“Bagea” Kue Kering terbuat dari Sagu

Jika minggu kemarin aku membahas tentang kue Kerake yang berasal dari Lombok Timur, NTB. Kali ini, aku akan membahas kue kering lainnya yang berasal dari Indonesia Bagian Timur. Nama kuenya Bagea. Ada yang pernah makan Bagea? Menurut Wikipedia, aku kutip Bagea adalah kue tradisional khas Maluku, Maluku Utara, dan Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Indonesia. Kue khas dari Indonesia Bagian Timur ini terbuat dari bahan dasar Sagu. Hemmm, jadi kepikiran kan? Kalau biasanya kue itu identik terbuat dari bahan dasar Tepung – Terigu, kali in bahan dasarnya Sagu. Ada yang pernah mencicipinya?
Bagea, kue yang terbuat dari bahan dasar Sagu
Bagea, kue yang terbuat dari bahan dasar Sagu
Bagea, kue yang terbuat dari bahan dasar Sagu
Kue ini aku dapatkan dari teman yang berasal dari Sulawesi, jadi waktu pulang kampung terus balim studi di Jogja, dia membawa oleh-oleh Bagea. Kalau ditulisannya sih kue ini berasal dari Kendari dengan label “Bagea Mete, Kue Sagu Mete” Jika kalian melihat bentunya ini agak lonjong, lebih mirip Pisang Molen walau agak panjang sedikit dan warnanya coklat. Kalau Bagea ini atasnya diberi Kacang Mete sebagai variasinya. Dengar-dengar dari teman yang berasal dari Sulawesi, katanya nggak hanya Kacang Mete, bisa juga taburan Wijen yang ditabur diatasnya. Tergantung selera masing-masing.

Komposisi bahan pembuatan Bagea ini antara lain; Sagu, Gula, Telur, Kelapa, Kacang Mete, Baking Podwer Susu & Perisa Vanili. Jangan kira aku hebat karena tahu bahan dasarnya, ini aku baca tepat ditulisan bagian kemasan kue tersebut. *Nyontek sedikit nggak masalh kan? Haaa. Biar nggak penasaran bagi yang belum merasakannya. Kalau mau nyicip kayaknya harus nyari teman yang dari Sulawesi dan sekitarnya biar dibawain saat ke Jogja.

Kue Bagea ini cenderung agak keras, jadi kalau digigit nggak seperti saat kita makan kue bolu ya. Teksturnya agak gimana gitu, jadi bingung mau jelasin. Pokoknya kalau makan kue ini kalian harus sedia air mineral, walau banyak tulisan yang menganjurkan kue Bagea lebih nikmat saat disandingkan dengan minuman Kopi ataupun Teh. Tapi memang benar, kalau makan kue Bagea ini harus ada air mineral, karena kalau kebanyakan makan bisa agak seret tenggorokan. Rasanya cenderung manis loh.

Mungkin kalau kalian mengunjungi tempat-tempat tertentu di Indonesia Bagian Timur seperti Kendari, Maluku, dan lainnya. Kue Bagea ini bisa jadi opsi dijadikan oleh-oleh saat pulang ke rumah. Kue Bagea sangat cocok dijadikan oleh-opeh karena kue kering itu biasanya mempunyai waktu yang lama untuk tetap bisa kita makan. Baiklah, aku cantumkan salah satu tempat yang menjual kue Bagea ini, alamat maupun nama tokonya sengaja aku samakan dengan yang aku terima dari teman.
Bagea Mete
Kue Sagu Mete
Diproduksi Oleh
UD. Sinar Buton
Kendari – Indonesia
Dinkes P-IRT No: 20674710205i
Baca juga postingan yang lainnya 
Share on Google Plus

About Nasirullah Sitam

Salah satu blogger Karimunjawa yang masih belajar menulis di blog, berharap teman-teman Karimunjawa lainnya bisa ikut menulis. Keturunan Bugis – Mandar. Jika ke Karimunjawa, singgahlah sejenak di rumah kami. Jika ada keperluan, bisa dihubungi via email.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

11 komentar :

  1. wah la ini yang patut i makan sambil asoyy geboyy hehe kayak di pantai mantap mas....

    ReplyDelete
  2. Sedap tu, apalagi sambil ngopi...tambahan isi yang gurih menambah nikmatnya....nyam....
    Kalau ngomongin soal makanan emang bikin lapar ya, untungnya udah sarapan td pagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah memang kalau masalah makanan itu langsung berpengaruh pada perut :-D

      Delete
  3. wah kalo di lihat penampakan nya kayanya mantap banget nih apa lagi sama teh hangat

    ReplyDelete
  4. Wah kalau kue kering ini disantapnya dengan cara dicelupkan dalam segelas susu, wah Lumer semuanya kali ya hiheiehieiheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heee, kalau kelamaan malah langsung jadi teh bagea pak :-D

      Delete
  5. wahh, kalau di lahap sama teh manis atau kopi susu enak kayaknya ya..

    ReplyDelete
  6. Untuk para pengusaha cupcake yang mungkin berniat membuka usaha katering ataupun rumah makan cepat saji dapat menggunakan Box Makanan punya kami. Keren lho, Free cetak untuk tujuan branding Anda. Sudah foodgrade juga, jadi aman apabila bersentuhan langsung dengan makanan.

    ReplyDelete