Angkringan Bernuansa Pendopo

Jika kita berbicara tentang angkringan, pikiran kita tentu membayangkan sebuah tenda kecil disudut jalan dengan lampu remang-remang serta tidak ketinggalan suara musik dari radio yang menemani kita disaat sedang menyantap makanannya. Akan tetapi tidak semua angkringan itu konsep bangunannya sama dengan uraian kita diatas.
Tampilan Angkringan dari luar
Angkringan Ndalem terlihat dari luar (sumber gambar)
Angkringan Pendopo nDalem adalah salah satu angkringan yang ada yang bernuansa restoran. Bangunannya pun berkonsep seperti pendopo, dan sangat tenang untuk kita menikmati santapannya. Angkringan ini berada di jalan Sompilan No 12, Ngasem, Yogyakarta. Kalau kalian masih bingung, kalian bisa melalui jalan ngasem arah ke Alkid, nanti ketika dipertigaan yang ada beringinnya kalian belok kiri masuk gapura bertuliskan “Pendopo nDalem”.
Suasana Angkringan Ndalem
Aneka menu makanan angkringan ndalem
Aneka menu makanan angkringan ndalem (sumber gambar)
Menu makanan yang disajikan hampir serupa dengan angkringan-angkringan lainnya. Adapun pilihan menu nasi seperti nasi teri, oseng tempe, nasi tongkol, dan lainnya dengan bungkusan ala angkringan. Sedangkan lauknya ada udang goring, sate ayam, sate usus, sate ati ampela, dan gorengan. Pokoknya sama persis angkringan lainya deh.

Perbedaan justru terletak pada jajanan atau snack yang juga turut dihidangkan. Angkringan Pendopo nDalem secara konsisten menyajikan aneka jajan pasar menggugah selera yang sudah jarang ditemui atau bahkan tak dikenal lagi oleh generasi muda. Sebut saja Clorot, Kipo, Semar Mendem, Lupis, Jadah Manten dan lain sebagainya. Bagi pengunjung yang belum pernah mencicipi jajan pasar ini tentunya akan menjadi salah satu pengalaman baru mencicipi kuliner nusantara. Jajan pasar yang tersedia juga terbilang komplit begitu terlihat berkurang maka pegawai dengan sigap menambahkannya lagi (gudeg.net).

Untuk urusan minuman, tempat ini menyajikan beragam minuman hangat. Minuman ini diberi nama yang unik seperti Wedang Bleduk, Wedang Gajah, Leser. Ada juga teh rempah atau bajigur. Nah untuk favoritnya pengunjung biasanya akan memilih Wedang Bleduk yang merupakan campuran dari berbagai rempah seperti sereh, jahe, cengkeh serta gula jawa. Jangan lupa untuk mengaduk terlebih dahulu sebelum meminumnya karena gula jawa yang digunakan bukanlah gula jawa cair melainkan bongkahan gula jawa yang kadang masih tertinggal didasar gelas (gudeg.net)
Foto kami saat menikmati menu diangkringan ndalem
Foto kami saat menikmati menu diangkringan ndalem
Kami saat menikmati menu diangkringan ndalem
Sangat menarik bukan konsep yang ditawarkan oleh angkringan ini. Aku dan teman-temanku saat itu memesan Wedang Bleduk yang memang paling sering dipesan oleh pengunjung. Oya pokoknya kami disini saat pukul 20.00 wib, ramai banget. Kami bertujuh menikmati malam dengan  makan menu-menu yang tersedia, lumayan murah kok. Total pengeluaran kami saat itu 125k. Padahal kami semua makan, murah bukan? Mungkin kalian ingin mengunjunginya? Heemmm angkringan Pendopo nDalem ini memang sangat menyenangkan. 
Baca juga postingan yang terkait 
Uniknya Penyajian Menu di Mie Telap 12
Nyruput Es Dawet Kalasan
Sampah itu Nama Soto
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Post a Comment