7 Keuntungan Memesan Kamar Hotel via OTA (Online Travel Agent) - Nasirullah Sitam

7 Keuntungan Memesan Kamar Hotel via OTA (Online Travel Agent)

Share This
Setiap traveller tentu sudah mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan perjalanan liburnya. Mulai dari destinasi yang dituju, alat transportasi yang akan digunakan, serta yang paling penting adalah tempat menginap jika berada di suatu kota. Menginap di hotel/penginapan tentu menjadi hal yang penting jika kita berlibur dalam waktu yang lama. Dan anda tentu tidak ingin dibebabi ribetnya mencari hotel dengan mengunjungi satu-persatu hotel bukan?
Masih suka melakukan direct booking dengan datang langsung ke hotel dan memilih kamar yang tersedia? Sudah saatnya Anda berpikir kembali mengenai untung dan ruginya, karena ketika melakukan kunjungan ke suatu tempat, sangat penting untuk selalu mempersiapkan akomodasi terlebih dahulu. Apalagi jika Anda adalah traveller pemula, booking hotel, terutama via online atau melalui agen online sangat diperlukan untuk beberapa alasan berikut ini.

1. Kamar pasti dan tidak akan dialihtangankan ke orang lain.

Alasan pertama mengapa kita harus memesan kamar terlebih dahulu adalah untuk menghindari agar kamar yang kita butuhkan tersedia ketika kita sudah sampai di hotel. Akan tetapi, ada kalanya kita memilih memesan kamar dan tidak segera membayarnya, melainkan sengaja memilih membayar nanti (membayar belakangan) ketika sudah sampai di hotel. Cara ini sudah pasti memiliki kelemahan, karena bisa saja kamar yang sudah kita pesan di ambil oleh orang lain. Tentunya karena kita tidak memiliki pengikat tertentu seperti uang misalnya.
Hotel Reservation
Hotel Reservation (Sumber Gambar: allforhotel.ru)
Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memesan kamar hotel via online travel agent (OTA) dan membayarnya saat itu juga, sehingga terdapat kepastian dan kamar tidak akan dialihkan ke orang lain. Cara ini akan membantu kita menghilangkan rasa was-was terlebih pada saat saat peak season.

2. Tidak takut kehabisan kamar.

Memesan kamar terlebih dahulu secara online akan jauh lebih menguntungkan, karena kita akan dengan mudah mengetahui apakah kamar yang kita butuhkan tersedia atau tidak. Jika tidak, kita akan dengan mudah memilih hotel yang lain yang kira-kira sesuai dengan kriteria.
Kelemahan dari direct booking yang perlu untuk dihindari adalah, apabila kita datang bersama keluarga besar yang membutuhkan lebih dari 1 kamar. Memesan terlebih dahulu jauh-jauh hari adalah ide tepat karena datang ke hotel tanpa memesan terlebih dahulu kamar yang diinginkan, seringkali berakhir kecewa, kehabisan kamar misalnya.

3. Bisa memesan sesuai dengan budget dan kebutuhan.

Keuntungan lain memesan kamar melalui online travel agent adalah, kita bisa memesan kamar yang kita inginkan serta bisa memilih kamar sesuai budget dan kebutuhan. Misalnya, jika kita kebetulan tidak memiliki uang cukup untuk memesan kamar superior, maka kita akan memiliki kesempatan lebih besar untuk memesan kamar standard.
Pilih kamar sesuai budget ya!
Pilih kamar sesuai budget ya! (Sumber Gambar: helloridwan.blogspot.com)
Karena kamar standard adalah yang paling banyak diminati saat high season, sudah pasti kamar tipe ini akan lebih mudah habis dipesan. 

4. Bisa memilih kamar dengan pemandangan khusus dan fasilitas khusus

Beberapa hotel menyediakan kamar dengan fasilitas khusus, pemandangan atau view tertentu, dan lain sebagainya. Misalnya, jika kita ingin sebuah kamar yang memiliki balkon, tentu kita harus melakukan pemesanan sebelumnya, karena tidak banyak kamar hotel yang didesain memiliki balkon. Kamar hotel seperti itu tentu jumlahnya terbatas, maka pemesanan di awal akan memudahkan kita mendapatkan apa yang kita inginkan.
Hotel dengan pemandangan yang indah
Hotel dengan pemandangan yang indah (Sumber Gambar: bobocantik.com)
Kamar hotel dengan pemandangan tertentu, misalnya kamar hotel dengan view alam atau pemandangan langsung ke arah laut dan pantai juga biasanya hanya tersedia beberapa saja di sebuah hotel. Jadi dengan alasan yang sama, memesan kamar secara online terlebih dahulu akan memberikan kita kesempatan lebih besar mendapatkan kamar yang sesuai dengan keinginan atau selera tersebut.

5. Bisa menambahkan asuransi perjalanan ke pesanan hotel

Memesan hotel dengan menyertakan asuransi
Memesan hotel dengan menyertakan asuransi (Sumber Gambar: dream.co.id)
Ini adalah fasilitas yang masih jarang diketahui oleh sebagian besar mereka yang melakukan sering memesan hotel dengan direct booking. Memesan sebuah kamar melalui online travel agent akan memberikan kita keuntungan dimana kita bisa menambahkan asuransi perjalanan ketika kita melakukan pemesanan kamar. Dengan begitu pemesanan dan perjalanan yang kita lakukan akan lebih terjamin.

6. Tetap bisa menukar kamar, membatalkan, dan berhak atas refund

Ketika kita sudah melakukan pemesanan dan sudah membayar kamar, jika melalui online travel agent, kita tetap bisa melakukan beberapa hal penting seperti, menukar kamar jika tidak sesuai dengan keinginan, atau ada hal-hal tertentu yang memaksa kita untuk mengganti kamar, kita bisa juga membatalkan.
Pelanggan yang sudah membayar berhak mendapatkan refund dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, karena metode yang diterapkan oleh sebagian besar agen travel terpercaya saat ini dimaksudkan untuk memudahkan dan memberikan rasa nyaman serta keamanan bagi pelanggannya.

7. Kemudahan pembayaran

Metode pembayaran hotel fleksibel
Metode pembayaran hotel fleksibel (Sumber Gambar: wisegeek.com)
Memesan kamar hotel melalui online agen akan memberikan kita kesempatan untuk memilih berbagai metode pembayaran yang fleksibel. Misal, dengan transfer bank, membayar melalui ATM, menggunakan kartu kredit, membayar melalui internet banking, sms banking, dan masih banyak yang lainnya.
Berbeda halnya dengan apabila kita melakukan direct booking dimana kita hanya dihadapkan pada dua pilihan yaitu, membayar dengan menggunakan kartu kredit atau dengan membawa uang cash.
Itulah beberapa keuntungan yang kita dapatkan ketika booking hotel via OTA dibandingkan dengan direct booking. So, ada yang lebih mudah dan menguntungkan dibanding direct booking, bukan?

28 komentar:

  1. Boleh juga nih dicoba kalau mau pesan lewat Online Travel Agent...lumayan keuntungannya ya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau langsung ke hotel ngabisin banyak waktu dan belum tentu dapat hotel:-(

      Hapus
  2. kalau pesan online bisa memilih-milih dulu dan pastinya kalau sudah bayar, aman damai lah dibandingkan datang go-show baru mau nyari kamar. pas high season pulak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa milih sesuai kantong kita juga hahahhaha

      Hapus
  3. Betul saya prefer OTA daripada direct booking karena kadang OTA suka ada promo atau potongan kan jadi lebih hemat

    Budy | Travelling Addict
    Blogger abal-abal
    www.travellingaddict.com

    BalasHapus
  4. Pernah pesen hotel pas lagi berdiri umpek umpek an di bus buat check in seturun bus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaha, bagus itu, kan aman bisa langsung dapat kamar

      Hapus
  5. emang lebih enak pake OTA sih, aku biasanya pake booking.com lebih praktis, pernah go show nggak enaknya harus terima keadaan hotel/hostel yg jelek karena sudah keburu capek klo musti jalan mencari hotel lain

    BalasHapus
  6. iya bener banget sih OTA emang banyak keunggulannya. pernah deh waktu itu sama keluarga ke suatu tempat dan butuh hotel. pas liburan jugak, sulit dapet hotel. yah, harusnya pesen dulu sebelum berangkat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan memudahkan, daripada datang langsung tapi nggak dapat kamar takutnya :-(

      Hapus
  7. praktis pake ota, semuanya ditangan

    BalasHapus
  8. aku sering kaya gini, lebih mudah dan nyaman

    BalasHapus
  9. Tambah lg 1 kelebihannya. Lebih murah. apalagi kalo tambah pas ada promo/disc :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Muka-muka diskonan langsung muncul ahahhahah

      Hapus
  10. aku rung nate pesen hotel via online sih . selama ini terima beres. wkwkw. gaya

    BalasHapus
  11. Abis dpt kiriman postingan ini langsung capcus y mas hehe... Semoga berkah mas rullah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin mas, semoga berkah untuk kita semua.

      Hapus
  12. Jadi liss lah, mana tau nati jalan2, nak coba pake OTA :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, daripada harus booking ke tkp mending online hehehe

      Hapus
  13. Kalau pesen hotel emang lebih enak pakai online travel agent, ga repot survey lokasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mas, ditambah lebih praktis dan kita tahu fasilitasnya :)

      Hapus
  14. Setuju deh, dgn pesen kamar via OTA ga perlu takut keabisan kamar, karena kita pesan, langsung terbooking deh kamarnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yangg jelas nggak capek-capek nyusuri tiap hotel ahhahaha

      Hapus

Pages