Mengenalkan Manfaat Perpustakaan ke Siswa SD

Masih ditahun yang sama 2009, kali ini aku bersama teman-teman Association of Library University Students (ALUS) diminta para kakak angkatan untuk mengisi agenda KKN-nya di SD Petinggen, Yogyakarta. Kami disuruh mengenalkan perpustakaan ke siswa SD kelas 2 dan 3. Rencananya akan ada dua kelas yang kami isi, sehingga kami sudah berbagi tugas siapa yang mengurusi kelas 2 dan kelas 3.

Sesampai dilokasi, ternyata dari pihak sekolah menawarkan agar mereka digabung menjadi satu. Biar lebih fokus dan dapat berkumpul bersama, akhirnya terpaksa aku sendiri yang memberikan materi dan teman-teman yang lain mengkoordinasi siswa dan mengisi permainan disaat waktu senggang.
Suasana sebelum kegiatan minat baca
Kali ini untuk anak SD aku mengambil tema tentang Perpustakaan, apa itu Perpustakaan dan kenapa kalau disekolah harus ada Perpustakaan. Cukup menarik sih kalau mendengar pernyataan siswa-siswa SD mengenai apa itu perpustakaan. Bahkan salah satu diantara mereka ada yang bilang “Perpustakaan itu kelasnya buku”. Mungkin karena yang didalamnya hanya ada banyak buku dan satu orang staff dikira guru sama mereka.
Masih ditahun yang sama 2009, kali ini aku bersama teman-teman Association of Library University Students (ALUS) diminta para kakak angkatan untuk mengisi agenda KKN-nya di SD Petinggen, Yogyakarta. Kami disuruh mengenalkan perpustakaan ke siswa SD kelas 2 dan 3. Rencananya akan ada dua kelas yang kami isi, sehingga kami sudah berbagi tugas siapa yang mengurusi kelas 2 dan kelas 3. Sesampai dilokasi, ternyata dari pihak sekolah menawarkan agar mereka digabung menjadi satu. Biar lebih fokus dan dapat berkumpul bersama, akhirnya terpaksa aku sendiri yang memberikan materi dan teman-teman yang lain mengkoordinasi siswa dan mengisi permainan disaat waktu senggang. Kali ini untuk anak SD aku mengambil tema tentang Perpustakaan, apa itu Perpustakaan dan kenapa kalau disekolah harus ada Perpustakaan. Cukup menarik sih kalau mendengar pernyataan siswa-siswa SD mengenai apa itu perpustakaan. Bahkan salah satu diantara mereka ada yang bilang “Perpustakaan itu kelasnya buku”. Mungkin karena yang didalamnya hanya ada banyak buku dan satu orang staff dikira guru sama mereka. Tapi yang membanggakan adalah mereka sangat antusias mengikuti dan aktif bertanya, bahkan seseorang siswa berani berbagi pengalaman ketika masuk ke perpustakaan. Dan yang menggembirakan lagi adalah saat aku Tanya “Suka baca buku nggak sih?” Kompak banget pada bilang “Suka!!!”. Ditambahin lagi bilang “Saya suka baca komiknya kak, buku cerita rakyat kak” Hemmm, banyak banget jawaban-jawaban dari mereka. Dari sini aku merasa apa yang aku dan teman-teman lakukan selama ini tidaklah sia-sia. Aku bisa memberika sebuah motivasi bagi mereka walau hanya sebentar. Mungkin mereka melupakannya kelak, tapi aku percaya mereka pasti akan mengingat kembali apa yang telah kami lakukan saat ini. Kami percaya bahwa siswa-siswa di Indonesia tidaklah malas membaca, hanya saja fasilitas yang ingin mereka pergunakan sangat kurang. Dan itu adalah salah satu penyebab kenapa siswa kita dikira minat bacanya rendah.
Aku mengisi materi minat baca
Tapi yang membanggakan adalah mereka sangat antusias mengikuti dan aktif bertanya, bahkan seseorang siswa berani berbagi pengalaman ketika masuk ke perpustakaan. Dan yang menggembirakan lagi adalah saat aku Tanya “Suka baca buku nggak sih?”
Sesi tanya jawab bareng siswa
Sesi tanya jawab bareng siswa
Kompak banget pada bilang “Suka!!!”. Ditambahin lagi bilang “Saya suka baca komiknya kak, buku cerita rakyat kak” Hemmm, banyak banget jawaban-jawaban dari mereka. Dari sini aku merasa apa yang aku dan teman-teman lakukan selama ini tidaklah sia-sia. Aku bisa memberika sebuah motivasi bagi mereka walau hanya sebentar. Mungkin mereka melupakannya kelak, tapi aku percaya mereka pasti akan mengingat kembali apa yang telah kami lakukan saat ini.

Kami percaya bahwa siswa-siswa di Indonesia tidaklah malas membaca, hanya saja fasilitas yang ingin mereka pergunakan sangat kurang. Dan itu adalah salah satu penyebab kenapa siswa kita dikira minat bacanya rendah. 
Baca juga postingan yang terkait Mengajak Siswa Untuk Gemar Membaca
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment