Nikmatnya Kue Klepon dan Cenil

Puasa telah tiba, ini artinya setiap sore sepanjang jalan akan banyak meja yang berjejeran dan berjualan setiap sore. Mulai dari kolak, aneka minuman, sampai dengan jajanan pasar. Kita bisa memilih makanan apa saja yang ingin kita beli. Kali ini aku yang mengikuti acara bukber bareng grup diberi sajian takjil jajanan pasar, yakni Klepon dan Cenil.

Sebenarnya selain kedua kue tersebut masih ada juga beberapa jenis takjil yang dibawa oleh salah satu anggota grup untuk bukber, seperti keripik singkong maupun kue Bolu Talas atau lebih sering dibilang Kue Lapis Bogor yang dibawa dari bogor. Tapi jajanan pasar Klepon dan Cenil ini membuat aku tertarik untuk menulisnya diblogku. Mumpung aku bisa mengabadikan gambar dan merasakan jajanan pasar tersebut.
Klepon, jajanan pasar yang terbuat dari tebung dan di dalamnya ada gula jawa
Klepon, jajanan pasar yang terbuat dari tebung dan di dalamnya ada gula jawa
Mungkin diantara kita sudah paham apa itu Klepon dan Cenil. Karena jajanan pasar tersebut dengan mudah dapat kita temui saat dihari biasa. Klepon adalah kue yang terbuat dari tepung dan di dalamnya terdapat gula jawa (gula merah). Dibagian luarnya ditaburi dengan parutan kelapa. Jadi kalau kita makan rasanya akan manis karena ada gula jawa di dalamnya.
Jajanan pasar; Cenil
Jajanan pasar; Cenil
Sedangkan Cenil terbuat dari tepung kanji. Sebenarnya tampilannya pun hampir mirip dengan Klepon. Hanya saja kalau Klepon bentuknya bulat, kalau Cenil ini bentuknya agak lonjong. Bagian luarnya juga sama-sama ditaburi parutan kelapa. Selain itu Cenil di dalamnya tidak ada gula jawanya, cara penyajiannya menggunakan gula jawa yang sudah dicarikan dan ditaburi dengan gula tersebut.

Saya yakin kalian yang berada di Jawa (khususnya Jateng & DIY) tidak asing dengan jajanan pasar tersebut. Dan kalian juga sudah pasti pernah mencicipi keduanya bukan? Kalau diantara kalian belum ada yang pernah mencicipi, besok-besok kalau ke pasar silakan cari di jajanan pasar. Bilang saja mau nyari Klepon dan Cenil heeeee, pasti kalian dengan mudah akan menemukannya.
Baca juga postingan yang lainnya 

Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 komentar :

  1. Duh baca postingan ini disiang hari gini bikin...*ahsudahlah*
    Cenil itu enak ya.hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heee, siapa tahu pas persiapan buka puasa bisa hunting dijajanan pasar :-)
      Cenil kalo dimakan pakai lumuran gulanya enak, kalo nggak ya rada kenyal2 aja heee

      Delete
  2. Untung aja aku ngeliatnya ini gk waktu puasa ya,..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau cuma dilihat nggak apa-apa kok mas. Yang penting ngak dimakan haaa

      Delete