Segarnya Es Gempol Pleret Jepara

Masih ditempat yang sama saat aku minum Adon-adon Coro, aku tertarik memesan minuman lainnya yang cukup membuat aku tergiur untuk mencicipinya. Minuman ini adalah Es Gempol Pleret. Minuman yang sekilas pembuatannya mirip Es Dawet, hanya saja dalamnya terbuat dari adonan tepung beras yang dikukus dan berbentuk bulat. Es Gempol Pleret? Sudah pernahkah kalian mencicipi atau mencoba minumnya? Kalau belum, sepertinya kalian wajib mencicipinya.
Es Gempol adalah minuman dari gempol/pleret, santan, dan gula cair. Kata gempol berarti adonan dari tepung beras yang dibentuk, lalu diwarnai dan akhirnya dikukus. Gempol disiram dengan santan dan gula, dan seringkali ditambah es. Ada banyak klaim mengenai asal sebenarnya dari minuman ini, seperti Solo hingga Jepara. Minuman serupa juga dapat ditemukan di Jakarta, Bandung, dan Semarang (sumber).
Salah satu warung menjual Es Gempol Pleret, Jepara
Gempol Pleret terbuat dari beras
Gempol Pleret terbuat dari beras, Jepara
Memang untuk menemukan Es Gempol Pleret tidak semua tempat ada, contohnya di Jogja. Aku belum pernah menemukan minuman seperti ini. Kota seperti Jepara adalah salah satu kota yang sangat mudah menemukan Es Gempol Pleret, kalian akan bisa menemukan minuman ini disetiap sudut kota Jepara, sepertinya sudah satu paket dengan minuman-minuman lainnya seperti Adon-adon Coro maupun Es Rumput laut.
Pembuatan Es Gempol Pleret, Jepara
Pembuatan Es Gempol Pleret, Jepara
Menikmati siang dengan minum Es Gempol Pleret saat siang dan panas seperti ini adalah kenikmatan tersendiri. Sepertinya Es Gempol Pleret dapat menghilangkan rasa haus yang sempat menggerogoti tenggorokanku. Oya, untuk menikmati dua minuman tadi Es Gempol Pleret dan Adon-adon Coro aku hanya mengeluarkan uang sebesar 7k saja. Jadi sekitar 3,5k aja setiap minumannya. Murah bukan? Walau murah tetapi rasanya begitu menyegarkan dan pastinya membuat kita menjadi kangen saat kita meninggalkan Jepara.
Es Gempol Pleret Jepara
Es Gempol Pleret Jepara
Es Gempol Pleret Jepara
Selanjutnya lanjut jalan kemana ya? Hemmm, sepertinya melihat Stadion Gelora Bumi Kartini. Sebuah Stadion kebanggaan Persijap Jepara dan seluruh masyarakat Jepara. Tapi tujuanku bukanlah masuk ke dalam stadion, tapi ketempat disampingnya. Ada yang tahu tempat apa? Wajib baca tulisan yang selanjutnya ya. 
Baca juga postingan lainnya
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

4 komentar :