Legitnya Kue Lopis Ketan yang dilumuri Gula Merah

Ngomongi kue lagi? Baiklah sepertinya dalam beberapa pekan banyak kue yang aku cicipi, namun sebelum kucicipi masih sempat aku abadikan terlebih dahulu. Kalau pekan kemarin aku menulis tentang Carang Gesing, kali ini aku menulis kue yang bentuk bungkusannya seperti itu juga. Hemmm, penasaran atau tidak? Semoga kalian agak penasaran apa nama kuenya, bagaimana rasanya, tampilannya, dan lain-lainnya. Baiklah kali ini aku akan bahas kue Lopis Ketan.

Pasti kue Lopis Ketan ini bukan kue yang baru kalian lihat. Waktu kecil, ibuku sering membuat kue ini saat puasa. Keluargaku aadalah campuran antara Bugis + Mandar, jadi ibuku cukup cakap kalau disuruh membuat kue-kue basah seperti ini. baik di Jawa maupun Sulawesi mungkin namanya sama Lopis. Untuk di Sumatera aku kurang paham, atau malah ditempat-tempat lain. Kalau temanku yang dari Sabang bilang sih, dia sering juga makan kue ini. Tuh kan, kue Lopis sudah dikenal dimana-mana.
Kue Lopis Ketan dibungkus daun Pisang
Kue Lopis Ketan dibungkus daun Pisang
Kue Lopis Ketan dibungkus daun Pisang
Kue Lopis berbahan dasar Ketan, prosesnya hampir mirip dengan pembuatan Carang Gesing juga. Namun yang membedakan adalah tampilan penyajiannya. Kue ini disajikan dengan potongan kecil-kecil ketannya, lalu ditaburi dengan parutan kelapa, serta dilumuri cairan gula jawa/merah pada permukaannya. Menggiurkan sekali ini kue, coba lihat kalau nggak percaya. Sudah dapat menduga kan seperti apa rasanya?

Menurut informasi dari teman yang membawa kue ini ke tempat kerjaku, dia membeli kue Lopis Ketan ini seharga 2k saja. Pada satu bungkus terdapat enam potongan ketan yang telah dilumuri gula Jawa. Kue-kue seperti ini akan lebih mudah didapatkan di pasar-pasar tradisional. Kalau temanku ini membelinya diarea pasar Ngipik, Jogja. Katanya dipasar itu kue ini sangat laris banget, tidak sampai siang yang jualan sudah tutup karena habis. Ada yang belum pernah mencicipi kue Lopis Ketan? Sepertinya kalian harus mencari dan mencicipnya agar tahu bagaimana nikmatnya kue-kue yang sudah jarang ditemukan seperti Kue Lopis Ketan ini.

Sepertinya kue ini juga sering banget kita temukan kalau lagi musim puasa, banyak orang yang menjajakannya saat menjelang buka puasa. Kalau kalian di Jogja, silakan berburu kue ini dimanapun tempatnya. Sebenarnya temanku nggak hanya bawa kue Lopis Ketan saja loh ke tempat kerja, ada lagi satu kue yang dia bawa. Nanti aku postingkan nama kuenya, yang penting aku libas dulu kue-kue yang dia bawa heeee. Ada yang mau?
Baca juga postingan yang lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

22 komentar :

  1. Bisa pas gini ya ? saya juga lagi sarapan sama kue lopis dengan gula aren nih... he, he, he,,

    ReplyDelete
  2. LOPIS atau Lupis ini menjadi salah satu menu kegemaran saya. Cemilan yang keren banged. Namun disarankan agar kita sudah kenyang terlebih dahulu. Maksudnya bukan menyantap LOPIS dengan NIAT mau Kenyang. Sebab menu utama kita kan Karbo maksudnya Nasi. Jadi cemilan ini enak disantap sebagai cemilan saja. Bukan diniati untuk kenyang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kalau abis dua bungkus kenyang loh pak :-D

      Delete
    2. biarpun kenyang, tetap aja nyari nasi....

      Delete
    3. Kalau belum makan nasi, itu belum makan *sebagian masyarakat Indonesia :-D

      Delete
  3. wah gawat, ini kue kesukaanku...
    kalo di tulungagung, atasnya ditaburi bubuk kedelai... nyam nyam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehemm, minggu depan aku kasih makanan yang ditaburi bubuk kedelai mbak -D

      Delete
  4. Waktu kecil dulu lebih akrab dengan Carang Gesin dibanding Kue Lopis Ketan. Tapi sekarang ga ada akrab-akrabnya sama sekali. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya harus blusukan ke pasar tradisional mas, mencari ide plus makanan :-D

      Delete
  5. kue ini biasa saya temukan di sebelah utara SPBU monjali (ada pertigaan, klu sore rame orang dagang) macam pasar kaget, ditemukan bersama, klepon, cenil, lopis , sebelahnya ada kue pukis. legit memang terlihat dari penampilanya, yang pastinya manis gula aren, ditambah taburan kelapa parut di makan sendiri tanpa bagi-bagi *lmao

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weh di utara SPBU Monjali, dekat tempat kerja.... *ntar coba ngepit kesana :-D

      Delete
  6. Aku paling suka makan kue mas. yg penting kuenya enak dan halal, aku makan. Bahkan kadang sampai lupa makan nasi.

    Kalau kue lapis ketan. Aku sering menyebutnya lapis pulut..

    ReplyDelete
  7. O_o ituh kue lopis yang sering aku beli pas SD.... udah lama banget nggak ketemu jajanan begitu lagi. di tempatku kebanyakan penjual gorengan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang kalau di SD banyakan gorengan, sosis, somay dll :-)
      Hilang yang kue kayak gini.

      Delete
  8. wah ms rullah menggoda selera hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini nyarinya dipasar Ngipik loh, masih ikutan Bantul :-D

      Delete
  9. wah itu jajanan pas masih anak-anak. :D sekarang jarang beli karena musti kepasar dulu. hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener heee, jadi kita budayakan ke pasar *eh :-D

      Delete
  10. Ini makanan surga banget, ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heeee, selain nikmat, harganya juga sangat terjangkau :-D

      Delete