Dikasih Empek-empek Palembang

Empek-empek Palembang, yah makanan yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi kita pecinta kuliner. Hampir disetiap kota besar, kita dapat menemukan tempat yang berjualan Empek-empek. Tidak terkecuali di Jogja. Paling gampang itu ya depan Mirota Kampus (UGM). Tempat lain juga ada banyak, bahkan yang model mendorong gerobak pun ada disepanjang jalan. Sangat familiar sekali makanan ini, terutama yang Kapal Selamnya.
Empek-empek Palembang kiriman dari teman
Empek-empek Palembang kiriman dari teman
Empek-empek Palembang kiriman dari teman
Aku tidak membahas tentang cara pembuatannya, karena sudah banyak yang menulis resep, bahan, serta cara pembuatannya. Pada beberapa hari kemarin, kami yang ada dikantor dibawakan oleh-oleh Empek-empek dari salah satu mahasiswa. Dia tidak berasal dari Palembang, namun dari Jambi. Tapi dia tetap membawa Empek-empek untuk dibagikan ke kami serta seluruh teman seangkatannya. Lengkap sudah, siang-siang lagi habis kumpul bareng terus disuguhi Empek-empek.

Namanya juga oleh-oleh, tidak seru kalau dimakan sendiri. Jadi kami langsung antri mengambil Empek-empek dan menuangkan bumbu yang sudah tercampur pada satu botol air mineral. Rasanya jauh lebih enak ini daripada yang dibuat di Jogja. Ahh, mungkin karena efek dari gratis dan juga lapar. Tapi beneran kok, lebih pedas dan kenyal. *bayangin lagi makan lagi.

Inilah enaknya kalau kerja disalah satu tempat pendidikan. Kalau lagi masa belajar kembali setelah liburan, ada saja yang dibawa mahasiswa untuk dimakan bersama. Biasanya makanan ditaruh pada satu tempat, terus mahasiswa dan staf makan bareng-bareng. Seru kan? Beberapa hari lalu yang aku tulis (Lopis Ketan dan Ketan Bubuk Kedelai) juga dari mahasiswa. Jadi kalau setiap mahasiswa bawa makanan, kayaknya bakalan jadi tulisan lagi.
Baca juga postingan yang lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

31 komentar :

  1. Wow.. Jepretan fotonya menggoda sekali. Foto pempek palembangnya bagus sekali, sudut pengambilannya tepas sekali, Wow sangat menggugah selera. Bagi traveler tertentu kadang lebih suka berburu KULINER yang lain dari yang lain di daerah tujuan wisata yang dikunjungi nya. Mereka cenderung lebih senang wisata kuliner yang berbeda dan unik yang tidak dapat ditemui di daerah asalnya. Bagi saya pribadi Pempek akan tetap enak dan asyiik sekali di mana saja berada. Kunjungan dinii hari heiheihiehihee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heee, kunjung dinihari berarti sedang lembur pak :-)
      Iya, Empek-empek memang nikmat, pak :-)

      Delete
  2. Replies
    1. Bang Zach Flazz mau bayarin katanya
      Atau Barter sama KLEPON

      Delete
  3. sudah lama nih saya engga makan empek-empek hehehe kangen empek-empek jadinya :D

    ReplyDelete
  4. Saya penggemar berat Empek Empek. Kirim ke Bogor sebungkus napa Mas Rullah..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya cek Blognya Gun FIrdays tidak ditemukan "Maaf, blog di gunadifirdaus blogspot com telah dihapus. Alamat ini tidak tersedia untuk blog baru"

      Delete
    2. maaf blog adress nya sdh ganti kang Asep....hehe. http://sederhanaperjalanan.blogspot.com/?m=1

      Delete
  5. Kalau lagi di rumah ngiler pempek tinggal keluar, tapi sekarang........ jadi bisa emut jari.....

    ReplyDelete
  6. Dulu aku sempat makan pempek di deket kosan sewaktu di Palembang.. Enaaaak banget.. Per bijinya cumak 2 ribu rupiah.. Kuahnya pedes plus banyak ebi.. Jadi kangen deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. *kode buat balik ngekos di Palembang kayaknya ini :-D

      Delete
    2. Hahah.. Enggak kooook.. Malah ngga pengen balik ke sana :P

      Delete
    3. Kakakakka, siapa tahu pengen balik lagi haaaa

      Delete
  7. bauahahaha! udah paling nggak tahan sama pempek asli palembang plus cuka.
    gue sering banget dibawain pempek dari paman gue kalau dia lagi main ke jakarta. dan rasanya itu superior sekali! apalagi, pempek kriting. haduh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoknya kalau empek-empek Palembang itu bikin nelan ludah haaa

      Delete
  8. haduh empek-empeknya terlihat mantap,jadi pengen makan empek-empek juga :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya harus cepat-cepat beli ini :-D

      Delete
  9. artikelnya sangat bermanfaat dan sangat membantu dalam menambah pengetahuan saya.
    terimakasih banyak gan :)

    ReplyDelete
  10. Memang lezat makanan yang satu ini, dulu waktu ke palembang sy sengaja sempet2in buat beli :) walau dimana2 banyak tapi kaya beda aja kalau beli langsung dari palembang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaa, benar kalau ke tempat aslinya itu lebih seru aja :-)

      Delete