Kuliner Saoto [Soto] Bathok Mbah Katro Jogja

Jogja memang tidak ada habisnya kalau mengulas tentang kuliner. Beberapa pakan sebelumnya, aku banyak mengulas tentang jajanan pasar. Namun kali ini, aku untuk sementara mengulas kuliner lainnya. Setelah ini pasti jajanan pasar kembali menghiasi tulisanku setiap hari rabu (selama stok tulisan masih ada).

Jika tidak salah, satu minggu lalu di beberapa sosmed sedang ramai membahas tentang soto. Ya, menu sarapan pagi yang menggugah selera ini sempat menghiasi beberapa akun sosmed di Jogja. Mungkin karena kemasan dan namannya unik, jadi orang-orang menjadi penasaran. Aku pu terlarut dalam penasaran untuk mencicipi soto tersebut. Nama di plangnya adalah Saoto Bathok Mbak Katro. Ingat Saoto tulisannya, bukan Soto. Walau sebenarnya ini adalah Soto Daging Sapi. Soto ini buka setiap hari pukul 06:00 wib, kalau akhir pekan malah buka lebih awal, yakni 05:30 wib.
Lokasi Saoto Bathok di Sambisari
Lokasi Saoto Bathok di Sambisari
Lokasi Saoto Bathok di Sambisari
Bertepat di jalan Sambisari atau lebih tepatnya utara Candi Sambisari. Soto ini sudah sangat popular dikalangan pecinta kuliner. Arahan jalannya cukup mudah. Jika dari Jalan Solo cari jalan ke arah Candi Sambisari. Tepat di depan parkir Candi ambil jalan belok kiri, nanti menyusuri jalan tersebut ketemu lokasinya. Sangat dekat dengan Candi Sambisari. Cukup mudah bukan?

Tempat soto ini pun sangat luas. Tidak seperti soto-soto biasanya yang hanya dalam satu rumah. Soto Bathok ini dikonsep seperti tempat kopian. Di kawasan sawah dan sangat luas, sehingga dengan mudah kita dapat mencari tempat duduk yang sesuai dengan selera. Ada semacam balai yang bisa diduduki orang banyak, ada juga tempat yang hanya bisa diduduki sekitar lima orang. Untuk anak kecil tidak usah risau. Ada beberapa tempat yang disediakan untuk bermain anak-anak seraya menunggu pesanan datang.
Lokasi warung Saoto Bathok yang luas
Lokasi warung Saoto Bathok yang luas
Lokasi warung Saoto Bathok yang luas
Lokasi warung Saoto Bathok yang luas
Ups, dari tadi ngomongin Soto Bathok, pasti bertanya-tanya. Apa sih yang menarik dan unik dari soto ini? Sebenarnya yang paling membuat penasaran adalah cara penyajiannya, kalau biasanya sajian soto itu menggunakan mangkuk. Di sini mangkuk diganti dengan Bathok, atau kulit kelapa. Ingat bukan sabut kelapa ya. Mungkin penggunakan batok kelapa lebih sering digunakan untuk tempat minum jamu (biasanya di pasar tradisional seperti itu). Kali ini batok digunakan untuk pengganti Mangkuk. Pada bagian dasar batok diberi pengganjal semacam kayu persegi dan beri bawahan piring kecil dari tanah liat. Unik banget kan? Seperti inilah tampilan dari Soto Bathok yang aku nikmati pagi ini.
Inilah Saoto (Soto) Bathok
Inilah Saoto (Soto) Bathok
Inilah Saoto (Soto) Bathok
Inilah Saoto (Soto) Bathok
Aku pun menikmati semangkuk soto, tiga buah tempe goreng, segelas jeruk hangat, dan setusuk sate telur. Cukup lahap makannya, dan benar-benar nikmat kalau dinikmati saat pagi hari. Pengunjungnya pun tidak kalah banyaknya, walau masih pagi tetap saja antri untuk mencari tempat. Kisaran harganya pun sangat terjangkau. Total semua makanan yang aku habiskan hanya mengeluarkan uang sebesar Rp. 10500. Jadi untuk rincian harganya adalah Soto 5000/porsi, Jeruk Panas 2000/gelas, Sate 2000/tusuk, tempe goreng 500/buah. Sangat murah kan? Di sini juga aku bertemu dengan rombongan bapak-bapak dari Pringwulung yang juga bersepeda. Jadi aku ikut berbaur dengan beliau. Orangnya sangat ramah-ramah, bahkan aku diajak join bersepeda bareng selepas makan soto.
Menikmati Saoto (soto) Bathok
Menikmati Saoto (soto) Bathok
Menikmati Saoto (soto) Bathok
Selesai membayar dikasir, aku pun mengikuti kumpulan bapak-bapak yang memang searah jalanku pulang. Kami sengaja melewati jalan ke arah Stadion Maguwo, berlanjut ke Concat, lalu berpisah di dekat Jembatan Merah Gejayan. Rombongan pada belok kiri, dan aku lurus sengaja mutar kota lebih dulu ke arah Tugu – Malioboro – lalu balik lagi ke kos. Akhir pekan yang hanya difokuskan untuk menikmati Soto Bathok saja. Minggu depan sepertinya cari tempat lain lagi.
Baca juga postingan yang lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

45 komentar :

  1. Wah begitu lezat dan nikmatnya soto bathok ini

    ReplyDelete
  2. Laper subuh-subuh nih, Bang. *ngiler* O_o

    Oh, iya. katanya di jogja lagi musim es krim pot loh, Bang. Dibikinin postingannya juga dong~ *atau malah udah ada yak*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, ini bahannya sudah ada yang Es Krim Pot, tinggal posting :-D

      Delete
  3. owh disebut soto bathok karena tempatnya pake batok kelapa yah mas

    ReplyDelete
  4. begitu ramai pengunjungnya mas :)

    ReplyDelete
  5. duh pagi-pagi baca postingan makanan jadi ngiler nih :)

    ReplyDelete
  6. tempat dan pemandangannya bagus juga tuh buat kumpul bareng keluarga sama temen-temen :)

    ReplyDelete
  7. mantep deh mas makan soto di pinggir sawah
    btw itu yang di tusuk telor puyuh bukan?

    ReplyDelete
  8. Ah jadi laper deh.. mari makan soto :G

    ReplyDelete
  9. Itu yang berkuah ramen bukan ?? hmm, jadi pengen makan ramen deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bukan ramen gan. tapi soto semua, hanya ada campuran kecambah aja, tapi kalau dalam foto tampak seperti mie, makanya kayak ramen.

      Delete
  10. mulai lapaaaarrr -___-
    oh, tempatnya di batok, bukan mangkok. jadi namanya soto batok, mas ?

    ReplyDelete
  11. Keren inovasi penyajian sotonya pakai bathok kelapa ya Kang, hm,,,, apalagi suasanya indah banget di alam pedesaan kaya gitu, pasti tambah sedap deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya langsung terasa nikmat, kang :-D

      Delete
  12. tempat yang nyaman dengan santapan yang sedap pasti akan mengasikkan. apalagi kalau bersantab sambil berkumpul kawan atau keluarga...akan tambah meriah ya gan.....aku belum pernah kesana dulu gan....kalau soto di jalan parang tritis sih sering....heeee

    ReplyDelete
  13. tempat yang nyaman dengan santapan yang sedap pasti akan mengasikkan. apalagi kalau bersantab sambil berkumpul kawan atau keluarga...akan tambah meriah ya gan.....aku belum pernah kesana dulu gan....kalau soto di jalan parang tritis sih sering....heeee

    ReplyDelete
  14. tempatnya bagus, sajiannya unik, harganya murah meriah
    mantab sangat itu saoto gan! :matabelo:

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga terjangkau dengan dompet mahasiswa :-D

      Delete
  15. Tempat nya lucu banget dari bathok kelapa, yg gw tau sech bathok kelapa biasanya buat minum jamu kalo di gresik :-)

    ReplyDelete
  16. wah ajdi lapar nie mas rullah heehe

    ReplyDelete
  17. I'm interested in your article. I also have a similar article about Indonesia you can visit Information Regarding Indonesia for more info

    ReplyDelete
  18. artikelnya sangat menarik gan, ditunggu ya artikel berikutnya yang lebiiiihhh menarik hehe

    ReplyDelete
  19. tempatnya nyaman ya bikin betah :)

    ReplyDelete
  20. murah naan, keliatanya enak, nuansanya jg pedesaan banget (y)
    maaf sekalian ngasih info nih, kalo ada yang mau mesen catering murah disini tempatnya, menyediakan catering nasi box sampai prasmanan, dan pilihan menu yg bermacam-macam, cek dulu yaa :)
    Terimakasih..

    http://www.bumentik.com/search/label/Nasi%20box

    ReplyDelete
  21. Soto tuh gimana rasanya soalnya saya belum pernah coba, jadi malu padahal orang indonesia.

    ReplyDelete
  22. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai wisata kuliner Indonesia. Indonesia yang terdiri dari berbagai daerah yang memiliki ke khasan wisata kulinernya masing-masing. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai pariwisata indonesia yang bisa anda kunjungi di www.pariwisata.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete
  23. Absolutely site very inspiring at all thank you for the information.

    ReplyDelete
  24. konon katanya kalo weekend setelah jam makan siang soto bathok ini ludes stoknya :D

    ReplyDelete