Berlibur ke Karimunjawa Tanpa Paketan? Siapa Takut - Nasirullah Sitam

Berlibur ke Karimunjawa Tanpa Paketan? Siapa Takut

Share This
Bermain ke Karimunjawa
Bermain ke Karimunjawa
Berlibur ke Karimunjawa biasanya menjadi impian para pejalan. Mereka rela merogoh kocek lebih dalam agar dapat berlibur ke Karimunjawa. Tidak dapat dipungkiri, makin lama, Karimunjawa menjelma menjadi pulau yang ramai. Masyarakat setempat pun berkreasi, mereka membuka banyak biro paket wisata, atau membangun lahan untuk resort, hotel, ataupun homestay.

Bagi para golongan atas, tidak sulit memilih paket wisata di Karimunjawa. Namun, bagi mereka yang dananya pas-pasan, tentu berpikir bagaimana cara berlibur ke Karimunjawa dengan biaya murah. Perlu diingat, tanpa menggunakan biro paket wisata, ada beberapa kekurangan dan kelebihan yang didapatkan. 

Berikut aku tulis tips ke Karimunjawa tanpa menggunakan biro/paket. Mungkin ide ini bisa kalian tiru. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin berlibur murah ke Karimunjawa tanpa menggunakan biro paket wisata.

Naik Kapal Ekonomi

Sudah tentu, tiket kapal ekonomi jauh lebih murah daripada tiket kapal cepat. Kapal ekonomi biayanya kisaran 95.000 rupiah di tahun 2019. Sementara biaya kapal cepat kisaran 162.000 rupiah. Perjalanan menaiki kapal Ekonomi (Kapal Siginjai) sekitar 5 jam perjalanan, sedangkan kapal cepat hanya berkisar 2 jam perjalanan dari Jepara. 

Kenapa harus naik kapal ekonomi? Simpel saja, selain tiketnya jauh lebih mudah didapatkan, kalian juga bisa membawa kendaraan sendiri ke Karimunjawa. Kalian tinggal datang menjelang subuh, lantas antre di loket.

Untuk mengetahui jadwal kapal penyeberangan ke Karimunjawa atau sebaliknya, kalian bisa melihat jadwal tersebut di Instagramnya ASDP Jepara. Di sana ada keterangan lebih lengkap. Informasi tambahan, untuk tiket kapal Jepara - Karimunjawa harganya sekitar 75 ribu. Untuk kendaraan roda dua harganya hampir sama, sedangnya roda empat lebih mahal; berkisar antara Rp.500ribuan/sekali jalan

Pilih Penginapan Murah

Ada banyak pilihan untuk menginap, mulai dari hotel yang sangat bagus, sampai penginapan yang biasa. Bagi para backpacker; pilihan yang penting ada tempat tidur dan kamar mandi. Di Karimunjawa, kalian bisa memilih penginapan yang relatif harganya murah. Bisa jadi satu kamar join 3 sampai empat orang. 

Di Karimunjawa selama ini belum ada Hostel, jadi penginapan/homestay bisa menjadi pilihan yang terbaik bagi kalian yang datang berombongan dan tidak menggunakan biro. Perlu diingat, penggunaan kamar hanya sebagai tempat tidur dan menyimpan barang, jadi pertimbangkan memilih penginapan yang murah. Kecuali kalian ingin staycation di hotel.

Untuk yang bertanya berapa harga penginapan di Karimunjawa. Kalian dengan mudah bisa mencari informasi pada aplikasi-aplikasi penyedia pemesanan hotel atau penginapan. Tinggal pilih penginapan yang murah. 

Camping/Menginap di Rumah Penduduk 

Kemping? Ya, sepanjang Karimunjawa ada banyak pesisir pantai. kalian bisa memberdayakan untuk mendirikan tenda dengan catatan mencari informasi apakah pantai tersebut boleh digunakan untuk kemping atau tidak. Setahuku, sekarang sudah ada beberapa banyak pantai yang bisa digunakan untuk mendirikan tenda. Jika pun harus membayar, pasti kisaran harganya jauh lebih murah. 

Atau mau coba menginap di rumah warga. Aku pernah membawa teman yang ingin ke Karimunjawa untuk menginap di tempatku. Bila kurang yakin, ini aku cantumkan dua tulisan dari teman yang berbeda (Tulisan Charis & Mba Aryani).
Kangen Ke Karimunjawa - Sipenyugunung (Charis)

Nebeng Kapal Keliling Pulau

Salah satu permasalahan yang agak susah bagi wisatawan yang berkunjung ke Karimunjawa tanpa mengikuti paketan adalah keliling pulau menggunakan kapal. Di dalam paketan, kalian sudah pasti mengikuti jadwal dan fasilitas sudah ditanggung biro.

Bagi yang tidak mengikuti biro dan ingin keliling ke beberapa spot yang terkenal, salah satu caranya adalah dengan nebeng biro yang ingin keliling pulau. Pada satu kelompok biasanya ada 10-15 wisatawan, jika kurang dari itu, kalian bisa coba melobi para pemandu untuk ikut keliling pulau. Biasanya kalian agak mengeluarkan uang yang tidak mahal. Jadi kalian harus benar-benar bisa melobi dengan baik.

Tentukan Tujuan dan Waktu

Hal yang tidak kalah penting ketika ingin libur ke Karimunjawa adalah menentukan tujuan. Jika memang hanya ingin menikmati pantai dan tidak seperti yang biro lakukan, kalian bisa coba mencari-cari lokasi yang akan dituju. Kemudian, kalian juga menentukan berapa waktu untuk berlibur di Karimunjawa.

Tenang saja, setiap sudut Karimunjawa adalah pantai yang indah. Jadi kalian bisa blusukan seharian atau menikmtai seharian di salah satu pantai. Tidak perlu semua seluruh pantai kalian datangi, cukup beberapa pantai saja namun dengan waktu yang lebih lama. Tidak harus terburu-buru karena kejaran jadwal yang padat.

Waktu yang Tepat

Cuaca gelombang di Karimunjawa pada saat-saat tertentu ombaknya besar. Kalian harus benar-benar jeli ketika memutuskan waktu untuk ke Karimunjawa. hukumnya wajib bagi kalian untuk mencari info pada bulan apa ombak yang besar & waktu yang tepat untuk ke Karimunjawa. jangan sampai kalian tidak mengetahui informasi ombak Karimunjawa. Takutnya jika pada musim baratan & timuran (saat ombak besar) kadang kapal tidak berlayar. Jadi secara otomatis rencana kalian yang niatnya hanya seminggu bisa lebih.

Sebagai informasi saja. Biasanya ombak besar di Karimunjawa cenderung pada bulan Desember - Januari serta Juli - Agustus. Informasi lebih lengkap kalian bisa memantau dari BMKG. Kapal akan berlayar jika cuaca membaik, dan sebaliknya. Bulan yang paling bagus ke Karimunjawa adalah Maret - Mei dan September - Oktober.

Demikian sedikit coretan yang mungkin menarik bagi kalian yang ingin ke Karimunjawa tanpa menggunakan paketan. Seperti yang kubilang, tetap ada perbedaan yang mencolok antara ikut paket dan tidak, namun semua tergantung kalian pilih yang mana. Perbedaan plus & minus tersebut tentu sudah kalian pahami. Jadi kapan ke Karimunjawa?

Update harga tiket kapal penyeberangan Jepara-Karimunjawa

Tahun 2019, harga tiket kapal penyeberangan Jepara-Karimunjawa berubah. Ada kenaikan harga tiket dari setiap kapal yang menyeberang. Baik kapal KMP Siginjai maupun kapal cepat. Berikut rincian harga tiket per bulan Mei 2019

Jangan lupa, untuk pembelian tiket lebih baik sudah mempunyai fotocopy identitas sehingga mudah saat ingin memesan. Untuk yang membawa kendaraan, kalian harus mencatat nomor polisi kendaraan tersebut sebagai bukti kendaraan saat membeli tiket kendaraan. Tiket kendaraan dan orang beda-beda.

KMP SIGINJAI
Ekonomi Rp.74.500 - Rp.94.500
VIP: Belum ada rilis, kemungkinan Rp.120.000
Tiket Motor berkisar Rp. 80.000

KMC Excpress Bahari
VIP Rp.177.000 - Rp.192.000
Eksekutif: Rp.152.000 - 162.000
Tiket Lokal (Karimunjawa): Rp.82.000 - Rp.102.000

111 komentar:


  1. Aha blm Ada hostel yaaa
    Kalo yg mau bln madu gmn yah wkakakakakakkakakakakakakakakakakkaka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hostel belum ada, mbak. Kalo mau bulan madu ada paketannya kok. Tapi lebih seru sih nggak pake paketan, bulan madunya asal jalan aja :-D

      Hapus
  2. Ini sih semacam tour guide ya Mas. Insya Allah kalo ada rejeki, nanti saya hubungi mas itam ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan Tour Guide :-D
      Saya tidak mengambil keuntungan 1 rupiah pun :-D
      Kadang ada yang mau main ke Karimunjawa tapi nggak punya tempat menginap, jadi bisa menginap dirumah saya dengan gratis :-D

      Hapus
    2. Wah..mau dong. Males pakai paketan. Krn sy bawa anak anak kecil. Menikmati.pantai

      Hapus
    3. Sebenarnya ikut paketan itu membuat kita santai, yang membedakan hanya jadwalnya harus mengikuti mereka.

      Hapus
  3. tidak perlu takut yah mas trevel ke karimun tanpa jasa biro perjalanan :)

    BalasHapus
  4. Jadi pengen ke sana. Terima kasih tipsnya ya :)

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Berapa ya :-D
      Kapal PP (100an), makan biasanya 15000/makan, Nginap antara 50-100/malam :-)

      Hapus
  6. wah semoga ke sana pake kapal pribadi dah mas hahahadongo sek mas... hehe... mantap mas rullah.... sampeyan 2011 keceh ms hehe

    BalasHapus
  7. Lengkap infonya.. Baru bisa berharap smoga suatu hari bisa kesana.. Jarak dari rumah ke sana masih jauh

    BalasHapus
  8. wah pengen juga liburan ke karimunjawa.. thanks tipsnya mas :)

    BalasHapus
  9. kayaknya nebeng di rumah mas nasir aja kalo kesana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau dong ke sana ntar nebeng di rmh mas aja..boleh tau info kontaknya gk

      Hapus
  10. kalo mau kesana brarti saya harus telepon mas admin nih biar bisa nginep dirumahnya. hehehehe

    BalasHapus
  11. kapan kapan kalau saya & keluarga ada waktu buat ke karimun jawa, boleh ya kakak saya hubungi :d

    BalasHapus
  12. thanks tips nya berguna banget mas ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama turis cantik, semoga bisa main ke Karimunjawa :-D

      Hapus
  13. tengkyu broh info dan tipsnya. ada enak dan engganya ya pake biro atau "ngeteng" itu :D mudah mudahan bisa segera liburan ke sana. kangen pantai dan laut *maklum orang gunung wkwk*

    BalasHapus
  14. Besok2 kalau ada rejeki saya mau ke karimunjawa, dan jumpa sama mas Itam…

    BalasHapus
  15. Informasinya berguna banget,,, udah lama sieh pengen ke karimunjawa tapi belum kesampaian,,, semoga nanti bisa kesana,,,, mantabbbb

    BalasHapus
  16. Balasan
    1. Ini cocok buat kamu, mas. Kan suka banget kemping :-D

      Hapus
  17. Mas Sitam anaknya Pak Hasanudin yang rumahnya di Kemujan (dkt bandara) bkn???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, mas :-) *Ahhh ternyata bapakku jauh lebih terkenal daripada aku :-D :-D

      Hapus
    2. saya sebenernya nggak tau wajahnya mas, saya cuma tau dari google earth karimunjawa hehehe, kapan2 saya akan ke karimunjawa, doakan saja hehe. mampir ke blog saya hehe

      Hapus
    3. saya sebenernya nggak tau wajahnya mas, saya cuma tau dari google earth karimunjawa hehehe, kapan2 saya akan ke karimunjawa, doakan saja hehe. mampir ke blog saya hehe

      Hapus
    4. Wahh hehhhehehe, silakan dengan senang hati kalau mau singgah di Karimunjawa :-)

      Hapus
  18. menarik nihh..
    catet dulu moga2 ada kesempatan main ke karimunjawa

    BalasHapus
  19. thanks mas infonya,,
    ini bisa jadi planning liburan pekan depan.. hehe
    abdur

    BalasHapus
  20. Jadi musim baratan dan timuran nya itu kapan? Dan kapan saat terbaiknya?
    Karimunjawa ini salah satu tujuan yang udah masuk daftarku sejak lama, tapi belum kesampaian juga :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Musim abrat biasanya Desember - Awal Februari; timuran antara Akhir Juli - Agustus; bias lebih cepat atau malah melambat. Paling rekomendasi bulan Maret - Juni, mas :-D

      Hapus
  21. Mas, saya tanggal 12 bulan ini mau ke karimunjawa. Sendirian. Minta kontaknya boleh, buat jadi senpai waktu disana hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bulan ini saya masih di Jogja mas. Kalau memang butuh kontak silakan dm di sosmed saya. Nanti saya kasih

      Hapus
    2. Lha... Aku tu ke ke karimunjawa nya tanggal 12 mas.
      Katanya ada hujan meteor perseid dari tanggal 11 sampe 14 mas, dan katanya dari karimunjawa tu keliatan paling bagus. Jadinya tak buru deh.

      Hapus
    3. Saya kurang tahu kalau ada hujan meteor mas.
      Saya sekarang tinggal di Jogja, ke Karimunjawa hanya pada saat-saat tertentu saja.

      Hapus
    4. Ya makanya coba aja om, pulang ke karimunjawa pas tanggal itu. Jadi aku kan bisa ndeleng. Hehehehe

      Hapus
    5. Maaf mas, saya tidak bisa memastikan. Karena bulan juli kemarin sudah mudik ke Karimunjawa.

      Hapus
    6. Hehe.. Ok deh om. Minta tolong kasih info rumah penduduk yang bisa buat bermalam yang harganya ok nga om?

      Hapus
  22. Maaf om mau bertanya
    Kalau sekarang harga tiket kapalnya masih sama segitu ?
    Insya allah bulan 2 saya mau kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya om masih segitu. Kalau mau naik kapal cepat bisa juga via Kendal. Sepertinya 250an harganya.

      Hapus
  23. Jadwal kapalnya setiap hari apa aja om? Dan Kalo engga pake paket,tiket untuk masuk karimun jawa berapa om perorangnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kapal cepat cek di bahari ekspres, kapal ekonomi yang pasti rabu dan sabtu ke karimunjwa (silakan cek di jadwal kapal siginjai). Tiket kapal tetap sama, kan kalau paketan include dengan lainnya.

      Hapus
  24. Ok om
    Terima kasih banyak telah membantu saya

    BalasHapus
  25. Ok om
    Terima kasih banyak telah membantu saya

    BalasHapus
  26. Mas sy mau tnya prsonal,mgkn ada kontak yg bs dhubungi ?WA mgkn mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan kirim ke email yang ada dikontak saya mbak. atau kirim dm ke twitter @Nasirullah5itam

      Hapus
  27. apakah itu Charis Fuadi? yang di sampingmu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas...kami ada rencana ke karimun tgl 26 des 19...budget minimaze gimana caranya agar tetap bisa semua spot dinikmati semua

      Hapus
    2. Ya tidak bisa toh yo. Seminim-minimnya biaya, kamu harus tahu berapa harga sewa kapal, berapa penginapan, lokasi pulau yang searah mana saja dan yang lainnya.

      Hapus
  28. mas mau nanya dong, tempat recomended buat camping setelah mendarat di pelabuhan karimu. maklum mau mode hemat hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemping lebih baik di sekitaran Karimunjawa atau malah ke Kemujan. Karena ada beberapa pantai yang tidak diperbolehkan untuk kemping

      Hapus
  29. Mas nasir, punya kenalan dan kontaknya untuk keliling pulau di karimun jawa? Karena saya mau kesana tanpa paketan. Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya keliling pulau naik kapal mas? Bisa email saya nanti saya kasih kontaknya mas :-)

      Hapus
    2. maaf mas, saya juga boleh minta kontak kapal untuk keliling pulau? saya rencana sama temen-temen mau backpacker ke karimun jawa akhir bulan ini. trims

      Hapus
    3. Silakan email saya ke roellah@gmail.com mas

      Hapus
  30. siang mas nasirullah, boleh minta kontakny ? kemarin mau ke karimunjawa ternayata g bisa nyebrang + pake jasa travel malah jadinya ribet. padahal seharusnya g ribet klu pake jasa travel. #entahlahanehbinajaib wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas, silakan email ke roellah@gmail.com

      Oya seminggu kemarin memang tidak ada kapal penyeberangan, sehingga biro paket wisata pun tidak bisa berbuat apa-apa. Saya rasa mungkin ada miss komunikasi antara mas denga pihak biro. Sebenarnya malah mudah pakai biro, tinggal bayar dan semua diurusi pihak paket.

      Hapus
    2. okay..aq email sekarang mas. thx udah bagi infony.

      Hapus
  31. Mas nasir mau nanya untuk minggu depan pas libur natalan itu kapal melayani penyebrangan gak ya? Awalnya gak punya rencana mau liburan kesana tp setelah baca tulisan mas nasir jd pengen kesana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan cek instagramnya ASDP Jepara; di sana tiap hari diperbaharui informasinya. Oya, beberapa ahri ini sampai kemarin tidak ada kapal yang menyeberang karena ombak besar.

      Hapus
  32. Mas kalau mau liburan sendiri tanpa biro perjalanan cari kapal susah tidak ya
    Soalnya mau libur 2 minggu kalo pakai biro jasa kemahalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya cari kapal apa ya? Transportasi Jepara - Karimunjawa, atau transportasi untuk berkeliling pulau selama di Karimunjawa?

      Kalau unk tiket kapal, naik ASDP Siginjai aman, kalu berkeliling pulau bisa nebeng di biro paket. Seharian antara 250.000an sampai 300.000an

      Hapus
  33. mas mau nanya,klo sewa motor buat kllg pulau sendirian aman gak ya utk wanita?

    BalasHapus
  34. Mas nya asli jepara ini mas bolehkah minta kontaknya

    BalasHapus
  35. Mas minta kontak yang aktif ada mau nanya" dulu mas boleh kan.. Terima kasih

    BalasHapus
  36. Boleh lah mas nginep2 di tempat mas e kita otw ne heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau nginep di tempatku malah lebih mahal mas, mending nginep di homestay aja

      Hapus
  37. Tempat wisata yg bagus buat dikunjungi di karimunjawa apa aja mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan dibaca dulu Karimunjawa itu wisatanya apa-apa; Kalau sudah baca saya rasa masnya bakal tahu yang ingin dikunjungi mana saja.

      Hapus
  38. mas sitam ada kontak yang bida di hubungi ?? mau tanya tanya, saya ada rencana ke karimun nih 😂

    BalasHapus
  39. Mas nasir asli karimunjawa ya?

    BalasHapus
  40. Kek aku dong, ke Karimun dapet penginapan gratis, tur kapal gratis, tur darat gratis, ditraktir makan. Sayangnya, pulang patah hati haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasian ya sampai sana dicuekin, ditinggal pergi, dan sedikit kapok kalau ke Karimunjawa hahahahha.
      Ayo main lagi akakkaakak

      Hapus
  41. mas klu sy bw mobil sendiri nyebrangnya, irit mana dgn tdk bw mobil,kita ber 6 org,trims Mas

    BalasHapus
  42. Mas mohon infonya,kita ber 6 mau kesana bw mobil sendiri,rencana mau di bw nyebarang,gmn kira2 kata Mas, apakah lebih irit yg mana biayanya klu dng tdk di bw mobilnya,trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga satu kali penyeberangan mobil mencapai 600ribu ke atas. PP sekitar 1.2 juta.
      Kalau saran saya mending mobil ditinggal di parkir Pantai kartini. Ada yang menjaga. Untuk perjalanan 6 orang bisa menyewa motor. Sewa motor seharian ada yg 80ribu.

      Hapus
  43. Kalau awal bulan juli ombak gede gak mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sering-sering cek BMKG. Awal juni kemarin saya pulang ada ombak, tapi kapal tetap berlayar. Pertengahan bulan juni ombak tenang, jadi kudu sering cek BMKG. Siklusnya biasanya menjelang Agustus ada ombak dari timur.

      Hapus
  44. Ikutan nanya mas Itam, kl naik mobil k karimunjawa niy, harga tiket mobil 500rb itu mobilnya saja orangnya juga Bayar sendiri, kali saja sdh termasuk penumpangnya

    BalasHapus
  45. Permisi mas mau nanya, kalo biaya
    snorklingnya gimana prinsipnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ikut yang nebeng, entah 200-250ribu itu sudah semua. Keliling pulau hingga snorkeling serta dokumentasinya

      Hapus

Pages