Kincir Angin di Kawasan Pantai Baru, Bantul

Menyusuri jalanan menuju pantai Baru, kali ini (Sabtu 31 Jan 2015) kami mengayuh pedal sepeda dengan santai. Kami tidak menargetkan sampai jam berapa pulang, yang penting “bersepeda menyenangkan”. Tiba kami disebuah pertigaan yang terpampang plang petunjuk arah menuju pantai Baru dan pantai Kuwaru. Sebenarnya jalurnya sama, hanya ada banyak pilihan jalan, jadi kami tetap ambil belok kanan arah pantai Baru. Lokasi pantai Baru ini di Ngentak, Poncosari, Srandakan. Arah jalannya sebelum jembatan Srandakan ambil jalan yang belok kiri (kalau dari Bantul).

Pantai Baru ini menurut temanku dulu dikenal dengan sebutan pantai Pandansimo, tapi sekarang berubah nama menjadi pantai Baru. Sebelum masuk TPR (ingat, sepeda gratis masuk) kami bertemu dengan beberapa pesepeda yang sudah pulang dari pantai, tapi ada juga sekelompok anak SD yang naik sepeda ramai-ramai tepat ditempat TPR. Kami menyapa dan akupun dengan sigap mengabadikan moment saat bersama siswa-siswa SD yang ceria ini. Seru banget ya siswa yang disekitar area pantai ini, kalau lagi luang mereka bersepeda bareng.
Rute menuju pantai
Rute menuju pantai
Rute menuju pantai
Sebelum sampai di pantai Baru, aku berhenti melihat banyak tower yang berjejer rapi disisi kanan jalan. Aku kira awalnya adalah tower provider seperti di Ngoro-oro, Gunungkidul, tapi ternyata bukan. Tower-tower itu adalah Kincir Angin, papan nama menjelaskan kalau Kincir Angin ini adalah “Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid: Kincir Angin dan Panel Surya”. Ini artinya kawasan dekat pantai Baru diberdayakan sebagai salah satu tempat alternatif pembangkit listrik menggunakan Angin laut maupun Tenaga Surya. Sejenak aku melupakan pantai Baru untuk melihat jejeran Kincir Angin. Keren juga ya kalau ada banyak Kincir Angin, imajinasinya langsung ke Negara Belanda yang terkenal dengan Kincir Angin, *lebay.
Kincir di dekat pantai Baru, Bantul
Kincir di dekat pantai Baru, Bantul
Kincir di dekat pantai Baru, Bantul
Kincir di dekat pantai Baru, Bantul
Sebenarnya Kincir Angin seperti ini sudah pernah aku lihat di Karimunjawa, dulu ada beberapa tempat yang beri Kincir Angin tapi sudah tidak berfungsi. Selain itu Panel Tenaga Surya pun ada dibeberapa pulau di Karimunjawa. Selain itu dirumah-rumah penduduk juga ada Tenaga Surya, seperti dirumahku. Dulu itu adalah bantuan saat masa pemerintahan Soeharto. Kincir Angin di kawasan pantai Baru ini tidak berputar, apa karena nggak ada angin agak kencang ya?
Kincir di dekat pantai Baru, Bantul
Sepanjang jalan banyak kincir angin
Sepanjang jalan banyak kincir angin
Sepanjang jalan banyak kincir angin
Baiklah, setelah mengabadikan Kincir Angin dan Panel Tenaga Surya, yang tepat dijalan masuk pantai Baru, aku lanjutkan perjalanan menuju pantai Baru. Kayaknya pagi ini masih sepi pantainya. Jadi bisa membidik beberapa gambar yang masih sepi. Langsung aku pancal sepeda bareng model sepeda kali ini (Ardian) menuju pantai Baru.
Baca juga postingan yang lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

21 komentar :

  1. itu kincir angin masih berfungsi kan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya berfungsi mas, ini juga kayaknya baru kok

      Delete
  2. Kincir'a ga mutar gan
    *namanya juga gambar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya e, waktu ke sana memang nggak muter, itu jadi pertanyaanku haaa

      Delete
    2. brarti ga salah dong gambarnya klo emang ga muter :D

      Delete
  3. Kincir anginnya gak terlalu gede, berarti kecepatan angin di Bantul sekitar 20 knot. *nebak gegara pusing akibat tugas*
    Karena judulnya Pantai, kirain kincirnya tepat berada di pantai dan mengarah ke laut. Rupanya nggak. xD *atau emang gak keliatan aja di potonya?*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pantainya ketutupan cemara diantara kincir-kincir heee. nanti diposting selanjutnya :-D

      Delete
  4. asik banget deh ih, kemana-mana naik pit,kayanya akang ini pit mania banget ya.
    tuh liat tuh main ke kincir angin yang ada di pantai baru bantul ajah juga naek pit

    ReplyDelete
  5. kincir angin dibangun di pantai karena biasanya angin pantai itu gede XD

    ReplyDelete
  6. banyak banget kincirnya, menarik..

    selalu ngegowes mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heeee, iya mas. Adanya sepeda, jadi naik sepeda :-D

      Delete
  7. wuih kincir anginnya banyak bnget mas.
    dan yg pasti warga didaerah itu pasti sangat merasa terbantu :D

    ReplyDelete
  8. bisa nyaingin kincir angin belanda nih :D
    lumayan juga yah buat pembangkit listrik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menjulang lebih tinggi kayaknya bisa heee

      Delete
  9. Ih keren2 kincir angin macam di belanda gitu yaaaa

    ReplyDelete