sekarang ngehit saat aku ulas di blog. Ingin rasanya Bukit Love ini kembali dipugar dan menjadi lebih indah, sehingga tidak terbengkalai seperti sekarang ini. Kita sebenarnya dapat menikmati indahnya senja, melihat sunset tepat dari atas bukit. Bukan suatu hal yang mustahil kalau tempat ini akan digandrungi para fotografer yang ingin mengabadikan keindahan sunset Karimunjawa dari atas bukit.
Bukit Love Karimunjawa
Bukit Love Karimunjawa
Bukit Love Karimunjawa
Seperti yang aku bilang tadi, dari sini pemandangan lautan Karimunjawa dapat terlihat. Hanya saja memang beberapa tumbuhan membuah pemandangan ini agak terhalang. Jadi aku coba sengaja berdiri semen dasar tulisan LOVE agar dapat memandang ke bawah tanpa ada halangan tumbuhan. Terlihat garis teipan pantai seperti berbelok-belok, selain itu juga tampak beberapa pulau dengan jelas. Di tengah-tengah air laut juga terlihat warna yang berbeda sangat mencolok, air laut ada yang terang dan biru gelap. Perbedaan warna air bisa diketahui karena dasar laut tersebut memang dalam, atau dangkal. Ada juga yang mepedakan kalau dasar laut tersebut adalah terumbu karang mapun pasir. Kombinasi warna itu membuat mata ingin terus melihatnya. Tentunya, akan jauh lebih indah kalau kita melihat dari sini pada saat matahari mulai tenggelam. Tentu panorama senja membuat kita berdecak kagum. Kagum akan keindahan yang TUHAN ciptakan.
Pemandangan dari Bukit Love Karimunjawa
Pemandangan dari Bukit Love Karimunjawa
Pemandangan dari Bukit Love Karimunjawa
Harapanku tetap seperti saat aku tulis tadi. Semoga tempat ini tidak terus terbengkalai tanpa ada yang merawat dengan baik. Aku yakin, akan ada banyak wisatawan yang ingin melihat senja dari atas bukit ini. Tempat ini bisa menjadi salah satu landmark yang digandrungi para wisatawan saat berkunjung di Karimunjawa. Seperti halnya Gapura Selamat Datang di Pelabuhan. Semua memang harus melalui proses panjang, tidak serta merta langsung akan menarik daya minat wisata dengan cepat. Jika tempat ini bersolek lebih indah, bukan hal mustahil tempat ini menjadi salah satu lokasi yang selalu dikunjungi wisatawan. Lokasi ini cukup srtategis karena dekat dengan jalan besar, dan tidak jauh dari Karimunjawa.
Baca juga postingan yang lainnya 
Bersepeda, Warung Ijo, dan Pisang Rebus
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

25 komentar :

  1. subhanalloh indah banget. kalo saya yang berdiri disitu seger kayanya. apalagi sambil buka toko di sana kang.

    ReplyDelete
  2. Ngeliat bangunan SD itu kayak pernah kesana deh, tapi gaa tau kapan *emot mikir*
    daaan Subhanallah,, pemandangannya indaaah banget :) terkagum kagum melihat pemandangannya :) ;)

    ReplyDelete
  3. Pemandangan lautnya benar-benar indah mas

    ReplyDelete
  4. harus banyak di promosikan kang. biar makin ramai.
    tempatnya idah banget ya subhananlloh.
    Tinggal nunggu pemodal aja ini pasti bakal rame.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah mudahan anak daerah yang mengusainya. jgn seperti di saya.

      Delete
    2. Semoga bisa lebih baik, mas :-)

      Delete
  5. Tempatnya sekeren nama' bukit love.
    yang datang kesana pasti langsung cinta sama pemandangannya

    ReplyDelete
  6. masyaallah pengen bercinta di tempat itu mas jadinya... mengagumi ciptaan Allah mantap....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bercinta apaan nih maksud'a ? *mikir keras

      Delete
  7. indah sekali ya, kayanya seru kalo rame2 berwisata kesana

    ReplyDelete
  8. Sampai ga bisa berkata apa" lagi mas lihat pemandangan laut dari atas bukit

    ReplyDelete
  9. Bangunan sekolahnya kayak kenal deh :D :p
    Kereeen BGT deh pemandangannya :)

    ReplyDelete
  10. Abis liat pemandangan lautnya jdi pengen liburan ke pantai mas hehe :D

    ReplyDelete
  11. Itu tempat bukit cinta yang di Karimun Jawa ya mas ? he,, he, he,

    ReplyDelete
  12. Wah, itu masih sejuk... langitnya juga cerah. Kemarin Mei 2015 ke sana, depan tulisan LOVE dibabat. Cuaca juga mendung,

    ReplyDelete