Menikmati Aliran Sungai Opak di Bendungan Tegal

Bendungan atau waduk mempunyai fungsi sebagai sarana irigasi sawah di sekitarnya. Salah satunya adalah Bendung Tegal terletak di desa wisata Kebonagung, Imogiri, sekitar 17 km ke arah selatan dari Kota Yogyakarta. Bendungan ini airnya berasal dari aliran air Kali Opak yang merupakan salah satu kali yang besar di wilayah Yogyakarta.
Sungai Opak
Tepian Sungai Opak
Sungai Opak merupakan sungai yang cukup panjang melintasi kabupaten Sleman dan Bantul, alirannya dimulai dari gunung merapi, sungai ini batas alami dari kasultanan Surakarta dan Kasultanan Ngayogyakarta. Sudah dapat kalian duga kalau daerah ini masih sangat alami dan jauh dari polusi udara.
Bendungan Tegal
Bendung Tegal
Berada dibendungan tegal ini sebenarnya ada beberapa kegiatan yang dapat kalian lakukan. Salah satunya adalah menyewa kapal yang disewakan untuk mengelilingin disekitaran bendungan. Tetapi aku dan beberapa temanku saat ini tidak bertujuan untuk melakukan kegiatan tersebut. Karena kami kesini hanya untuk gowes dan menikmati daerah yang masih alami. Sebenarnya kegiatan dibendungan ini bisa juga loh digunakan untuk memancing, kalau kalian membawa alat pancing.
Aliran Air Bendungan Tegal
Bendungan Tegal
Beberapa informasi dari hasil googling, ternyata di bendungan ini juga telah dilaksanakan Lomba Perahu Naga tingkat nasional yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. Wah ternyata bendungan ini sudah terkenal juga ya. Oya bagi pecinta sepeda/ goweser, mungkin kalian tidak ada salahnya untuk mengayuh sepedamu kesini. Disini kalian akan merasakan kenyamanan dan suara gemericik air dibendungan. Selain itu kalian juga bisa melanjutkan pancal pedal menuju tempat lain yang tidak kalah bagusnya daripada bendungan ini. salah satunya adalah jembatan gantung yang akan aku kunjungi setelah tempat ini.

Mau tahu bagaimana indahnya tempat yang akan aku kunjungi selanjutnya? Silakan tunggu beberapa hari lagi, pasti tempat tersebut aku posting diblog ini. Oya ternyata Jogja dan sekitarnya mempunyai daerah wisata yang begitu luar biasa banyaknya. Walau kadang daerah tersebut kalah terkenal dengan tempat-tempat lain yang sudah terkenal lebih dulu. 
Baca juga postingan yang terkait Renang di Sendang Umbul Pajangan
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment