Kue Gandus, Makanan Khas Pembuka dari Palembang

Indonesia mempunyai ragam adat budaya dan suku yang terbentang dari ujung barat hingga ujung timur. Dan setiap suku mempunyai keunikan tersendiri mulai dari bahasa, pakaian, hingga kuliner yang membuat lidah kita semakin tertarik untuk mencicipinya satu-persatu. Bisa dibayangkan berapa banyak kuliner khas yang diciptakan oleh masyarakat Indonesia. Pastinya kita akan sulit untuk menghafal nama-nama jenis makanan dan minuman tersebut.

Kali ini aku akan sedikit membahas makanan yang berasal dari Sumatera Selatan, tepatnya dari Kota Palembang. Kalau kita bicara tentang kulineran dari Kota Palembang, tentu pikiran kita yang pertama adalah Pempek Palembang. Iya makanan satu ini sudah begitu dikenal dan mudah ditemukan disetiap sudut kota di Indonesia.
Sajian Kue Gandus
Sajian Kue Gandus (sumber gambar)
Tapi apakah kalian pernah mendengar nama makanan Kue Gandus? Aku yakin banyak diantara kalian yang kurang paham dengan kue tersebut, bahkan malah baru mendengar nama kue ini. Atau malah kalian sudah pernah mencicipinya? Ternyata Palembang juga merupakan salah satu kota yang penuh beragam kulinernya.

Kue Gandus adalah salah satu kue khas yang hanya ditemukan di Kota Palembang, mungkin disekitar kota Palembang (Lampung atau Jambi) makanan ini dapat kita temukan. Tapi dikota-kota lain, apalagi diluar Sumatera tentunya makanan ini sulit ditemukan. Kue Gandus terbuat dari bahan dasar tepung, sedangkan santan kelapa dan daun pandan untuk pewangi adalah bahan tambahannya.
Sajian Kue Gandus Palembang
Kue Gandus Palembang (sumber gambar)
Sajian Kue Gandus Palembang (sumber gambar)
Banyak yang mengatakan kalau Kue Gandus ini sangat cocok disajikan sebagai makanan pembuka (appetizer), dikarenakan kue ini hanyalah sajian makanan ringan saja. Kue Gandus ini memiliki cita rasa yang cukup sesuai dengan lidah kita, karena rasa Kue Gandus ini gurih. Kue yang identik dengan taburan ebi, irisan kecil-kecil cabai merah, potongan daun seledri, serta taburan halus bawang goreng membuat kita semakin tertarik untuk menikmatinya. Untuk taburan diatas Kue Gandus sebenarnya tergantung selera orang masing-masing, tapi yang pasti tidak ketinggalan adalah irisan cabai merahnya.

Kue Gandus memang hanya sebuah makanan ringan, tapi tetap saja sekecil apapun makanan tersebut adalah mahakarya terbesar yang telah diwariskan oleh para nenek moyang kita. Sudah selayaknya kita bersyukur karena kita bisa menikmati aneka ragam kuliner yang ada di Indonesia, dan salah satunya adalah Kue Gandus dari Kota Palembang.

Dari sini kita dapat mengetahui sedikit demi sedikit tentang kekayaan Negara kita dalam hal kuliner. Kita sadar Indonesia tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, tidak hanya dikagumi keanekaragaman suku dan adatnya. Tetapi Indonesia mempunyai aneka ragam kuliner yang dapat dicicipi dan dikenal oleh para wisatawan. 
Baca juga postingan yang terkait 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

10 komentar :

  1. Kayak nya di jawa juga ada, tapi lupa nama nya :-(

    ReplyDelete
  2. Kalau di cara resepsi pernikahan saya sering ketemu dengan kue ini, dan rasanya enak banget. Jadi kepengin lagi nih. he,, he,,he,,,
    Sukses untuk kontesnya ya Sob.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti harus datengin pernikahan orang :-)
      Oke terima kasih atas motivasinya bang :-)

      Delete
  3. oh namanya kue gandus tooh,,,, aku sering makan nya tapi ga tau namanya,, paling suka klo taburan daun seledri ama bawang gorengnya yg banyak,, hehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah langsung laper bawaaannya dengar kue gandus ditabur bawang goreng :-)

      Delete
  4. Baru denger malah Mas... pengetahuan baru nih, kue gandus XD

    ReplyDelete
  5. :-)
    Kalau sudah tahu pasti penasaran untuk mencicipi :-)

    ReplyDelete