Mencicipi Kue Singkong Keju

Singkong, tentu kita sudah sangat familiar dengan Singkong. Ada banyak makanan yang bisa dibuat dengan bahan dasar Singkong. Kalau kita di desa/kampung lebih seringnya makan singkong yang digoreng atau direbus. Kalau masih lajang dan sering kumpul bareng teman-teman di tongkrongan, tentu pernah membakar Singkong untuk dinikmati malam-malam seraya bermain gitar dan ngerokok.

Kalau kita berada di kota-kota besar, dan berkunjung ke tempat pembuatan roti. Sering kita menemukan makanan yang terbungkus kemasan kecil berasal dari Singkong. Namanya pun tetap Singkong, tapi dibelakangnya ada tambahan dengan nama “Keju”. Ups, ya Singkong Keju. Makanan dari bahan dasar Singkong yang dikemas sedemikian rupa. Aku yakin kalian pernah memakannya, kue ini lebih sering muncul kalau sedang ada rapat dikantor ataupun instansi-instansi lainnya.
Singkong Keju
Salah satu gambar Singkong Keju
Singkong Keju ini ditaburi dengan parutan Kelapa. Bentuknya pun sudah tidak seperti Singkong. Singkongnya dikupas dan diparut dan dibuat model seperti ini. Diiris kecil-kecil lalu dikemas dengan demikian rupa. Tidak lupa sebatang lidi diselipkan agar saat kita menikmati bisa menusuknya dengan lidi tanpa harus memegang langsung. Rasanya tetap sama, hanya lebih manis dan lembut saja.

Semakin banyak orang kreatif membuat makanan yang biasanya hanya disajikan dalam bentuk biasan menjadi lebih menarik. Harganya pun bisa jauh lebih mahal heeee. Aku yakin, kalian yang sering mengadakan rapat pasti tidak asing dengan Singkong Keju ini. Atau di tempat kalian namanya beda? Apapun namanya, tetaplah Singkong. Dan lidah kita sudah terbiasa dengan menu seperti ini.
Baca juga postingan yang lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

28 komentar :

  1. panganan ndeso rasa kuto :)

    wihh asli menarik banget, tampilan dan rasanya pasti menggoda untuk melahapnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaaaa, berarti besok aku mau bahas yg lebih elegan (baca; Tiwul dan Gatot) :-D

      Delete
  2. aku belum pernah icip2 singkong keju, jadi pengen nyoba,,, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ini.... Kayaknya mesti coba deh mbak :-D

      Delete
  3. *tergoda*
    Beberapa hari yang lalu makan ini. Enak sih. Tapi lebih enak pas anget angetnyaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga godaan ini tidak menyesatkan :-D

      Delete
  4. Udah lama nih ga nemuin singkong keju, kebanyakan di olah jadi keripik singkong

    ReplyDelete
  5. untuk kejunya yang mana ya? gak kelihatan di gambarnya? cuma ngelihat kelapanya saja...
    maklum saya belum pernah makan :)
    apakah singkong keju hanya sebuah nama, dimana kejunya tidak ditaburkan?

    gambar seperti link dibawah ini sih ada kejunya :)
    http://bandung.panduanwisata.id/files/2013/09/20130309_113419.jpg

    Kalo makan singkong ditambah minum teh, enak rasanya ya :)

    ReplyDelete
  6. Nah kan baca ini post bikin gue ngidam :')

    ReplyDelete
  7. aduh jadi pengen beli nih, tanggung jawab ya , yang bayarin nya :D

    ReplyDelete
  8. kue singkong + keju euuuh mantap kayanya
    bikin ngiler aja

    ReplyDelete
  9. Kalo dulu udah ada makanan ini, Ari Wibowo gak bakal nyanyi:

    aku suka jaipong, kau suka disko~ o o o o
    aku suka singkong, kau suka keju~` o o o o

    wong singkong dan kejunya bisa nyatu gitu. xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaaa. Aku malah baru ingat lagu itu, sempat waktu nulis ingat, udah aku tulis dibait pertama :-D

      Delete
  10. ini bakal jadi ciri khas blog keren ini mantap mas...

    ReplyDelete
  11. bikin ngiler aja ah
    salam kenal :)

    ReplyDelete
  12. waahh udah lama nih gak cicipin makanan dari bahan singkong :D
    jadi pengen makan tuh gambar =))

    ReplyDelete
  13. terimakasih informasinya sangat bermanfaat, saya tunggu artikel" selanjutnya ya..
    jangan lupa kunjungan baliknya gan, thanks

    ReplyDelete
  14. kue singkong keju terlihat enak ya, meskipun tampilannya sederhana..

    ReplyDelete