Kerake Bagus Rase; Kue dengan Kemasan Unik dari Lombok Timur

Beberapa hari yang lalu kami (staf kantor) mendapatkan oleh-oleh dari mahasiswa yang berasal dari Lombok Timur. Nama kue yang dibawa adalah Kerake. Hemmm, aku jadi penasaran dengan Kerake yang terbungkus rapi terbuat dari anyaman bambu alias besek. Begitu kami buka, kami terperangah bentuknya. Salah satu teman kerja bilang “mirip pocong” *eh. Haaaa, bener nggak sih? Hanya mirip loh ya, sekilas saja lihatnya. Tapi kalau diamati seksama ya benar-benar mirip *jleb.
Kerake Bagus Rase dari Lombok Timur
Kerake Bagus Rase dari Lombok Timur
Dalam satu besek isinya ada 25an. Dari berbagai informasi yang aku dapatkan di internet, Kerake ini terbuat dari sejenis ketan. Rasanya memang cukup manis kok. Kerake ini dibungkus menggunakan kulit jagung, kemudian diikat menggunakan seutas bilahan bambu kecil. Jadi tidak menggunakan bahan terbuat dari plastik/rafia untuk mengikatnya. Hati-hati kalau membuka, takutnya kulit tangan bisa tergores kalau nggak sengaja membuka dengan asal-asalan.
Kue Kerake Bagus Rase dari Lombok Timur
Kue Kerake Bagus Rase dari Lombok Timur
Kue Kerake Bagus Rase dari Lombok Timur 
Iseng-iseng aku posting kue ini di Instagram, FB, dan Twitter. Ternyata ada respon dari Twitter, salah satu temanku yang berasal dari Lombok (Jaelani) bilang kalau itu kue khas dari Lombok Timur tempatnya teman kuliah (Ari Krebo dan Ummah). Dan benar saja si empunya (Ummah) bilang kalau Kerake memang dari daerah dia. Malah dia bilang mirip Pocong dan Ta** Meong. Duh malahan haaa, sadis banget ini orang haaa. Nggak Cuma kami dan Ummah saja, teman-teman lain di FB juga berkomentar yang sama. Mirip *pocong haaaa. Biarlah, yang penting enak kami makan.
Beberapa teman yang komentar mengenai Kerake
Beberapa teman yang komentar mengenai Kerake
Aku melihat tempat pembuatannya yang terpasang disetiap Kerake. Disana bertuliskan “Kerake Bagus Rase” yang berasal dari Kelayu, Lombok. Jika sedang main-main ke Lombok mungkin bisa mampir sejenak untuk membeli Kerake sebagai oleh-oleh keluarga. Ini aku cantumkan dibawah untuk tempat pemesanannya, informasi dibawah aku dapatkan dari beberapa blog yang sudah memposting lebih dahulu tentang Kerake dan sumber informasi lain dari label Kerake yang diberikan pada kami.
Kerake Bagus Rase
JL. Umar, No. 111, Mataram
Tel 0376 216 17
DEPKES RI SP.NO. 02/23-03/97
Baca juga postingan yang lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

6 komentar :

  1. Aih..sedap tuh kerate, kayak dodol ya.....tapi, iya sih mirip pocong, hahahha

    ReplyDelete
  2. wahhh mantep abis rullah hehe kece badai dah...itu saya dikirim via email satu boleh hehe...

    ReplyDelete
  3. Jadi mau cicipi mas makanannya ... hehehe

    ReplyDelete