Lava Bantal dan Jembatan Kecil di Berbah

“Terkadang kita lupa jika ada tempat yang indah dan mempunyai keunikan disekitar kita, karena kita lebih tertarik sesuatu yang dikira lebih indah namun jauh.” Kenyataannya aku seperti itu. Aku lebih sering bersepeda mencari tempat-tempat yang kukira lebih indah dengan mengayuh pedal lebih dari dua jam perjalanan. Padahal disekitar kita, ada tempat yang tidak kalah indahnya. Sebuah rasa yang membuat aku sadar bahwa keindahan itu selalu ada dimanapun tempatnya.

Kali ini (Minggu 25 Jan 2015) aku diajak teman-teman grup WA untuk mengisi waktu pagi bersepeda. Tujuannya tidak jauh dari kos, hanya wilayah Berbah. Tepatnya adalah di jembatan kecil yang terletak di Dusun Watugede, Jogotirto, Berbah. Tempat ini mendadak ramai dalam beberapa bulan terakhir, karena dari berbagai media massa mengungkapkan kalau bebatuan yang dibawahnya adalah Lava Bantal yang tercipta karena endapan Magmatik aktifitas Geologi. Silakan baca di Lava Bantal – Tribun Jogja untuk pengetahuan lebih dalam.
Jembatan dan Lava Bantal di daerah Berbah, Bantul
Jembatan dan Lava Bantal di daerah Berbah, Bantul
Jembatan dan Lava Bantal di daerah Berbah, Bantul
Jembatan dan Lava Bantal di daerah Berbah, Bantul
Sebenarnya tempat ini sangat terjangkau dengan mudah oleh para pesepeda maupun lainnya. Selain jalannya mulus, tempat ini juga satu jalur kalau dari arah Blog O/ Janti saat kita menuju Candi Abang. Walau terjangkau, tapi kadang sebagian orang mengabaikan tempat ini (termasuk aku). Aku sudah sering lewat, tapi baru kali ini berhenti dan mengabadikan beberapa gambar, itupun karena diajak teman-teman grup WA.

Aliran air jernih dan jembatan kecil terlihat klasik dan indah untuk diabadikan. Tidak hanya kami, beberapa pesepeda lainnya juga tampak berhenti di atas seraya mengabadikan beberapa kali keindahan tempat ini. Aku bukan orang yang paham tentang geologi, tapi secara kasat mata saja sudah terlihat indahnya tempat ini. Dibeberapa sudut terlihat orang sedang bersantai menunggu pasir untuk ditimbun. Aliran air yang cukup deras dipadu dengan beberapa hijau pepohonan membuat tempat ini masih asri.
Jembatan kecil diatas aliran sungai
Aliran sungai di Lava Bantal, Berbah
Aliran sungai di Lava Bantal, Berbah
Aliran sungai di Lava Bantal, Berbah
Kami pun tidak lupa untuk mengabadikan gambar bersama. Walau aku nggak pakai baju grup (kaos masih diloundry) tapi tetap saja ikut eksis. Aku mengawali berfoto dengan pose yang menjadi kesukaanku *ngangkat sepeda, kemudian bareng-bareng berfoto dibebatuan bawah jembatan. Dan terakhir sebenarnya mengabadikan teman-teman yang bersepeda menyeberangi jembatan kecil. Hemmm, pagi ini aku jadi fotografer dadakan.
Foto bareng tapi (aku) pakai kaos berbeda sendiri
Angkat sepeda dulu
Menyeberangi jembatan kecil
Dokumentasi selama di Lava Bantal, Berbah
Terlepas dari keunikan Lava Bantal, semoga tempat ini tetap dijaga kebersihannya. Kontribusi warga dan para pengunjung menjadi acuan. Dengan tidak membuang sampah disekitar kawasan ini maupun dialiran sungainya, kita masih bisa berharap keasrian dan kebersihan aliran sepanjang sungai ini tetap terjaga. *Ups, tempat ini asyik banget buat berfoto loh (apa lagi dijembatan kecilnya).
Baca juga postingan yang lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

12 komentar :

  1. Tempatnya indah banget Mas, apalagi jembatan kecil yang unik dan spotnya sangat cantik dan indah ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini tempatnya nggak jauh dari kos, hanya saja aku baru main :-D

      Delete
  2. Wahahaha keren keren Maennya Laundry ei hiehiehehe
    saya aja jarang bangeds. Cuma kalau nginep di HOTEL saja sering banged Londry
    Heihiehiheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini karena sering hujan pak, kalau musim kemarau enakan nyuci sendiri *anak kos :-D

      Delete
  3. Replies
    1. Iya seru :-)
      Padahal dekat dari kota ini :-D

      Delete
  4. jembatannya benar2 seperti uji nyali ya ketika melewatinya...
    ini kayaknya dekat rumah kakak ipar saya yg di berbah :0

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weh ternyata punya saudara di Berbah toh mbak, iya emang d Berbah ini :-D

      Delete
  5. wah seruu ams rame"nya mantp euuyy...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heee, kayaknya mas wajib nyulik model untuk beraksi disini mas :-D

      Delete
  6. wahana wisata uji adrenalin yang sangat menantang, didukung kondisi alam yg mssih alami, Top banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang jadi ngehits banget tempat ini :-D

      Delete