Brendan Rodgers "Kami percaya"

Suatu tim akan berjaya ketika dia dapat memenangkan setiap pertandingan dengan konsisten. Untuk dapat mencapai semua itu tidaklah hal yang mudah. Setiap aspek pasti bisa menjadi faktor penentu, termasuk juga faktor "keberuntungan".

Beberapa pelatih ada yang mengatakan "Pertahanan yang terbaik adalah dengan menyerang" ini dapat diartikan bahwa mereka reka kebobolan tetapi harus bisa membalas mencetak gol dengan lebih banyak lagi. Mungkin ini dapat kita lihat dari cara bermain Arsenal, MU dll.

Ada juga mengatakan "Menguasai bola "ball possession" adalah cara paling baik untuk memenangkan pertandingan". Kita dapat lirik gaya tiki-taka ala barca yang sudah menghasilkan banyak tropi untuk timnya.

Di Inggris kita kenal "Kick and Rush" dengan kecepatan, menyerang tepat waktu maka apapun bisa terjadi (dalam mencetak gol). Ada juga "Total Football" yang berkembang di Belanda maupun lainnya dibelahan dunia.

Baru-baru ini Moratti (Presiden inter Milan) mengatakan "Kunci dari kesuksesan sebuah tim adalah pertahanan yang kuat." Tidak salah, kalau sebuah tim susah dibobol, maka dia akan bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Selain itu ada juga yang mengatakan "Uang adalah segalanya" walau tidak sedikit yang memprotes karena terlalu banyak mengeluarkan uang, terkesan menghambur-hamburkan.

Dan LIVERPOOL? Kita bisa lihat sekarang, LIVERPOOL lebih suka menanam bibit-bibit muda untuk generasi yang mendatang. Tidak secara instan, dan dikolaborasikan dengan beberapa pemain senior . Cara permainannya mengadaptasi hampir semua dari diatas (kecuali poin menghamburkan uang). Hasilnya efektif dalam menyerang, ball possession merata baik (kecuai melawan MU) dan penyeranganpun efektif.

20 tahun terakhir, Alex Ferguson melalukan hal yang sama (generasi emas mereka) Beckam, Gigs dll dapat merengkut berbagai gelar karena mereka dididik sejak lama. Kita harus mencontoh mereka (cara meregenerasi) walau mereka adalah rival kita.

Kita berharap BR dapat menggapai apa yang kita harapkan bersama kedepannya.

*Tulisan ini saya posting di Fanpage LIVERPOOL INDONESIA
Baca juga postingan yang lain Suarez, You'll Never Walk Alone
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment