Keceriaan Semasa Kecil

Mengenang masa-masa kecil tentunya menyenangkan. Terlepas dari apa yang kita lakukan saat itu salah atau benar, mengingat kejadian yang dianggap memalukan saat itu, tapi akan berubah menjadi menggelikan ketika kita sudah besar. Bermain, ya bermain adalah kegiatan rutinitas anak kecil yang tidak bisa ditinggalkan.

Ketika segerombolan anak kecil mendatangi kita, kemudian mulai berulah aneh-aneh untuk mendapatkan perhatian dari kita. Tentu mereka sangat bergembira kalau kita respon dengan baik. Ikut bergabung dengan mereka, dan menjelma menjadi anak kecil lagi. Seperti belasan tahun silam. Saat kita masih ingusan, saat kita masih belajar membaca tulisan walau terbata-bata.
Bergabung dengan anak-anak
Bergabung dengan anak-anak
Bergabung dengan anak-anak 
Mereka bermain membentuk gerombolan sendiri-sendiri. Berbaur menjadi satu disebuah tanah lapang, tapi memisahkan antara perempuan dan laki-laki. Mungkin karena permainan mereka berbeda saat itu. Setiap para anak kecil perempuan lebih senang bermain permainan tradisional setempat (Oray-orayan dan cublak-cublak suweng; dolanan – permainan tradisional Jawa Tengah). Mereka yang laki-laki hanya berlarian tanpa jelas arahnya.
Lari-larian
Bermain Cublak-cublak suweng (permainan Jawa Tengah)
Bermain Cublak-cublak suweng (permainan Jawa Tengah)
Bermain Oray-orayan
Bermain Oray-orayan
Ahhh, sepertinya mereka bermain tanpa beban. Ketika mereka capek seharian bermain, mereka cukup mandi kemudian tidur pulas ditemani mimpi-mimpi indah untuk mengembalikan tenaga yang sudah terkuras seharian, dan kemudia esoknya sepulang sekolah; mereka kembali melakukan hal yang sama.

Mereka tetaplah berteman walau kemarin sempat bersitegang dengan lawan bermainnya. Sempat menangis karena dijewer atau dicurangi lawan mainnya, tetapi mereka melupakan semua itu keesokan harinya. Mereka kembali bersatu layaknya tidak pernah ada masalah sebelumnya. Mereka adalah sosok-sosok yang paling mudah memaafkan dan melupakan apa yang terjadi kemarin.

Keceriaan mereka membuat kadang kita merasa iri dan ingin mengulangi kembali ke masa-masa kecil. Keceriaan yang tidak pernah dibuat-buat, dan persahabatan yang tulus apa adanya. Masa kecil adalah masa dimana setiap kejadian adalah hal yang paling menyenangkan.
Baca juga postingan yang lainnya 

Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar :

  1. jadi kangen masa kecil dulu. zaman masih polos hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heee... Kembali menjadi kecil lagi aja mas :-D

      Delete