Melepas Lelah di Pantai Nyampungan, Karimunjawa

Pantai di Nyamplungan? Sebenarnya pantai ini tidak masuk dalam daftar pantai yang aku susuri (04 April 2015). Hampir di seluruh pantai Nyamplungan dipenuhi tumbuhan Bakau. Namun ada salah satu pantai yang berpasir putih, setidaknya dekat dengan jalan. Jadi aku belokkan sepedaku menuju pantai tersebut.

Dari pantai BatuTopeng, aku mengarahkan sepeda ke arah Kemujan. Melewati jalan rata dengan sisi kiri pantai yang banyak tergalang kapal warga setempat, selanjutnya mulai menikmati tanjakan. Ada dua tanjakan lumayan tinggi dan terdapat dua turunan yang lumayan curam. Tentu bagi warga setempat, turunan/tanjakan Kasno (nama tanjakan setempat) adalah yang paling curam selain di dekat SD 04 Alang-alang maupun tanjakan yang ada di Jati Kerep (dekat SD 03 Karimunjawa). Namun tanjakan semua itu masih kalah dengan yang ada di jalan menuju Legon Lele. Tidak jauh dari tanjakan tersebut, sampai lah aku di Nyampulngan. Jalan sedikit menurun dan rusak, lihat di sisi kiri jalan nanti ada sebuah plang bertuliskan pantai. Belok kiri jalannya sudah di paving.
Jalanan menuju pantai Nyamplungan
Jalanan menuju pantai Nyamplungan
Tidak lama aku menyusuri jalanan Paving, sampai akhirnya mentok sampai di bibir pantai. Jarak antara jalan raya dengan pantai ini tidak lebih dari 100 meter. Pasir pantai di sini tidak seluas pantai lainnya yang sudah aku kunjungi. Namun pantai ini cukup sejuk untuk rehat seraya melepas rasa capek. Di bibir pantai terdapat beberapa pohon yang rindang, dan juga jejeran pohon Kelapa yang menjulang tinggi. Cukup nikmat rasanya menikmati hempasan angin laut yang sepoi di bawah pohon Kelapa seraya melepas lelah. Rasa capek sepanjang perjalanan sedikit menghilang.

Tahun 2001, aku pernah menginjakkan kaki di pantai ini. Walau tidak persis tempatnya, namun tahun itu (saat aku masih SMP) sekolahku pernah mengadakan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) di pantai ini. dulu, tidak jauh dari pantai ini terdapat sebuah pohon Kelapa yang tingginya melebihi rata-rata pohon Kelapa lainnya. Tingginya dua kali lipat dari pohon Kelapa lainnya. Aku masih ingat itu, bahkan salah satu temanku dulu bilang kalau pohon Kelapa itu (dulu) menjadi titik target mereka bersandar saat sedang melayar. Layaknya sebuah Mercusuar, menjulang tinggi dan dijadikan sebuah tanda patokan bagi nelayan setempat.
Pemandangan di pantai Nyamplungan, Karimunjawa
Pemandangan di pantai Nyamplungan, Karimunjawa
Pemandangan di pantai Nyamplungan, Karimunjawa
Di pantai ini, aku bertemu dengan beberapa warga yang sedang memperbaiki mesin kapalnya. Aku berbaur dengan mereka berbincang santai. Aku kenal dengan salah satunya, namun beliau tidak paham denganku. Cukup lama kami ngobrol, aku pun keceplosan pakai bahasa Bugis. Bapak tersebut kaget. Akhirnya aku mengaku, dan malah dapat jeweran dari beliau. Nasib bener kan haaaa. Selesai berbincang lama, aku pun ijin melanjutkan perjalanan ke pantai selanjutnya. Namun sebelumnya, aku akan berhenti di rumah kakakku untuk makan siang, mandi, dan sholat dhuhur.
Baca juga postingan yang lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

35 komentar :

  1. boleh di kunjungi juga tuh nanti saat liburan :)

    ReplyDelete
  2. Mas Nasir domisili Karimun Jawa to?
    Pantai yang satu ini pasti gak ada dipaket2 tour Karimun Jawa yak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya asli Karimunjawa, sekarang domisili di Jogja.
      Iya mas, ada banyak pantai yang di Karimunjawa dan sedang saya tulis namun tidak masuk di paket wisata. Kan pantai di Karimunjawa sangat banyak :-D

      Delete
    2. Kapan pulang ke KarJaw Mas? hahaha
      Jogja? kita bisa ngopi2 bareng dong Mas, yooook..

      Delete
    3. Bulan depan pas lebaran heeee, kemarin abis balik sih bulan april. Wahhh ayoo haaa..

      Delete
  3. Pantainya masih bersih yah mas
    alamnya juga masih asri

    ReplyDelete
  4. Mantap mas pantainya, apalagi klo berenang dibawah pohon pasti ga bakal kepanasan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas bener, kalo berenang di pantaikkan biasanya kepanasan. kalo disini ada buat berteduhnya :D

      Delete
  5. pantai ohh pantai hehehe pengen ke pantai lagiiiii :D

    ReplyDelete
  6. wajib di kunjungi tuh saat liburan nanti :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaaa, semoga banyak waktu libur *kalo udah jadi karyawan itu susah :-(

      Delete
  7. banyak pohon kelapa ya mas, sejuk banget,

    ReplyDelete
  8. mantap kayanya disana banyak pohon kelapa dan nampak adem ayem..kayanya berlibur kesana bisa ngilangin penat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heeee, ada waktunya untuk bersantai mas. Capek juga kerja terus-terusan :-D

      Delete
  9. Pemandangannya bagus banget. masih alami

    ReplyDelete
  10. bersih kali O_o tapi tetep lebih naksir ama pantai ujung gelam. xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaaa, iya karena pantai Ujung Gelam pasirnya lebih luas :-D

      Delete
  11. karimun jawa, masih nyangkut di list tujuan liburan tapi belum sempat-sempat

    ReplyDelete
  12. Banyak banget pantai yang keren-keren ya di Karimun Jawa.

    ReplyDelete
  13. Wah2, onthel kemana mana kang? Nice post ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaaa, hanya di tempat yg dekat-dekat, kang :-D

      Delete
  14. Memang gak ada habisnya kalo ngomongin traveling. Seru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di manapun tempatnya, pasti kita bisa menikmatinya, mas :-d

      Delete
  15. Itu dijewer tadi kenapa mas, emangnya knapa pakai bahasa bugis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dijewer karena sengaja nggak bilang kalo aku adeknya temannya bapak tersebut -)

      Delete
  16. Artikel bagus mas nasirullahsitam, lanjutkan tulisanmu mas,,
    salam :) paket karimunjawa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas Jambrong :-)
      Semoga Karimunjawa bisa menjadi lebih baik, muali dari jalan, bangunan, maupun kapal yang menyeberang :-)

      Delete