Kriuknya Belalang Gunungkidul

Sebagai orang yang terlahir di kepulauan, tentu aku sudah terbiasa makan sebagian biota di laut. Misalnya Ikan, Kepiting, Cumi, Gurita, Kerang, dan lainnya. Hampir semua biota di laut bisa dimakan, hanya saja sekarang yang jadi pertimbangan adalah ada beberapa jenis biota yang dilindungi karena hampir punah. Oke, lupakan saja tentang seafood. Karena kali ini tema kuliner yang aku tulis tidak berkaitan dengan laut.

Bulan lalu aku mendapatkan kiriman makanan dari Gunungkidul. Kali ini makanan yang aku dapatkan bukan lagi Tiwul, atau sejenisnya. Makanan yang terdapat di dalam satu toples kecil adalah belalang. Hemmm, iya Belalang beneran. Kalian mau? Sebenarnya ini bukan makanan ekstrim sih, karena bagi orang/anak desa yang mempunyai kebun dulu waktu kecil pasti pernah memakan Belalang jenis ini. Lebih simpelnya sih hanya dibakar saja, terus dilahap.
Makanan agak ekstrim, Belalang Gunungkidul
Makanan agak ekstrim, Belalang Gunungkidul
Kalau kita pernah menuju Gunungkidul, di pinggiran jalan biasanya ada yang jualan Belalang diikat. Kalau mau lebih mudah, kalian bisa mencari toko yang menjual belalang sudah siap makan. Ada banyak pilihan seperti Belalang Goreng atau Belalang Bacem. Warnanya kalau sudah digoreng menjadi lebih merah dan kering. Aku pun mulai mencicipi, waktu aku gigit, seperti suara kerupuk. Kriuk-kriuk, rasanya pun cukup khas dilidah. Ini adalah kedua kalinya aku menikmati Belalang dari Gunungkidul, sangat enak kok.
Mencicipi Belalang Goreng *sebelum bulan puasa
Mencicipi Belalang Goreng *sebelum bulan puasa
Menurutku Belalang ini enak kok, malah teman-teman yang lain melahap belalang ini dengan cepat. Bagi orang daerah Gunungkidul dan sekitarnya, belalang merupakan lauk yang biasa dimakan. Seperti halnya aku anak pantai yang makan ikan. Jika kalian dari luar Gunungkidul dan ingin mencicipi kuliner unik dan khas, aku sarankan kalian mencoba membeli oleh-oleh Belalang goreng seperti ini.

Memang tidak semua orang suka dengan Belalang, tapi kalau memang kalian penasaran seperti apa rasanya. Tidak ada salahnya bagi kalian yang pulang atau mau berangkat menuju pantai di sekitaran Gunungkidul untuk membelinya dan coba mencicipi. Aku yakin kalian pasti akan ketagihan untuk menikmatinya. Hemmm, ada yang mau Belalang ini?
Baca juga tulisan yang lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

22 komentar :

  1. Aku nyobain belalang di bangkok, dan sukses muntah trus 1 harian macam ada yg nyangkut di tengorokan #Mual

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaaa, rada seret gimana gitu tenggorokan, om haaaa

      Delete
    2. Ampun dech, ngak mau lain kali nyoba yg aneh2

      Delete
    3. Haaa, kayaknya harus wisata kuliner ekstrim di Sulawesi om. Coba makan Paniki haaaa

      Delete
  2. aku ngeliat gambar dulu baru liat judul. dikira itu udang, ternyata belalang ya :3 keliatannya sih enak tapi gak berani nyoba soalnya makanannya anti-mainstream buat seorang masyarakat daerah yang gak ada kuliner seperti itu :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaaa, coba sekali-kali biar tau rasanya haaa

      Delete
  3. Kalo yg kecil emang enak mas, tapi yg gede gitu malah geli liatnya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaaa, langsung libas aja jangan dilihatin haaaa

      Delete
  4. yaa ampun, ngeliatnya aja udah pengen muntah, apalagi nyoba :(

    ReplyDelete
  5. aku suka makan belalang ini hehehe enak loh rasanya kaki nya di buang biar engga nyangkut di tenggorokan :D

    ReplyDelete
  6. Aku juga nulis soal Belalang Goreng disini "Kumpulan Sentra Kuliner di Yogyakarta" http://wp.me/p32Qj6-53

    ReplyDelete
  7. waw aku belum pernah makan belalang, rasanya gimana ya *mikir keras

    ReplyDelete
  8. kayaknya saya belum berani makan ini hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi menarik juga kalo mau dicoba, mbak :-D

      Delete
  9. Belalang salah satu menu wajib yang saya cari kalau lagi main ke Gunungkidul Yogya mas, rasanya tidak ada duanya apalagi garingnya itu loh yang mantaps.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heeee, ayao kang abis dari Semarang lanjut ke Jogja lagi :-D

      Delete
  10. enak banget nih makan belalang, saya suka ketagihan kalau makan belalang :)

    ReplyDelete