Renang di Sendang Umbul Pajangan

Minggu pagi aku mengayuh sepeda kearah daerah maguwoharjo. Kali ini tujuanku adalah sebuah tempat pemandian yang katanya gratis, hanya bayar parkir kendaraan bermotor. Sedangkan aku kali ini memakai sepeda/gowes, jadi bisa dipastikan aku tidak akan kena tarif parkir.

Rute yang aku melewati ring road – pasar tajem – lurus terus (melewati Unriyo dan SMA Budi Mulia) – pertigaan jalan alternatif ke Jalan Kaliurang aku ambil kiri. Sekitar 100 meter mengayuh sepeda nanti disebelah kanan kurang lebih 30 meter dari jalan ada sebuah bangunan yang tidak jadi dibangun kiri jalan. Itulah pemandian gratisnya, kalau disana lebih terkenal dengan sebutan Sendang Umbul Pajangan. Tepatnya di dusun Ngemplak, disalah satu kecamatan di Sleman.
Sendang Umbul Pajangan saat pagi hari
Sendang Umbul Pajangan saat pagi hari
Dari berbagai sumber yang kuperoleh saat googling, bangunan tua yang belum jadi ini adalah sisa dari proyek pengairan pemerintah di tahun 1987 yang dibatalkan karena tidak disetujui warga sekitar. Akhirnya tempat ini menjadi terbengkalai untuk sementara waktu. Dan kali ini Umbul Pajangan berubah menjadi salah satu tempat wisata alternatif warga setempat.
Berenang pagi hari di Sendang
Berenang pagi hari di Sendang
Warga setempat menggunakan Umbul Pajangan ini untuk mencuci pakaian, berenang, dan irigasi sawah-sawah. Saat aku datang kesini tepat pukul 05.00 Wib, disini sudah ramai warga setempat mencuci pakaian. Belum ada orang-orang yang mandi didalamnya. setelah agak siang mulailah banyak pengunjung yang mandi disini.
Oya, air dari Umbul Pajangan mengalir, jadi setiap saat airnya selalu berganti. Selain itu air yang ada di Umbul Pajangan ini tidak akan pernah habis walau saat musim kemarau. Karena debit airnya begitu melimpah. Dengar-dengar dari penduduk setempat, kalau akan ramadhan, ditempat padusan ini akan ramai pengunjung untuk mandi bersama. Sebuah ritual yang bisa kita temui saat menjelang puasa di Yogyakarta.
Mungkin tidak ada salahnya bagi pecinta sepeda/goweser untuk mengunjungi tempat ini, setidaknya kita bisa menghilangkan keringat dengan ikut mandi di sendang kecil ini. Sendang Umbul Pajangan adalah salah satu tempat yang tidak begitu dikenal namun mempunyai daya tarik tersendiri di Yogyakarta. Bagaimana, tertarik ketempat ini? Aku anjurkan kalau kesini itu waktu akhir pekan pagi dan sore karena ramainya saat-saat itu. 
Baca juga postingan yang lain Sumpah Sepeda “Sego Segawe” Yogyakarta
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment