Nikmatnya Kuliner Gudeg Jogja

Sudah lama aku tinggal di Jogja, dan sudah lama juga aku menikmati makanan khas Jogja yang dinamakan Gudeg. Ada banyak Gudeg yang terkenal di Jogja. Mulai dari Gudeg Yu Djum, Gudeg Mbarek Haji Amad, Gudeg Pawon dll. Untuk kali ini aku ingin menulis tentang Gudeg saja. Sudah lama ingin menulis tapi kok ya lupa terus. Baru sempat nulis *khilaf.

Didaerah tidak jauh dari tempat kerja, ada satu jalan yang lokasinya berjejeran tempat kuliner Gudeg Jogja. Lokasinya adalah diarea perempatan MM UGM. Disana ada sebuah gapura yang bertuliskan “Sentra Gudeg Sleman” Benar saja, jika kita melewatinya maka disisi kiri (kalau dari MM UGM) akan banyak nama-nama tempat kuliner Gudeg yang berjejeran. Dan sebegitu banyaknya tetap ramai semua.
Salah satu Gudeg diarea MM UGM
Salah satu Gudeg diarea MM UGM
Salah satu Gudeg diarea MM UGM
Salah satu Gudeg diarea MM UGM
Aku siang ini sengaja mengambil makan siang memesan salah satu tempat Gudeg, tepatnya Gudeg Mbarek Haji Amad. Saat siang ini sudah ramai orang yang menikmati menu Gudeg. Ditulisan menu pun sudah ada paketannya. Kalau aku lebih sering pakai Suwer Ayam plus Telur, kalau temanku senangnya pakai menu Kepala. Waktu sedang menunggu pesanan, aku melihat beberapa pegawainya sedang membungkus paketan yang menggunakan kendil (panci dari tanah liat). Untuk paketannya bisa paket makan ataupun paket kendil. Untuk paket kendil satu paketnya antara 100k keatas.
Salah satu karyawan membungkus pesanan gudeg
Salah satu karyawan membungkus pesanan gudeg
Salah satu karyawan membungkus pesanan gudeg
Salah satu karyawan membungkus pesanan gudeg
Selesai pesan aku kembali ke kantor untuk menikmati menu makan siang ini. Hemmm, benar-benar menggugah selera makan ya? Haaaa. Ada yang minat? Suwiran ayam ditambah telur membuat perut ini kenyang. Rasanya yang pasti manis, karena di Jogja itu identik dengan manis (kulinernya). Aku yakin diantara kalian yang membaca pasti sudah ada yang pernah makan Gudeg dimanapun lokasinya. Jika kalian minat untuk memesan Gudeg, ini aku sertakan alamat sama nomor hp yang bisa kalian hubungi.
Menu Gudeg memakai terlu dan daging suwir
Menu Gudeg memakai terlu dan daging suwir
Menu Gudeg memakai terlu dan daging suwir
Menu Gudeg memakai terlu dan daging suwir
Alamat Gudeg yang aku pesan
Alamat Gudeg yang aku pesan
Selain Gudeg, tentu masih banyak lagi makanan yang ada di Jogja untuk kalian cicipi. Memang tidak lengkap rasanya kalau kita berada disuatu tempat tanpa mencicipi makanan khas daerahnya. Tidak diwajibkan untuk mencicipi sih, tapi dianjurkan untuk mencoba mencicipinya heeee. Dimanapun kita berada, pastinya kita bisa merasakan kuliner-kuliner yang membuat lidah kita ingin terus menikmati rasanya.
Baca juga postingan yang lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

14 komentar :

  1. waktu hamil ketiga aku ngidamnya gudeg jogja, tapi harus yg kaki lima...aneh ya? hehe
    kalau sedang di jogja makanan yg gak boleh ketinggalan adalah gudeg sama lotek :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti berburu gudegnya waktu tengah malam mbak :-)

      Delete
  2. anjrit ngileeer.... wajib dikunjungin nih klo ke jogja

    ReplyDelete
  3. enak nih, saya juga mau. saya pernah makan tp di mbh lurah mas.

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Nggak lengkap rasanya kalau belum makan kuliner ini saat di Jogja :-)

      Delete
  5. Wow ... gudeg Jogja sungguh menggoda, nendang rasanya!
    Meskipun hati kecil sering mengingatkan bahwa masakan ini bukan termasuk makanan sehat. Nutrisinya telah rusak oleh proses pemasakan yang sangat lama. :-)

    ReplyDelete
  6. Namanya Bu Hajjah Ahmad kan mestinya?

    ReplyDelete